1
5

Cara Ampuh Membersihkan Aquarium Yang Sudah Buram

Aquarium- Pastinya semua orang ingin dong rumahnya kelihatan bersih dan indah, nah pasti ganjel bangetkan kalau ada salah satu benda di rumah tuh yang kotor. Apalagi kalau benda itu adalah aquarium, pasti tidak enak banget buat dilihat.

Kalian ngerasain juga tidak sih, kalau aquarium yang seharusnya cantik karena ada ikan-ikan hiasnya jadi kotor dan buram, dan itu sangat mengganggu saat dilihat mata.

Nah untuk itu nih kita disini bakalan bahas bagaimana cara membersihkan kaca aquarium yang kotor, berkerak, dan buram.

Jadi untuk sobat kakibu, ikuti terus artikel ini untuk mendapatkan wawasan mengenai cara membersihkan kaca aquarium yang sebelumnya kotor, berkerak dan buram menjadi bersih kinclong tanpa noda.

Cara Membersihkan Kaca Luar Aquairum

Cara membersihkan kaca aquarium, kaca aquarium, aquarium

Nah walaupun kaca luar aquarium, tidak bisa dipungkiri juga bisa kotor. Jadi kita juga harus memperhatikan kaca luar aquarium juga.

Nah untuk kaca luar aquarium sih simple, karena mungkin untuk kotoran yang menempel dikaca luar aquarium cuma debu-debu tipis dan cap tangan bocil.

Jadi kalian cuma butuh air hangat dabn sedikit air cuka untuk membersihkan luar kaca aquarium.

Caranya:

  1. Campurkan air hangat dan cuka menjadi satu
  2. Lalu cari kain lap untuk digunakan membersihkan kaca luar aquarium
  3. Finaly lap deh kaca luar aquarium itu menggunakan air hangat dengan campuran cuka tadi.

Cara Membersihkan Kaca Dalam Aquarium

cara membersihkan kaca aquarium bagian dalam, kaca aquarium, aquarium

Nah berikut ini adalah cara membersihkan aquarium dari dalam, dari yang sebelumnya kotor, berkerak, dan buram menjadi bersih kinclong tanpa bekas.

1. Menggunakan Pasta Gigi

Nah ini nih bahan yang sangat ramah lingkungan tapi juga serba guna. Nah pasta gigi ini juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca aquarium yang sudah kotor dan berkerak.

Nah berikut cara untuk membersihkan kaca dalam aquarium dengan menggunakan pasta gigi.

  1. Siram air pada bagian dalam aquarium (kalau bisa air hangat)
  2. Oleskan pasta gigi ke bagian yang berkerak atau kotor (pojok aquarium juga jangan lupa)
  3. kemudian ratakan pasta gigi yang sudah dioleskan ( bisa menggunakan sikat gigi ataupun spon)
  4. Diam kan selama 15-30 menit, setelah itu sikat lagi hingga bersih (bisa menggunakan sikat gigi ataupun spon)
  5. Finaly bilas dengan menggunakan air hangat dan kotoran dan kerak akan terangkat dengan sempurna.

2. Mengggunakan Sitrun dan Air Hangat

Nah Ini juga termasuk bahan yang ramah lingkuan tapi bisa digunakan serba guna. Ya, sitrun juga bisa digunakan untuk membersihkan bagian dalam aquarium yang kotor,berlumut, dan berkerak.

Jadi kalian cuma butuh sitrun dan air hangat untuk membersihkan bagian dalam aquarium.

Nah berikut ini adalah cara membersihkan kaca aquarium dengan menggunakan sitrun dan air hangat:

  1. Siram air hangat pada bagian yang berkerak (siram secara merata)
  2. Taburi sitrun secara merata
  3. Tunggu beberapa menit
  4. Lalu gosok kaca yang ber kerak atau kotor itu
  5. kemudian bilas lagi dengan air hangat

3. Menggunakan Jeruk Nipis

Siapa sih yang tidak tau akan jeruk nipis ini, ya jeruk nipis yang biasanya dibuat bahan makanan ini bisa dibuat untuk membersihkan kaca aquarium yang sudah berkerak, dan kotor.

Kandungan asam yang ada di jeruk nipis ini yang dapat digunakan untuk mengangkat lumut dan kerak pada kaca.

Nah berikut ini adalah cara membersihkan kaca aquarium yang sebelumnya kotor dan kusam menjadi bersih dan indah:

  1. Siram bagian yang akan kita bersihkan (recomended nya air hangat)
  2. Sikat bagian yang akan kita bersihkan hingga agak bersih sedikit
  3. Belah jeruk nipis, lalu teteskan perasannya kepada bagian yang sebelumnya sudah y
  4. (Recomended) Taburi juga soda kue untuk mendapatkan hasil yang maksimal
  5. Biarkan kedua bahan untuk meresap ke kerak atau kotoran yang tadi sudah agak dibersihkan
  6. Kemudian bilas dan nikmati hasilnya

4. Menggunakan Pemutih Pakaian dan Deterjen

Nah kalau bahan yang satu ini pasti ada kan dirumah kalian? Ya kita juga bisa menggunakan pemutih pakaian dan deterjen untuk membersihan kaca aquarium.

Nah berikut ini adalah cara untuk membersihkan kaca aquarium dengan menggunakan pemutih pakaian dan deterjen.

Berikut caranya:

  1. Siram bagian yang akan kita bersihkan (recomended air hangat)
  2. Oleskan pemutih pakaian dan deterjen ke bagian yang akan kita bersihkan
  3. Sikat dengan sikat gigi atau sikat apapun
  4. Diamkan beberapa saat
  5. Setelah itu sikat kembali hingga kotoran yang ada di aquarium itu terangkat
  6. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat, ini juga bertujuan untuk menghilangkan effect kimia dari pemutih pakaian dan deterjen tadi

5. Menggunakan Pembersih Lantai

Nah yang kali ini dengan pembersih lantai nih, ya kalau saya recomended in tuh pakai vixal. Karena saya udah liat sendiri sih, saat ngebersihkan lantai atau kaca yang berkerak, ibu saya selalu pakai vixal ini untuk membersihkannya. Lha untuk itu, lantai yang berkerak aja bisa dibersihin masak kaca yang berkerak nggk bisa.

Jadi coba deh pakek cara yang satu ini, untuk itu baca terus untuk mempelajari cara-cara pemakaiannya.

Berikut caranya:

  1. Siram bagian yang akan kita bersihkan dengan air ( Recomended air hangat)
  2. Oleskan pembersih lantai kepada bagian yang akan kita bersihkan,bisa menggunakan Vixal, PVC, Wipol, atau So CLean Lantai ( recomended vixal)
  3. Diamkan selama 20-30 menit
  4. Sikat dengan sikat apapun
  5. Finaly, bilas dengan air hangat

Nb: Air hangat yang digunakan untuk membilas, kegunaannya untuk menghilangan bau dari pembersih lantai yang menyengat. Ini juga bertujuan agar ikan tetep aman, karena jika baunya masih menyengat, pastinya masih ada bahan kimia yang menempel di aquarium saat pembersihan tadi. Jadi bilas aquarium sebersih-bersihnya

6. Menggunakan Alat Pembersih Kaca

Nah kali ini agak mahal nih mungkin alatnya, Kalian juga bisa menggunakan alat pembersih kaca untuk membersihkan kaca aquarium. Meskipun agak mahal, tapi bisa terjamin kebersihannya.

Kalian bisa membeli alat yang satu ini dengan merogo kocek sebesar 50rb-100rb.

Cara penggunaannya juga sangat simple, kalian sendiri juga pasti bisa.

7. Menggunakan Ikan Pembersih Kaca

Kalian juga bisa membeli ikan pembersih kaca ini untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada di kaca aquarium kalian dengan alami.

Ini juga sangat praktis bagi saya, karena cukup masukan ikan kedalam aquarium maka dengan cepat ikan itu akan membersihkan kaca quarium kita

Penutupan

Nah mungkin sekian dulu dari kakibu, bila mungkin ada salah kata atau ucapan, mohon maaf sebesar-besarnya.

Semoga ilmu ini bisa berguna dimasa yang sekarang dan dimasa yang mendatang.

Cukup sekian dari kakibu, dan ikuti terus konten-konten dari kakibu, agar bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat lainnya.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply