1
37

Arti Masyaallah

Sama halnya dengan subhanallah dan alhamdulillah, kata masyaallah ini jika termasuk kedalam kalimat tahmid. Bahkan sebenarnya kalian sering sekali mendengar atau mengucapkan kalimat ini, tapi apakah kalian mengerti arti dari kata/lafadz masyaallah ini?

Sepengetahuan saya juga, masih banyak muslim yang salah menggunakan kalimat ini. Padahal kalimat masyaallah ini untuk mengungkapkan atau memuji ciptaan Allah.

Nah, maksud saya dari salah menggunakan kalimat ini adalah masih banyak orang yang menggunakan kalimat masyaallah ini saat melihat atau mendengar hal buruk. Misalnya nih, ada anak yang nakal banget.

Seharusnya untuk menanggapi ketika kita melhat sesuatu atau mendengar sesuatu yang kurang baik, kita lafalkan subhanallah.

Mungkin tidak perlu berlama-lama lagi yuk kita langsung masuk ke topik utama kita!!

Arti Masyaallah

arti masyalalah, masyaallah, lafadz masyallah, perbedaan masyaallah, manfaat mengucapkan masyaallah

Ada banyak cara untuk memuji Allah SWT, salah satunya dengan lafadz Masyaallah. Apalagi saat kita lagi menikmati pemandangan alamkan, alam yang Allah ciptakan, masyaallah indahnya.

Tapi itu kenyataan, bahkan saya sendiri juga sangat suka dengan panorama alam, keindahan alam, dan saat saya melihat begitu indahnya alam, saya lantunkan pujian-pujian kepada Allah SWT.

Syaikh Abdul Aziz bin Baz mengatakan, “Disyariatkan bagi orang mukmin ketika melihat sesuatu yang membuatnya takjub hendaknya ia mengucapkan ‘Masya Allah’ atau ‘Baarakallahu Fiik’ atau juga ‘Allahumma Baarik Fiihi’ sebagaimana firman Allah Ta’ala:

وَلَوْلَا إِذْ دَخَلْتَ جَنَّتَكَ قُلْتَ مَا شَاء اللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

‘Dan mengapa kamu tidak mengucapkan tatkala kamu memasuki kebunmu “Maa Syaa Allah, Laa Quwwata Illaa Billah” (QS. Al Kahfi: 39)”

Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin menjelaskan dalam kitab Tafsir Al Quranul Karim Surat Al Kahfi bahwa kalimat “Masya Allah” (ما شاء الل bisa diartikan dengan dua makna. Hal tersebut dikarenakan kalimat “maa syaa Allah” (ما شاء الله) bisa di-i’rab dengan dua cara di dalam bahasa Arab:

  1. I’rab yang pertama dari “Masya Allah” (ما شاء الله) adalah dengan menjadikan kata “maa” (ما) sebagai isim maushul (kata sambung) dan kata tersebut berstatus sebagai khabar (predikat). Mubtada’ (subjek) dari kalimat tersebut adalah mubtada’ yang disembunyikan, yaitu “hadzaa” (هذا). Dengan demikian, bentuk seutuhnya dari kalimat “maa syaa Allah” adalah :

    هذا ما شاء الله

    /hadzaa maa syaa Allah/
    Jika demikian, maka artinya dalam bahasa Indonesia adalah: “inilah yang dikehendaki oleh Allah”.
  2. Adapun i’rab yang kedua, kata “maa” (ما) pada “maa syaa Allah” merupakan maa syarthiyyah (kata benda yang mengindikasikan sebab) dan frase “syaa Allah” (شاء الله) berstatus sebagai fi’il syarath (kata kerja yang mengindikasikan sebab). Sedangkan jawab syarath (kata benda yang mengindikasikan akibat dari sebab) dari kalimat tersebut tersembunyi, yaitu “kaana” (كان) . Dengan demikian, bentuk seutuhnya dari kalimat “maa syaa Allah” adalah:

    ما شاء الله كان

    /maa syaa Allahu kaana/
    Jika demikian maka artinya dalam bahasa Indonesia adalah: “apa yang dikehendaki oleh Allah, maka itulah yang akan terjadi”.

Ringkasnya, “masyaaAllah” dapat diterjemahkan dengan dua terjemahan: “inilah yang diinginkan oleh Allah” atau “apa yang dikehendaki oleh Allah, maka itulah yang akan terjadi”. Oleh karena itu, ketika kita melihat sesuatu yang luar biasa, kita harus mengatakan MasyaAllah, yang berarti bahwa kita menyadari dan memastikan bahwa ini terjadi sepenuhnya karena kuasa Tuhan.

Manfaat Berdzikir Untuk Kehidupan Sehari-hari

arti masyalalah, masyaallah, lafadz masyallah, perbedaan masyaallah, manfaat mengucapkan masyaallah

Sungguh Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, seperti yang kita ketahui bahwa berdzikir merupakan anjuran atau bisa saya bilang kita wajib berdzikir kepada Allah. Bayangkan hanya dengan berdzikir kita bisa menerima manfaat-manfaat yang sangat luar biasa.

Salah satu contohnya adalah kita akan dihindarkan dari api neraka. Nah sungguh Allah maha pengasih lagi maha penyayang.

Di atas masih salah satu dari banyak manfaat berdzikir, untuk itu kakibu akan membahas secara lengkap mengenai manfaat dzikir untuk diri kita sendiri.

  • Menjunjung tinggi perintah Allah SWT
  • Dijauhi setan
  • Menghindarkan diri dari perkataan munafik
  • Menghindarkan diri dari api neraka
  • Menerangi hati
  • Menghindarkan hati dari prasangka buruk
  • Melembutkan hati dan perasaan
  • Menghapus dosa-dosa
  • Menenangkan hati dan pikiran
  • Meringankan beban berat dalam menjalani hidup

Gimana? Apakah setelah tahu mengenai manfaat berdzikir kalian akan senantiasa berdzikir kepada Allah SWT? Allah SWT juga telah berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 152 yang berbunyi :

فَاذْكُرُوْنِيْٓ اَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْن

Yang artinya:

Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.

Penutup

Semoga bisa bermanfaat penjelasan dari kakibu mengenai Doa dan Dzikir setelah adzan ini, dan semoga ilmu yang kita pelajari bersama ini akan menjadi ilmu yang barokah dan di ridhoi oleh Allah SWT. Amin amin ya robbal alamin.

Mungkin sekian dulu dari kakibu, jika saya selaku penulis memiliki salah kata ataupun pengucapan, saya mohon maaf sebesar-besarnya, karena sesungguhnya kebenaran datangnya dari Allah dan kesalahan datangnya dari syaiton.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply