7

Cara Membuat Kandang Kelinci

Cara Membuat Kandang Kelinci- Siapa juga sih yang tidak mengenal hewan kelinci? Hewan yang selalu membawa kebahagiaan untuk sang pemilik. Tapi tidak jarang juga banyak pemiliknya yang lupa membuatkan kandang untuk para kelinci ini, atau para pemilik meletakkan kelinci ini disembarang tempat.

Seharusnya sih jangan, karena bila si kelinci tidak nyaman maka akan membuatnya stres dan ujung-ujungnya akan meninggal.

Oleh sebab itu kakibu disini akan memberikan sedikit ilmu mengenai cara membuat kandang kelinci dengan baik dan benar, dan dengan menggunakan bahan yang ramah lingkungan pula.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Kandang Kelinci

cara membuat kandang kelinci, kelinci, kandang kelinci

Nah berikut ini adalah hal-hal yang harus kalian perhatikan sebelum membuat kandang kelinci, karena nantinya akan sangat berpengaruh dengan si kelincinya. Berikut caranya:

1. Ukuran Kandang

Kenapa kok ukuran kandang? Karena jika ukuran kandang itu terlalu kecil maka akan mengganggu gerak aktif si kelinci, tapi jika terlalu besar maka si kelinci akan merasa kesepian jika tidak ada temanya.

Jadi kalau saya rekomendasikan untuk 1 kelinci buatlah kandang ukuran sedang dengan panjang yang bisa kalian perkirakan, jika itu 2 kelinci buatlah ukuran yang agak besar dengan panjang yang agak besar juga, jika kalian peternak buatlah dengan ukuran yang besar dan panjang.

2. Posisi

Posisi kandang kelinci ini sendiri usahakan ditempat yang redup atau tidak terlalu terkena sinar matahari. Kenapa kok gitu? Bukannya malah kedinginan ya? Kelinci tidak akan kedinginan, karena kelinci memiliki bulu yang tebal. Bukannya juga saya tidak memperbolehkan kelinci terkena sinar matahari, justru itu bagus, tapi jika terkena sinar matahari terus menerus kan juga tidak bagus?.

Karena itu untuk kandang sendiri di posisikan di tempat yang redup, dan kalau siang atau pagi kelinci bisa dikeluarkan dari kandang supaya terkena sinar matahari dan memperaktif gerakannya.

3. Desain

Nah berikut ada beberapa desain yang bisa kalian pilih untuk tempat tinggal kelinci kesayangan anda nanti, dan juga pemakaian bahannya sangat mudah dijangkau untuk segala kalangan.

Berikut ini juga contoh beberapa kandang yang bisa digunakan untuk beberapa kelinci dan banyak kelinci.

Kandang Kelinci Tunggal Atau Bisa Digubakan Untuk Beberapa Kelinci

Berikut ini adalah contoh beberapa kandang kelinci yang bisa digunakan untuk 1 kelinci atau beberapa kelinci.

kandang kelinci

takimzone.com

kandang kelinci

99.co

kandang kelinci

99.co

kandang kelinci

takimzone.com

Kandang Kelinci Untuk Menampung Kelinci Yang Banyak

Berikut ini adalah contoh beberapa kandang kalinci yang diprioritaskan untuk perternakan, karena bisa menampung sebanyak mungkin.

kandang kelinci

rumahternak21.blogspot.com

kandang kelinci

indonesian.alibaba.com

kandang kelinci

99.co

Berikut Step-Step Membuat Kandang Kelinci

cara membuat kandang kelinci, kelinci, kandang kelinci

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat kandang kelinci dengan baik dan benar, jadi simak baik-baik ya penjelasan dibawah ini.

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Alat yang dibutuhkan:

  1. Gergaji
  2. Amplas
  3. Palu
  4. Paku
  5. Meteran
  6. Pensil

Bahan yang dibutuhkan:

  1. Bambu, kayu atau kawat untuk bahan utamanya
  2. seng atau asbes untuk atapnya.

Kalau oleh disarankan pakailah bambu yang sudah tua, karena bisa lebih kuat dan tahan lama.

2. Buat Kerangka

Sebelumnya kan kalian sudah memilih desain nih, jadi langsung aja membuat kerangka dari desain yang kalian pilih.

Buatlah kerangka setidaknya mempunyai tinggi 1m, untuk membuat lebih nyamannya kelinci.

Didalam tahap ini jangan lupa untuk memperhitungkan tempat kotoran kelinci dan bagian atapnya juga.

Kalau bisa dalam membuat kerangka kandang, balok kayu yang digunakan untuk panjang kandang, pastikan kalau ukuran balok yang terpendek dibawah ya, tujuannya agar kandang tidak mudah melengkung.

Misalnya kalian akan membuat ukuran kandang 3x5cm maka 3cm itu dibagian bawah kerangka kandang.

3. Buat Lantai Kandang

Jika kalian membuat lantai kandangnya dulu maka akan mempermudah pembuatan kandang kelinci kalian, kenapa? lantai akan membantu mengukur besar kecil kandang yang kita buat.

Lantainya sendiri harus dari bahan yang kuat dan tahan lama, kalau rekomendasiku sih memakai bambu, karena sudah banyak sekali yang membuktikannya.

Untuk membuat lantai dari bambu maka belahlah bambu menjadi bebrapa bagian, lalu amplas supaya tidak ada serat bambu yang akan menyakiti kelinci nanti.

Buatlah rongga setiap memasang lantainya minilal 1 atau 2 cm lah, tujuannya supaya kotoran kelinci bisa dengan mudah dibersihkan.

Dan agar lantainya tambah kokoh, tambahkan balok kayu dibawah rangkaian bambu, beri sekat sekitar 20 atau 30cm.

4. Buat Dinding

Nah untuk dinding kandang ini kalian bisa menggunakan bambu atau kawat sebagai bahan pokok untuk membuat dinding kandang.

Pastikan bagian atasnya nanti memiliki satu sisi yang berbeda entah itu yang panjang sisi belakang ataupun sisi depan. Karena nanti akan sangat berpengaruh saat pembuatan atap

Jangan lupa juga untuk bagian depan kandang untuk memberi sekat untuk pintu keluar masuk kelinci nanti.

5. Pasang Atap

Nah seperti yang sudah saya bicarakan saat pembuatan dinding, bagian atap sebaiknya dibuat miring disalah satu sisi, entah itu sisi belakang ataupun sisi depan. Tidak hanya itu, kalian juga harus memperhitungkan ukuran lebar panjang atap.

Kenapa kok ukuran atap harus berbeda dengan ukuran kandang? Itu karena tidak akan memaksimalkan perlindungan kandang dari hujan.

Karena itu usahakan setiap sisi atap lebih panjang sekitar 30 cm dari kerangka kandang kelinci.

Penutupan

Mungkin sekian dulu informasi mengenai cara membuat kandang kelinci ini dari kakibu, semoga bisa bermanfaat untuk masa yang sekarang dan masa yang mendatang.

Bila kakibu ada salah kata dan perbuatan, kakibu mohon maaf sebesar-besarnya.

Ikuti terus kakibu untuk mendapatkan informasi dan wawasan yang berguna lainnya, se kian dari kakibu.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply