44

Pengertian Subhanallah Yang Wajib Kalian Ketahui

Arti Subhanallah- Subhanallah wabihamdihi – Subhanallah tabarakallah ini juga termasuk dalam bacaan tahmid. Artinya kalimat subhanallah ini salah satu kalimat yang kita gunakan untuk menghantarkan puji syukur kita kepada Allah SWT.

Pastinya kalian juga tidak asing dengan kalimat subhanallah ini, karena setiap kita sholat dan ber dzikir, kita pasti mengucapkan kalimat ini dan kalimat tahmid lainnya.

Maka dari itu kita akan sedikit menambahkan penjelsan mengenai pengucapan subhanallah, penjelasan, maksud dari subhanallah. Yuk kita bahas bersama-sama!!

Pengertian Subhanallah

arti subhanallah, pengertian subhanallah, subhanallah, manfaat subhanallah

Lafadz subhanallah dalam bahasa arab diartikan sebagai “Maha Suci Allah“, dan biasanya umat muslim menucapkan kalimat tasbih ini ketika merasa tertegun setelah menyaksikan keindahan ciptaan Allah SWT. Contoh: Peristiwa luar biasa, kabar baik, pemandangan Alam, dan lain sebagainya.

Padahal, Rasulullah SAW justru memilih mengucapkan subhanallah ketika melihat sesuatu yang tidak semestinya atau kabar buruk. Seperti yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, suatu hari lafal tasbih subhanallah pernah diucapkan oleh Rasullulah ketika menyaksikan peristiwa yang tidak diinginkan.

“Sebuah hadits diriwayatkan kepada kami di dalam Shahih Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah RA bahwa suatu hari Nabi Muhammad SAW berpapasan dengannya saat masih junub di sebuah jalan di Madinah. Abu Hurairah lalu pergi diam-diam meninggalkan Rasulullah kemudian mandi bersuci. Rasulullah SAW sendiri mencari ke mana sahabatnya menghilang. Kamu tadi ke mana Abu Hurairah? tanya Rasulullah SAW setelah Abu Hurairah datang. Saat tadi kita bertemu, aku masih kondisi junub ya Rasul. Aku enggan duduk bersamamu sebelum aku mandi, jawab Abu Hurairah. Subhanallah, orang beriman itu tidak najis.”

Walaupun begitu, lafal dzikir dapat digunakan untuk mengekspresikan apapun termasuk ketika melihat keindahan ciptaan Allah ataupun ketika mendengar kabar baik. Tak ada larangan atau anjuran lafal khusus yang digunakan untuk merespon situasi tertentu.

Pada dasarnya semua kalimat tasbih dianjurkan untuk digunakan oleh umat muslim untuk mengingat kebesaran Allah.

Sehingga setiap kali Anda merasa tertegun dengan kebesaran Allah, Anda bisa menggunakan kalimat ini untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah.

Manfaat Berdzikir Untuk Kehidupan Sehari-hari

arti subhanallah, pengertian subhanallah, subhanallah, manfaat subhanallah

Sungguh Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, seperti yang kita ketahui bahwa berdzikir merupakan anjuran atau bisa saya bilang kita wajib berdzikir kepada Allah. Bayangkan hanya dengan berdzikir kita bisa menerima manfaat-manfaat yang sangat luar biasa.

Salah satu contohnya adalah kita akan dihindarkan dari api neraka. Nah sungguh Allah maha pengasih lagi maha penyayang.

Di atas masih salah satu dari banyak manfaat berdzikir, untuk itu kakibu akan membahas secara lengkap mengenai manfaat dzikir untuk diri kita sendiri.

  • Menjunjung tinggi perintah Allah SWT
  • Dijauhi setan
  • Menghindarkan diri dari perkataan munafik
  • Menghindarkan diri dari api neraka
  • Menerangi hati
  • Menghindarkan hati dari prasangka buruk
  • Melembutkan hati dan perasaan
  • Menghapus dosa-dosa
  • Menenangkan hati dan pikiran
  • Meringankan beban berat dalam menjalani hidup

Gimana? Apakah setelah tahu mengenai manfaat berdzikir kalian akan senantiasa berdzikir kepada Allah SWT? Allah SWT juga telah berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 152 yang berbunyi :

فَاذْكُرُوْنِيْٓ اَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْن

Yang artinya:

Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.

Penutup

Semoga bisa bermanfaat penjelasan dari kakibu mengenai Doa dan Dzikir setelah adzan ini, dan semoga ilmu yang kita pelajari bersama ini akan menjadi ilmu yang barokah dan di ridhoi oleh Allah SWT. Amin amin ya robbal alamin.

Mungkin sekian dulu dari kakibu, jika saya selaku penulis memiliki salah kata ataupun pengucapan, saya mohon maaf sebesar-besarnya, karena sesungguhnya kebenaran datangnya dari Allah dan kesalahan datangnya dari syaiton.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply