1
6

Cara Membuat Kandang Burung

Cara membuat kandang burung- Burung adalah salah satu hewan yang sangat banyak dipelihara oleh manusia. Mulai untuk peliharaan pribadi ataupun untuk diternakkan dan dijadikan bisanis.

Ada beberapa hal juga yang sangat manusia sukai dari burung ini, mulai dari suaranya yang merdu, bulunya yang indah, ekornya yang indah, dll.

Jadi hari ini kita akan membahas mengenai cara membuat kandang burung agar kalian bisa membuatnya secara mandiri di rumah.

Nah untuk itu ikuti terus ya kakibu, agar mendapatkan ilmu-ilmu yang bermanfaat. Untuk itu simak penjelasan-penjelasan di bawah ini, agar kalian bisa mempelajari cara membuat kandang burung.

Persiapkan Alat dan Bahan

alat dan bahan cara membuat kandang burung, kandang burung

Sebelum kita membuat kandang burung, pastinya kita harus mempersiapkan terlebih dahulu alat dan bahan kita, supaya mempercepet dan mempermudah kita dalam membuat kandang burung. Coba bayangin kalau alat dan bahan tidak lengkap, pasti kita akan kesulitan dalam membuat kandang burung kan?

Nah berikut ini adalah alat yang diperlukan untuk membuak kandang burung:

  • Bor
  • Gergaji
  • Serutan jeruji
  • Pisau serutan jeruji
  • Alat serut kayu
  • Amplas
  • Palu
  • Meteran
  • Tang
  • Pensil

Jika kalian sudah mempersiapkan alatnya, selanjutnya adalah mempersiapkan bahannya. Berikut adalah bahan-bahannya:

  • Kayu
  • Triplek
  • Bambu
  • Lem kayu
  • Paku
  • Cat
  • Pernis

Nah setelah alat dan bahan lengkap, selanjutnya tinggal membuat kandang burung.

Cara Membuat Kandang Burung Dengan Alat dan Bahan Diatas

cara membuat kandang burung, cara pembuatan kandang burung

Nah seperti yang saya katakan diatas, jika alat dan bahan sudah terkumpul semua, selanjutnya tinggal membuat kandang burung yang kita pelajari saat ini.

Jadi berikut ini adalah cara-cara membuat kandang burung dengan memakai bahan-bahan yang berada disekitar kita.

Berikut adalah cara-caranya:

Tentukan Desain Kandang Burung Yang Akan Dibuat

Desain kandang burung, cara membuat kandang burung

99.co

Sebelum membuat kandang burung, tentukan terlebih dahulu desain kandang burung yang akan kalian buat. Bisa ribet kalau kalian ingin membuat kandang burung tapi tidak tahu kandang burung seperti apa yang akan dibuat.

Jika desain kandang burung sudah ditentukan, maka kita ke proses pembuatan selanjutnya.

Buat Kerangka Kandang

Untuk membuat kerangka ini, potonglah kayu sesuai ukuran yang ditentukan (sesuai ukuran yang berada pada desain kalian).

Setelah itu buatlah kerangka bagian atas dan bawah terlebih dahulu supaya mempermudah kalian dalam langkah-langkah selanjutnya. Rekatkan kedua rangka dengan lem kayu terlebih dahulu, kalau sudah pakulah supaya menjadi lebih kuat.

Jika kerangka atas dan bawah sudah selesai, maka yang selanjutnya kerangka samping. Untuk kerangka samping tidak jauh beda dengan kerangka atas dan bawah, Rekankan kerangka samping dengan kerangka atas dan bawah menggunakan lem kayu, lalu kemudian sempurnakan dengan memakunya agar lebih kuat.

Setelah terbentuk kerangkanya, amplaslah kerangkanya supaya tidak ada serpihan kayu yang akan melukai burungnya nanti.

Pengeboran Kandang Burung

Pengeboran ini bermaksud untuk melobangi kerangka yang telah jadi tadi, untuk nantinya dipasangi jeruji agar burung tidak kabur nanti saat kandang selesai dibuat.

Berilah rongga yang lumayan dekat antar jeruji supaya tubuh kecil burung tidak bisa kebur dari kandangnya. Berilah jarak 0,5-1cm antar jeruji, Jika burungnya besar jeruji bisa kalian buat 2cm.

Pemotongan Bambu Untuk Jeruji Kandang

Bambu ini nantinya akan digunakan untuk jeruji kandang burung, jadi carilah bambu yang bagus untuk bisa menahan burung agar tidak kabur nantinya.

Caranya mudah, haluskanlah bambu dengan pisau serut, hingga menjadi ukuran yang sesuai dengan lubang jeruji yang tadi kalian buat. Lalu amplas bambunya supaya setelah terpasang tidak melukai si burung nantinya.

Setelah benar-benar halus dan dirasa tidak menyakiti burung, pasanglah jeruji itu ke lubang yang sudah kalian sediakan tadi dengan lem secukupnya, agar bisa lebih kuat dalam menahan burung saat jadi.

Pasang Pintu Kandang

Buatlah pintu kandang sesuai dengan desain yang sudah kalian pilih sejak awak, Pasanglah pintu yang sudah dibuat sesuai ukuran sangkar dan burung. Pasangkan juga pengait sangkar untuk nantinya memudahkan sangkar digantungkan. Gunakan lem dan paku supaya pintu dan pengait sangkar dapat terpasang secara kuat.

Pasang Lantai Untuk Menampung Kotoran Burung Nantinya

Untuk Lantainya sendiri saya rekomendasikan menggunakan triplek, karena akan mempermudah kita dalam membersihkan kotoran burung kita.

Untuk ukurannya sendiri, kalian harus menyesuaikan dengan bagian bawah kandang burung kalian. Jangan terlalu besar ataupun kecil, karena akan menyulitkan kalian dalam memasang dan membongkar alas triplek itu.

Amplas Kembali Kandang Burungnya

Pengamplasan ini bertujuan untuk memastikan agar tidak ada serpihan-serpihan kayu yang akan melukai burung nantinya. Ini juga berguna agar burung nyaman saat mereka aktif di dalam kandangnya.

Cat Kandang Burung

Cat kandang burung agar kandang lebih awet dan tidak gampang terkena jamur. Ini juga bertujuan untuk mempercantik kandang burung yang kita buat.

Untuk catnya sendiri terserah kalian, jika cat yang kalian pilih terlihat menarik, kalian bisa menggunakannnya untuk mengecat kandang burung. Catlah dengan rapih dan teliti.

Jemur Kandang Burung

Jemur kandang burung hingga bau cat di kandang burungitu hilang, setelah kering dan bau catnya hilang, coverlah cat itu dengan pernis agar lebih awet dan terlihat mengkilap , dan pastinya menarik.

Oleskan pernis itu secara merata ke kandang burung itu agar hasilnya lebih bagus, setelah merata, jemurlah kembali kandang burung itu.

Setelah kering kandang burung siap untuk dipakai.

Penutupan

Mungkin sekian dulu ya dari kakibu, mudah-mudah bisa berguna bagi masa yang sekarang dan masa yang akan datang.

Bila ada salah kata dan pengucapan kakibu mohon maaf sebesar-besarnya, dan juga ikuti terus kakibu ya untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat lainnya.

Dan selamat mencoba untuk membuat kandang burungnya.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply