2

Cara Membuat Kandang Burung Merpati

Cara Membuat Kancang Burung Merpati- Burung merpati adalah salah satu jenis burung yang paling banyak dipelihara, Karena burung yang satu ini memiliki warna bulu yang indah, dan perawatannya yang tidak terlalu sulit.

Burung merpati ini juga biasanya digunakan untuk perlombaan juga, kalau tidak salah yang diperlombakan dari brung merpati ini adalah kecepatannya.

Jadi kalau dihitung, sangatlah banyak penggemar dari burung merpati ini, mulai dari anak muda sampai orang dewasa.

Tapi tidak jarang juga mereka menghabiskan uang untuk membeli kandang burung merpati ini, padahal jika membuatnya sendiri bakalan lebih hemat.

Jadi untuk itu kakibu akan menjelaskan mengenai cara membuat kandang burung merpati dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita.

Alat dan Bahan Yang Diperlukan

alat dan bahan yang diperlukan, cara membuat kandang merpati

Sebelum kita masuk ke cara pembuatannya pastikan alat dan bahan kalian lengkap, kalau tidak lengkap satu saja, nantinya akan mengganggu proses pembuatan kandang burung merpati ini.

Nah berikut ini adalah barang-barang yang harus kalian lengkapi sebelum membuat kandang burung merpati:

  • Bor (Kalau tidak punya gunakan alat apa saja yang penting bisa digunakan untuk mebuat lubang)
  • Gergaji
  • Pisau
  • Amplas
  • Palu
  • Meteran
  • Tang
  • Pensil

Jika alatnya sudah kalian siapkan semua, selanjutnya adalah menyiapkan bahannya. Berikut adalah bahan-bahannya:

  • Kayu
  • Triplek
  • Bambu
  • Lem kayu
  • Paku
  • Cat
  • Pernis

Nah jika alat dan bahan sudah lengkap, selanjutnya adalah cara membuat kandang burung merpatinya.

Cara Membuat Kandang Burung Merpati Dengan Alat Dan Bahan Seperti Di Atas

proses pembuatan kandang burung merpati, kandang burung merpati

Nah kalian kan udah ngumpulin alat dan bahan nih, jika alat dan bahannya udah lengkap selanjutnya kita masuuk ke dalam proses pembuatan kandang burung merpati ini.

Jadi Berikut adalah cara atau proses pembuatan kandang burung merpati yang harus kalian ketahui:

Tentukan Desain Kandang Burung

Kandang burung merpati

bukalapak.com

Sebelum membuat kandang burung merpati, tentukan terlebih dahulu desain kandang burung merpati  yang akan kalian buat. Bisa ribet kalau kalian ingin membuat kandang burung tapi tidak tahu kandang burung seperti apa yang akan dibuat.

Jika desain kandang untuk burung merpati sudah ditentukan, maka kita ke proses pembuatan selanjutnya.

Buat Kerangka

Untuk membuat kerangka ini, potonglah kayu sesuai ukuran yang ditentukan (sesuai ukuran yang berada pada desain kalian).

Setelah itu buatlah kerangka bagian atas dan bawah terlebih dahulu supaya mempermudah kalian dalam langkah-langkah selanjutnya. Rekatkan kedua rangka dengan lem kayu terlebih dahulu, kalau sudah pakulah supaya menjadi lebih kuat.

Jika kerangka atas dan bawah sudah selesai, maka yang selanjutnya kerangka samping. Untuk kerangka samping tidak jauh beda dengan kerangka atas dan bawah, Rekatkan kerangka samping dengan kerangka atas dan bawah menggunakan lem kayu, lalu kemudian sempurnakan dengan memakunya agar lebih kuat.

Setelah terbentuk kerangkanya, amplaslah kerangkanya supaya tidak ada serpihan kayu yang akan melukai burung merpatinya nanti.

Pengeboran Kandang Burung

Pengeboran ini bermaksud untuk melobangi kerangka yang telah jadi tadi, untuk nantinya dipasangi jeruji agar burung tidak kabur nanti saat kandang selesai dibuat. Jika kalian tidak punya bor, kalian bisa menggunakan alat apasaja yang penting bisa digunakan untuk melubangi kerangka yang tadi sudah dibuat.

Berilah rongga yang lumayan dekat antar jeruji supaya burung merpati tidak gampang kabur dari kandangnya. Berilah jarak minimal sekitar 1-2 cm sesuai ukuran dari burung merpati itu.

Pemotongan Bambu Untuk Jeruji Kandang

Bambu ini nantinya akan digunakan untuk jeruji kandang burung merpati, jadi carilah bambu yang bagus untuk bisa menahan burung agar tidak kabur nantinya.

Caranya sangatlah mudah, haluskanlah bambu dengan pisau, hingga menjadi ukuran yang sesuai dengan lubang jeruji yang tadi kalian buat. Lalu amplas bambunya supaya setelah terpasang tidak melukai si burung merpati nantinya.

Setelah benar-benar halus dan dirasa tidak menyakiti burung, pasanglah jeruji itu ke lubang yang sudah kalian sediakan tadi dengan lem secukupnya, agar bisa lebih kuat dalam menahan burung saat jadi.

Pasang Pintu Kandang

Buatlah pintu kandang sesuai dengan desain yang sudah kalian pilih sejak awak, Pasanglah pintu yang sudah dibuat sesuai ukuran sangkar dan burung. Pasangkan juga pengait sangkar untuk nantinya memudahkan sangkar digantungkan. Gunakan lem dan paku supaya pintu dan pengait sangkar dapat terpasang secara kuat.

Pasang Lantai Untuk Menampung Kotoran Burung Merpati Nantinya

Untuk Lantainya sendiri saya rekomendasikan menggunakan triplek, karena akan mempermudah kita dalam membersihkan kotoran burung kita.

Untuk ukurannya sendiri, kalian harus menyesuaikan dengan bagian bawah kandang burung kalian. Jangan terlalu besar ataupun kecil, karena akan menyulitkan kalian dalam memasang dan membongkar alas triplek itu.

Amplas Kembali Kandang Burungnya

Pengamplasan ini bertujuan untuk memastikan agar tidak ada serpihan-serpihan kayu yang akan melukai burung nantinya. Ini juga berguna agar burung nyaman saat mereka aktif di dalam kandangnya.

Cat Kandang Burung Merpati

Cat kandang burung agar kandang lebih awet dan tidak gampang terkena jamur. Ini juga bertujuan untuk mempercantik kandang burung yang kita buat.

Untuk catnya sendiri terserah kalian, jika cat yang kalian pilih terlihat menarik, kalian bisa menggunakannnya untuk mengecat kandang burung. Catlah dengan rapih dan teliti.

Jemur Kandang Burung Merpati

Jemur kandang burung hingga bau cat di kandang burung itu hilang, setelah kering dan bau catnya hilang, coverlah cat itu dengan pernis agar lebih awet dan terlihat mengkilap , dan pastinya menarik.

Oleskan pernis itu secara merata ke kandang burung itu agar hasilnya lebih bagus, setelah merata, jemurlah kembali kandang burung itu.

Setelah kering kandang burung siap untuk dipakai.

Penutupan

Mungkin sekian dulu ya dari kakibu, mudah-mudah bisa berguna bagi masa yang sekarang dan masa yang akan datang.

Bila ada salah kata dan pengucapan kakibu mohon maaf sebesar-besarnya, dan juga ikuti terus kakibu ya untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat lainnya.

Dan selamat mencoba untuk membuat kandang burung merpatinya.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply