1
10

Cara Membuat Kandang Ayam Dengan Mudah

Cara Membuat Kandang Ayam- Seperti yang kalian ketahui, hewan ayam ini sudah sangatlah populer dikalangan orang indonesia. Ya hewan yang satub ini sudah seperti makanan pokok orang indonesia, jadi tidak jarang banyak pengusaha yang mulai menekuni bidang peternakan ayam ini.

Tapi tidak jarang juga mereka tidak tau akan bagaimana cara membuat kandang untuk tempat tinggal ayam-ayam itu nanti. Jadi kali inni kakibu akan menjelaskan bagaimana cara membuat kandang ayam yang kuat dan benar.

Jadi untuk itu simak terus penjelasan-penjelasan dari kakibu supaya bisa bermanfaat untuk kedepannya.

Beberapa Hal Yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Membuat Kandang Ayam

cara membuat kandang ayam, kandang ayam, hal-hal penting dalam membuat kandang ayam

Nah berikut ini adalah beberapa hal yang harus kalian perhatikan ketika akan membuat kandang ayam. Berikut penjelasannya:

1. Ukuran Atau Kapasitas Ayam

Pertama kalian harus memperkirakan dulu berapa ukuran kandang untuk menampung ayam, misalnya, kira-kira kandang yang diameternya 10m² bisa menampung sekitar 100 ayam, sedangkan ayam kalian tidak sebanyak itu, jadi kalian harus bisa memprediksi sendiri ukuran kadang ayam yang cocok untuk jumlah ayam kalian.

2. Posisi

Kalau difaktor idealkan, jarak antar kandang ayam adalah sekitar 250 m, ini yang paling ideal. Ini juga bisa mempengaruhi faktor kesehatan dan kenyamanan anda. Kenapa kok gitu? Karena jika jaraknya terlalu dekat kotoran ayam akan menumpuk dan susah membaur dengan tanah atau susah untuk menjadi pupuk.

dan jika agak berjauhan maka kemungkinan keluarga anda unrtuk tertular penyakit saat ayam anda sakit juga kecil.

Nah kalau bisa hadapkan kandang ayam ini ke arah timur, karena bisa menjaga kesehatan si ayam dan juga insting alami si ayam.

3. Desain

Bisa dibilang tipe-tipe kandang ayam ini sangatlah banyak, tapi yang sangat populer dikalangan orang-orang cuma 2 tipe, yaitu tipe postal dan tipe batrai.

Untuk tipe postal ini sendiri memiliki 2 bentuk, yaitu bentuk lingkaran dan persegi.

Berikut contohnya:

kandang ayam tipe postal, kandang ayam, cara membuat kandang ayam

okdogi.com

Untuk tipe batrai ini berbentuk panjang dan menurut saya lebih pas untuk ayam petelur.

Berikut contohnya:

kandang ayam tipe batrai, kandang ayam

agrinak.com

4. Material

Nah setelah menentukan ukuran, posisi, dan desain. Selanjutnya kita mempersiapkan material untuk membuat kandang ayam kita.

Untuk bahan untuk membaut kandang ayam bisa menggunakan bambu ataupun kayu bekas. Karena disamping murah, 2 bahan tersebutkan yang paling gampang untuk membuat kanadang ayam.

Untuk atap kandang ayam sendiri bisa menggunakan bambu, kayu bekas atau juga ijuk kelapa. Tapi yang paling recomended ijuk kelapa sih. Karena udah teruji gitu kan akalu memakai ijuk sebagai atap tuh nyaman gitu lho.

Untuk lantai kandang sendiri recomendednya di cor pakek semen, karena bila hujan supaya tidak becek dan mudah untuk membersihkannya.

Berikut Step-Step Membuat Kandang Ayam

cara membuat kandang ayam, kandang ayam

Berikut ini adalah cara-cara untuk membuat kandang ayam, jadi simak dengan seksama agar bisa menjadi ilmu pengetahuan untuk semuanya.

1. Persiapkan Peralatan dan Kumpulan Bahan

Alat yang diperlukan :

  1. Gergaji
  2. Amplas
  3. Palu
  4. Paku
  5. Meteran
  6. Pensil

Bahan Yang dibutuhkan:

  1. Bambu atau kayu sebagai bahan pentingnya
  2. ijuk, seng, atau asbes sebagai atapnya.

Untuk bambunya sendiri, recomendednya bambu yang sudah tua, karena bambu yang sudah tua bisa dipastikan akan sangat kuat dan tahan lama.

2. Buat Kerangka

Nah jika kalian sudah memikirkkan desain apa yang akan kalian buat maka langsung saja kita menuju ke pembuatan kerangkanya.

Buatlah kerangka setidaknya dengan tinggi 1m, kacuali kalian akan membuat kandang ayam yang mempunyai lantai.

Jumlah penyangga atau jumlah kaki kandang menyesuaikan panjang kandang yang akan dibuat. Jika kandang itu pannjang maka semakin banyak pula penyangga atau kaki kandang.

Didalam tahap ini juga sudah perhitungkan untuk tempat menampung kotoran ayam dan bagian atap.

Kalau bisa dalam membuat kerangka kandang, balok kayu yang digunakan untuk panjang kandang, pastikan kalau ukuran balok yang terpendek dibawah ya, tyujuannya agar kandang tidak mudah melengkung.

Sebagai contoh: jika kalian memakai kayu ukuran 3x5cm maka bagian 3cm itu dibawah.

3. Buat Lantai Kandang

Jika membuat lantainya dulu, itu akan memudahkan kita katahap-tahap selankutnya. Seperti membuat dinding dan atapnya.

Bahan untuk membuat lantai ini haruslah kuat dan tahan lama, saya recomendedkan sih menggunakan bambu.

Belah bambu menjadi beberapa bagian, lalu amplas permukaan bambu supaya tidak menyakiti kaki ayam saat akan digunakan ayam nanti.

Buat sedikit rongga setiap menata bambunya, agar kotoran ayam bisa langsung jatuh kebawah. Tujuan lainnya adalah untuk menyuburkan tanah, karena bisa menjadikan tanah menjadi pupuk, dan menjadikan kandang mudah untuk dibersihkan.

Dan agar lantainya tambah kokoh, tambahkan balok kayu dibawah rangkaian bambu, beri sekat sekitar 20 atau 30cm.

4. Pasang Dinding

Nah untuk dinding ini sendiri bisa menggunakan balok kayu ataupun bambu untuk bahan utamanya. Nah jika kedua bahan itu juga tidak ada maka kalian bisa menggunakan ram kawat untuk membuat dinding pada kandang ayam.

Pastikan bagian atasnya nanti memiliki satu sisi yang berbeda entah itu yang panjang sisi belakang ataupun sisi depan. Karena nanti akan sangat berpengaruh saat pembuatan atap.

Untuk bagian depan jangan sampai lupa untuk membuat pintu untuk jalan keluar masuk ayam. Pintu ini sendiri bisa menggunakan bahan kayu sebagai kerangkanya dan menggunakan kawat sebagai bahan untuk daun pintunya.

Nah untuk dinding kandang ayam yang menggunakan bambu, kalian bisa membelahnya dengan diameter sekitar 2-3cm.

Pontong sesuai ukuran kandang, lalu amplas dan paku untuk menempelkannya.

5. Pasang Atap

Nah seperti yang sudah saya bicarakan saat pembuatan dinding, bagian atap sebaiknya dibuat miring disalah satu sisi, entah itu sisi belakang ataupun sisi depan. Tidak hanya itu, kalian juga harus memperhitungkan ukuran lebar panjang atap.

Kenapa kok ukuran atap harus berbeda dengan ukuran kandang? Itu karena tidak akan memaksimalkan perlindungan kandang dari hujan.

Karena itu usahakan setiap sisi atap lebih panjang sekitar 30 cm dari kerangka kandang ayam.

Penutupan

Mungkin sekian dulu dari kakibu, mudah-mudahan ilmu ini bisa berguna untuk masa yang sekarang dan masa yang akan mendatang.

Bila ada salah kata dan perbuatan, mohon maaf sebesar-besarnya.

Sekian dari dari kakibu, ikuti terus ya konten-konten dari kakibu supaya bisa lebih menambah wawasan dan ilmu yang bermanfaat lainnya.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply