1
40

arti bismillah

Sebagai seorang muslim, kita dianjurkan jika setiap akan melakukan kegiatan ucapkanlah bismillah dulu untuk mengawali pekerjaan itu. Tapi apakah kita sudah tau detail mengenai bacaan atau lafadz bismillah ini? Maka dari itu kakibu kali ini akan sedikit membagikan ilmu yang insyaallah bermanfaat untuk teman-teman mengenai Arti Bismillah.

Bismillahirrahmanirrahim sendiri sebenarnya adalah sebuah doa yang kita tujukan kepada Allah SWT agar senantiasa mendapatkan ridho dan perlindungan Allah SWT. Tapi apakah  kalian tau arti dari lafadz bismillahirrahmanirrahim ini? Maka dari itu kita disini akan membahas secara detail mengenai arti/makna dan manfaat lafadz bismillah.

Untuk lebih lanjutnya yuk kita simak bersama-sama mengenari arti bismillah, berikut adalah penjelasannya !!

Arti Bismillah

arti biasmillah, bismillah, manfaat bismillah

Lafadz Bismillahirrahmanirrahim ini merupakan lafadz/kata yang ada di semua surat di dalam Al-Quran, kecuali surat At-taubah. Maka dari itu ada 144 kata Bismillahirrhamanirrahim yang disebutkan didalam Al-Quran.

Seluruh umat islam dianjurkan untuk membaca Bismillah disetiap memulai suatu kegiatan. Arti umum dari Bismillah ini sendiri adalah untuk meniatkan segala sesuatu yang sedang atau akan kita lakukan atas nama Allah SWT. Bismillah juga bisa berarti berdoa memohon berkah atau ridho kepada Allah.

Nah berikut ini ada arti dari lafadz arab Bismillah atau Bismillahirrahmanirrahim :

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Dengan menyebut nama Allah yang Maha pemurah lagi Maha penyayang

Jika kalian tahu ! Sebenarnya Bismillahirrahmanirrahim merupakan awalan isi surat yang dikirim oleh Nabi Sulaiman kepada Ratu Saba’. Seperti yang dikisahkan dalam QS. An-Naml ayat 30 yang bunyinya:

Sesungguhnya surat itu, dari Sulaiman dan sesungguhnya ( isi )nya: “Dengan menyebut nama Allah  yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”

Manfaat Mengucapkan Bismillah

arti biasmillah, bismillah, manfaat bismillah

Sangat dianjurkan untuk membaca doa Bismillahirrahmanirrahim ketika mencoba memulai sesuatu. Hal ini bertujuan untuk menambah kebaikan dan berkah dalam segala hal yang dilakukan. Manfaat membaca “Bismillah” antara lain:

Terhindar Dari Gannguan Setan

Membaca Bismira dapat membuat penghalang antara manusia dan setan. Dengan mengawali segala sesuatunya dengan Bismillahirrahmanirrahim maka setan tidak dapat mengganggu aktivitas yang dilakukan. Dengan cara ini, umat Islam akan terhindar dari perilaku buruk dan menyimpang dari agama.

Membuka Rezeki

Arti Bismillah juga bisa membuka pintu rezeki. Bismillahirrahmanirrahim akan membuat semua tujuan berjalan lancar dan Anda akan diberkati di setiap langkah.
Ada juga hadist yang menyebutkan seperti ini:

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “ Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirrahmanir rahiim’, amalan tersebut terputus berkahnya.” (HR. Al-Khatib).

Terhindar Dari Musibah

Dengan selalu membaca Bismillahirrahmanirrahim dan memahami makna Bismillah, umat Islam akan selalu dilindungi oleh Allah.
Seperti percakapan sahabat Nabi yaitu Ali bin Abi Thalib, dengan Nabi Muhammad SAW yang berbunyi:
Wahai Ali maukah aku (Muhammad) ajarkan kepadamu kalimat menghadapi petaka?’ Ali kemudian mengiyakan. Rasulullah kembali melanjutkan sabdanya, “ Jika menghadapi petaka maka ucapkanlah: bismillahirrahmanirrahim wa la haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil adhim. Niscaya dengan kalimat itu, Allah akan menghilangkan petaka apapun yang Dia kehendaki.” (Imam Nawawi)

Melindungi Kita Dari Segala Gangguan Saat Kita Tidur

Arti Bimillah harus dipahami karena diucapkan setiap saat di awal akan melakukan pekerjaan. Dilansir dari Dream, salah satu keistimewaan membaca Bismillah disampaikan oleh Imam Muhammad Nawawi Al-Jawi yang mengutip dalam kitab “Kasyifatussaja” dari Imam Ahmad As-Showi:

“Di antara keistimewaan yang dimiliki basmalah, ketika seseorang membacanya sebanyak 21 kali sebelum tidur, maka pada malam itu ia akan terselamatkan dari gangguan setan, dari kemalingan, dari mati mendadak, dan bencana yang lainnya.”

Penutup

Semoga bisa bermanfaat penjelasan dari kakibu mengenai Arti Bismillah ini, dan semoga ilmu yang kita pelajari bersama ini akan menjadi ilmu yang barokah dan di ridhoi oleh Allah SWT. Amin amin ya robbal alamin.

Mungkin sekian dulu dari kakibu, jika saya selaku penulis memiliki salah kata ataupun pengucapan, saya mohon maaf sebesar-besarnya, karena sesungguhnya kebenaran datangnya dari Allah dan kesalahan datangnya dari syaiton.

Sampai jumpa di Artikel Selanjutnya.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply