25

Yuk Belajar Mengenai Pengertian Alhamdulillah Bersama-sama

Arti Alhamdulillah- Kalimat alhamdulillah biasanya sering sakali kita pergunakan untuk menyampaikan syukur kepada Allah. Padahal masih banyak arti dari kata alhamdulillah ini.

Tidak cuma itu juga, kalimat alhamdulillah ini juga termasuk kedalam kalimat tahmid. Apa itu kalimat tahmid? Kalimat tahmid adalah kalimat yang kita gunakan untuk menyampaikan pujian kepada Allah SWT, menyampaikan rasa syukur kita terhadap Allah SWT.

Dalam Al-Qur’an terdapat banyak kalimat tahmid yang bisa kita gunakan untuk menyampaikan puji syukur kita akan kehadirat Allah SWT, seperti yang terdapat di dalam Q.S al-Mu’minun/23: 28-30 yang berbunyi:

فَاِذَا اسْتَوَيْتَ اَنْتَ وَمَنْ مَّعَكَ عَلَى الْفُلْكِ فَقُلِ الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ نَجّٰىنَا مِنَ الْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَ

Yang artinya:

Dan apabila engkau dan orang-orang yang bersamamu telah berada di atas kapal, maka ucapkanlah, “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kami dari orang-orang yang zalim.

Nah untuk mengetahui lebih jelas mengenai arti alhamdulillah ini, kakibu akan coba sedikit membagi ilmu mengenai arti dari kalimat alhamdulillah ini.

Pengertian Alhamdulillah

arti kata alhamdulillah, alhamdulillah, pengertian alhamdulillah, manfaat alhamdulillah

Sungguh besar nikmat Allah yang harus disyukuri oleh manusia, tidak lepas juga dari rahmat yang telah Allah berikan kepada kita. Allah selalu menyerukan kepada hambanya untuk senantiasa mendekatkan diri kepadanya.

Bagaimana sih cara agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT? Jawabannya cuma satu, yaitu mensyukuri apa yang sudah ditakdirkan dan diberikan Allah kepada kita.

Sekarang bayangkan, hanya dengan kalimat Alhamdulillah kita bisa mewakili rasa syukur kita kepada Allah, mewakili rasa terima kasih kita terhadap Allah yang sudah memberikan kita begitu banyak nikmat.

Arti Kata Alhamdulillah

اَلْحَمْدُلِلّهِ

 

Terdiri dari Alhamdu : الحمد & li dan Allah : لله , maka jadilah kalimat (Alhamdulillah)

Yang Memiliki Arti:

Segala Puji Bagi Allah

Jadi untuk itu perbanyaklah bersyukur, toh juga mudah. Setiap kali kita sholat, saat kita berdzikir juga kita mengucapkan kalimat-kalimat tahmid.

Kalimat alhamdulillah dipahami juga sebagai hamdalah. Hamd atau pujian adalah ucapan yang ditujukan kepada yang dipuji atas sikap dan perbuatannya yang baik, walau si pemuji tidak disentuh oleh sikap dan perbuatan baik itu. Arti kata alhamdulillah yang terdapat dalam KBBI adalah sebagai berikut:

  1. Ungkapan rasa syukur karena telah menerima karunia Allah (artinya segala puji bagi Allah’).
  2. Ungkapan pujian kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala yang telah memberikat kita begitu banyak nikmat dalam hidup, dibaca sebagai rangkaian dzikir yang berbunyi (Subhanallah, Alhamdulillah, Allahuakbar).

Karena itu, wajar saja jika kita memulai segala sesuatu dengan memuji-Nya dan mengakhirinya pun dengan memujinya. Seperti firman Allah dalam QS al-Qasas/28: 70 yang berbunyi:

Dan Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, segala puji bagi-Nya di dunia dan di akhirat, dan bagi-Nya segala penentuan dan hanya kepada-Nya kamu dikembalikan.

Manfaat Saat Mengucapkan Alhamdulillah

arti kata alhamdulillah, alhamdulillah, pengertian alhamdulillah, manfaat alhamdulillah

Bukan hanya kita gunakan untuk mengungkapkan rasa syukur saja, tetapi kalimat alhamdulillah juga memiliki fadhilahnya tersendiri, salah satu fadhilah atau manfaat dari membaca alhamdulillah ini adalah rahmat dan kasih sayang Allah akan senantiasa menyertai kita dan Allah tidak akan membiarkan kita merasa sendirian dalam hidupnya.

Masih banyak lagi fadhilat-fadhilah yang bisa kita dapatkan dengan mungucap Alhamdulillah ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan bersyukur atau memuji Allah SWT:

  • Mendapatkan pahala
  • Diampuni dosa
  • Ditambah rizqinya
  • Menciptakan Perasaan Baik
  • Menentramkan jiwa
  • Menjaga kesehatan mental remaja
  • Meningkatkan kesejahteraan
  • Terhindar dari depresi atau stres
  • Menjadi teman yang lebih bak bagi orang lain
  • Tidur lebih nyenyak
  • Memperkuat hubungan dengan pasangan
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Memperkuat moral tim
  • Sistem kekebalan yang lebih sehat
  • Mencegah emosi negatif akibat datangnya musibah

Sungguh besar nikmat Allah yang diberikannya. Bahkan saat kita memujinya, Allah masih memberikan bergitu banyak nikmat.

Oleh karena itu, marilah kita para kaum muslim untuk senantiasa bersyukur akan kehadirat Allah SWT.

Penutup

Semoga bisa bermanfaat penjelasan dari kakibu mengenai Doa dan Dzikir setelah adzan ini, dan semoga ilmu yang kita pelajari bersama ini akan menjadi ilmu yang barokah dan di ridhoi oleh Allah SWT. Amin amin ya robbal alamin.

Mungkin sekian dulu dari kakibu, jika saya selaku penulis memiliki salah kata ataupun pengucapan, saya mohon maaf sebesar-besarnya, karena sesungguhnya kebenaran datangnya dari Allah dan kesalahan datangnya dari syaiton.

Wasalamualaikum Wr. Wb

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply