3

Cara Membuat Kandang Kambing Dengan Mudah

Cara Membuat Kadang Kambing- Siapa juga sih yang tidak mengenal hewan kambing? Ya kambing sendiri adalah hewan ternak yang sangat diminati oleh masyarakat indonesia, entah itu untuk korban saat idhul adha, atau pun untuk kesenian seperti adu domba, dll.

Nah masalah terbesar untuk peternak kambing adalah untuk membuat kandangnya, ya karena emang sulit untuk membuat kandang untuk kambing itu sendiri.

Tapi jangan khawatir, disini kita akan menjelaskan secara detail bagaimana cara membuat kandang kambing yang baik dan benar itu.

Jadi ikuti terus ya penjelasan-penjelelasan dibawah ini.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Kandang Kambing

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kalian perhatikan sebelum membuat kandang kambing. Jadi untuk penjelasan berikut jangan diskip ya.

1. Posisi Kandang

Untuk posisi kandang kambing ini usahakan mendapatkan sinar matahari yang cukup setiap harinya, karena sinar matahari dapat membuat tubuh kambing menjadi sehat dan tidak gampang terserang penyakit jamur.

Usahakan juga jarak antara perumahan dan kandang kambing berjarak sekitar 10 m, tapi kalau saya boleh usul lebih jauh lebih baik.

Karena bila dipertimbangkan dalam hal kenyamanan, keluarga atau bahkan tetangga akan terganggu akan bau kambing ini, terutama kambing jantan.

2.Model Kandang Kambing

Untuk recomendednya model kandang kambing adalah kandang tipe panggung. Karena tipe kandang ini sangatlah mempermudah kita untuk membersihkan kotoran dan air seni kambing. Dan juga karena dengantipe ini kotoran dan air seni kambing langsung jatuh ketanah dan tidak menggenang dikandang kambing tersebut.

Dengan tipe ini juga pemilik atau perawat kambing bisa dengan mudah membersihkan klandang kambing secara berkala, dan dengan itu kebersihan dan kesehatan kambing bisa terjamin dengan aman.

Bagian-Bagian Kandang Kambing

cara membuat kandang kambing


kandang domba

orinaahliorganik.wordpress.com

Nah diatas adalah bagian-bagian dari kandang kambing, kalian bisa mencontoh bagian-bagian diatas untuk membuat kandang kambing dengan baik dan benar.

Alat dan Bahan

Nah dari contoh di atas kalian membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:

  • Kayu
  • Bambu
  • Kawat Anyaman
  • Asbes
  • Genteng
  • Pipa
  • Papan
  • Triplek
  • dll

Nah sebelum membuat kandang kalian harus menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahan di atas untuk pelengkap membuat kandang.

Jika kalian sudah mengumpulkan bahan-bahannya- segeralah membuat kandang kambing seperti contoh gambar di atas.

Nah jika sudah jadi hasilnya akan seperti ini:

cara membuat kandang kambing

orinaahliorganik.wordpress.com

Penutupan

Mungkin sekian dulu dari kakibu, bila ada salah kata atau perbuatan kakibu minta maaf sebesar-besarnya.

Ikuti terus ya artikel-artikel dari kakibu untuk mendapatkan berbagai macam wawasan yang sangat bermanfaat.

Sekian dari kakibu ya.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply