1
85

21+ Contoh Surat Izin ( Lengkap )

Contoh surat izin tidak masuk sekolah-Siapa sih yang tidak tau surat izin? Pastinya tau semuakan, karena dimasa-masa SMP kita sering sekali menggunakannya. Jujur kalian pernah tidak membuat surat izin buat kalian bolos? Kalau kalian pernah, kita sama heheheh.

Surat izin biasanya ditunjukan kepada yang berhubungan dengan kepentingan seseorang, misalnya seperti surat izin tidak masuk sekolah, maka tentu surat tersebut ditunjukan kepada wali kelas untuk memberitahukan bahwa sang penulis surat tidak dapat masuk sekolah diakibatkan memiliki halangan atau kepentingan.

Nah diantara kalian apakah masih ada yang tidak bisa menulis surat atau tidak tau urutan membuat surat agar terlihat baik dan sopan?.

Sekarang jangan khawatir, dikesempatan yang berbahagia ini kita akan membahas lengkap dan detail  mulai dari bagaimana cara menulis surat yang baik dan benar, sampai bagaimana cara menulis surat dengan urutan-urutan yang benar.

Sebelum itu mariklah kita bahas apa aja sih unsur-unsur surat yang harus kita pakai?, dan bagaimana sih tips membuat surat yang baik dan benar?.

Jadi kuy simak penjelasannya dengan seksama agar mudah dipahami  dan bisa dijadikan refrensi ketika hendak membuat surat izin.

Daftar Isi

Elemen Surat

1. Tempat Dan Tanggal Surat

Tempat dan tanggal surat wajib ditulis, karena bila tidak ditulis itu akan membuat kebingungan sang penerima surat, dan penulisan tempat dan tanggal surat ini juga penting untuk memberitahukan kapan dan dimana kita menulis surat tersebut. Untuk posisi penulisannya adalah di sebelah kanan atas.

Contoh Tempat Dan Tanggal Surat:

“Jombang, 18 September 2019”

2. Alamat Surat

Alamat  surat juga harus dicantumkan, karena menunjukan lokasi yang akan kita kirimi surat tersebut. Bila tidak ditulis itu akan menyulitkan si tukang pos juga kan.

“Barangsiapa yang mempersulit orang lain, maka Allah akan mempersulitnya pada har kiamat”

 

HR.Bukhari

Nah tuh kan ada hadisnya heheh jadi jangan lupa menuliskan alamat yang dituju ya.

Contoh Alamat Surat:

“SMAN 2 Jombang” atau “Pesantren Tebuireng”

3. Salam Pembuka

Pemberian salam pembuka dimaksudkan sebagai bentuk kesantunan atau penghormatan awal. Ini juga akan memperlihatkan bahwa kita menghormati sang penerima surat itu nanti. Posisi tepatnya dibawah alamat surat.

Contoh Pembukaan:

“Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari”

4. Isi Surat

Isi surat adalah hal-hal yang menunjukan tentang inti atau maksud dari surat tersebut yang terbagi menjadi alinea pembuka, alinea pokok, dan alinea penutu

Nah apa sih yang disebut alinea pembuka? Apa sih yang disebut alinea pokok? Apa sih yang disebut alinea penutup?.

Alinea pembuka adalah penjelasan identititas dari suatu subyek. Kemudian alinea pokok adalah penjelasan mengenai alasan subyek mengapa menulis surat itu. Sedangkan alinea penutup adalah Sebuah ucapan penutup atau ucapan terimakasih.

Contoh Isi Surat:

“Nama   :
Siswa    :
Alamat :

Memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Rabu 18 September 2019 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-A agar memberikan izin.”

5. Salam Penutup

pemberian salam penutup ini dimaksudkan sebagai bentuk kesatuan atau penghormatan terakhir untuk sang penerima surat ini. Posisinya ada disebelah kanan bawah isi surat.

Contoh Salam Penutup:

” Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih”

6.Nama Penulis surat

Setelah salam penutup, atau tepatnya di bawah salam penutup diituliskan nama penulis dan keterangan nama penulis, sisakan ruangan kosong untuk di isi dengan tanda tangan nantinya.

Contoh Nama Penulis Surat:

 

 Orang tua/Wali murid                 atau bisa juga                        Teman terbaikmu

 

            Rudi Saitama

Tips Membuat Surat Izin Secara Baik Dan Benar

Pasti dari kalian masih ada yang belum terlalu paham tentang bagaimana sih tips atau cara membuat surat izin. Nah sebenarnya ada beberapa hal penting yang harus kalian lakukan untuk membuat surat.

Nah kenapa kok saya bilang harus baik dan benar? Karena bila kalian menulis surat itu dengan baik dan benar, maka akan lebih meyakinkan san penerima surat itu nanti.

Berikut tips-tipsnya untuk membuat surat izin yang baik dan benar:

1. Pikirkan Matang-matang Alasan Membuat Surat Izin

Nah bila membuat surat izin yang ditunjukan untuk lembaga atau instansi, anda harus mempunyai alasan yang jelas. Kalau bisa alasan yang akan ditujukan itu murni, jujur, dan transparan.

Bila Anda memberikan alsan yang benar dan tepat maka akan mempermudah anda dalam mendapatkan izin dengan catatan anda memang benar-benar sedang berhalangan hadir.

2. Perhatikan Sistematika Penulisan

Nah ini merupakan salah satu yang terpenting yaitu sistematika. Penulisan sitematika sangatlah penting untuk diperhatikan, karena untuk memudahkan orang lain membacanya. Tulisis urut mulai dari tempat dan tanggal surat, alamat surat, hingga tanda tangan penulis dengan rapi dan teratur.

Kenapa sih kok harus ditulis urut? Karena jika penulisan sistematikanya benar  membuat kredibalitas/kepercayaan sang penerima surat itu tinggi kepada anda.

3. Usahakan Jangan Ada Kesalahan Penulisan

Nah kenapa kok tidak boleh sampai ada kesalahan penulisan? Karena jika sudah ada jejak stipo atau coretan, maka akan membuat nilai surat yang ditulis menurun, sehingga anda dapat dianggap kurang sopan oleh sang pembaca surat itu.

Jadi jangan samapai ada kesalahan sedikitpun saat anda menulis surat, karena walaupun anda menutupi kesalahan tersebut, akan tetap kelihatan oleh mata.

Ada pepatah dibesarkan di sini:

Perlahan Asal Mula Segala Sesuatu Terjadi

Yang artinya “pelan-pelan penting selesai”, jadi usahakan kalau menulis surat tuh santai aja yang penting rapih.

4. Gunakan Kata-kata Yang Formal Dan Mudah Dipahami

Kata-kata formal itu apa sih? Kata-kata formal adalah kata-kata yang umum dan mudah dipahami atau dimengerti oleh orang yang akan membaca surat itu.

Peringatan!! : Jangan menggunakan kata-kata yang tidak formal atau bisa disebut oleh anak jaman sekarang dengan sebutan lebay.

Karena bila anda menggunakan kata-kata yang tidak formal atau terkesan lebay, akan membuat sang pembaca merasa tidak diperlakukan kurang baik atau kurang sopan dan akan membuat anda kurang dihargai oleh sang pembaca.

Sedangkan surat yang menggunakan kata formal atau kata baku akan membuat anda dihargai oleh sang pembaca.

Apa sih itu kata baku? Kata baku adalah kata yang ada di KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia ) atau bisa disebut kata-kata yang sopan untuk dibaca.

5. Jangan Lupa Memasukan Ke Dalam Amplop

Banyak sekali orang yang membuat surat tapi tidak memasukannya kedalam amplop sehingga dapat membuat rasa ketidak nyamanan kepada sang pembaca. Anda pun akan seperti tidak dihargai oleh sang pembaca.

Kenapa kok bisa membuat rasa ketidak nyamanan? Ya ibaratin aja anda masuk keruangan bos dengan menggunakan baju tidur, pasti anda langsung dipecat karena bos anda merasa tidak nyaman dengan perbuatan anda.

Jadi jangan sampai lupa memasukan surat yang anda telah tulis kedalam amplop, masukan secara rapi agar menambah kenyamanan sang pembaca.

Surat izin Tidak Masuk Sekolah

Surat izin ini ialah surat izin yang menyatakan bahwa siswa tidak dapat mengikuti pelajaran dikarenakan sakit ataupun berhalangan hadir karena ada suatu acara. Nah berikut ini adalah berbagai macam contoh surat izin tidak masuk sekolah dengan alasan tertentu :

1.  Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit

Orang sakit

islam.nu.or.id


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Jombang, 18 September 2019
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-MIPA-A
SMAN 2 Jombang

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama   :
Siswa    :
Alamat :

Memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Rabu 18 September 2019 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-MIPA-A agar memberikan izin.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid

Rudi

Diatas merupakan surat izin tidak masuk sekolah karna sakit, jadi apa bila anak anda sakit, anda bisa menirukan contoh surat diatas.

Untuk yang sakit semoga sembuh ya.


2. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Dikarenakan Kecelakaan

Kecelakaan

jatimnow.com


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Mojokerto, 17 Oktober 2019
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-MIPA-C
SMAN 1 Mojokerto

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama   :
Siswa    :
Alamat :

Memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa  pada hari ini, Kamis 17 Oktober 2019 dikarenakan habis kecelakaan dan atas saran dokter,anak kami pun harus menjalani perawatan intensif selama bebrapa hari sampai kondisinya pulih kembali. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII-MIPA-C agar memberikan izin.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid

Marlin

Bagi yang anak nya mengalami kecelakaan, anda bisa meniru contoh surat diatas untuk meminta izin tidak masuk sekolah untuk anak anda. Apabila yang bikin surat ini yang mengalami kecelakaan, semoga cepat sembuh ya.


3. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit (Opname)

Opname, Rumah sakit, Sakit

prelo.co.id


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Ngoro, 21 September 2019
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-MIPA-B
SMAN 1 Ngoro

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama   :
Siswa    :
Alamat :

Memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Sabtu 21 September 2019 dikarenakan mengalami penyakit tifus dan sekarang opname di Rumah sakit Umum Jombang. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-MIPA-B agar memberikan izin.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid

Jaelani

Surat diatas merupakan contoh surat izin tidak masuk sekolah karna opnameapa bila anak anda sedang mengalami opname dirumah sakit dan anda tidak bisa membuat surat, anda bisa menirukannya di contoh surat izin diatas.

Untuk yang opname semoga sembuh ya.


4. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit (Periksa Ke Dokter)

Periksa ke dokter, rumah sakit

klikdokter.com


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Kediri, 8 Agustus 2019
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-MIPA-A
SMAN 1 Kediri

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama   :
Siswa    :
Alamat :

Memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Kamis 8 Agustus 2019 dikarenakan mengalami penyakit demam dan sekarang akan periksa ke dokter. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-MIPA-A agar memberikan izin.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid

Haninda

Surat kali ini adalah contoh surat izin tidak masuk sekolah karena akan periksa kedokter. Bagi kalian yang anaknya sakit dan masih sekolah, kalian bisa menirukan contoh surat diatas untuk membuat izin ke sekolahan anak anda, bahwa anak anda sakit dan sekarang akan periksa ke dokter.


5. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Mengurus KTP

Membuat KTP, apa saja yang digunakan membuat KTP

islamidia.com


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Lamongan, 8 Oktober 2019
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-IPA-B
SMAN 1 Lamongan

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama   :
Siswa    :
Alamat :

Memberitahukan bahwa saya tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa  pada hari ini, Selesa 8 Oktober 2019 dikarenakan sedang mengurus KTP. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-IPA-B agar memberikan izin kepada saya untuk tidak mengikuti pelajaran pada hari dan tanggal tersebut.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Farid Hidayatullah

Nah surat yang kali ini, untuk meminta izin karena akan membuat KTP. Jadi bagi anda yang mau membuat KTP anda bisa menirukan contoh surat izin tidak masuk sekolah diatas. Semoga lancar ya pembuatan KTPnya.


6. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Acara Liburan Keluarga

Liburan keluarga

baligetaway.co.id


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Tulungagung, 1 Okteber 2019
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-MIPA-C
SMAN 1 Tulungagung

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama   :
Siswa    :
Alamat :

Memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Selasa 1 Oktober 2019 dikarenakan ada acara liburan bersama keluarga ke Pantai Gema. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-MIPA-C agar memberikan izin.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid

Yuli

Nah kali ini bagi anda yang melakukan liburan keluarga, dan mengajak anak anda. Pastinya anda harus menulis surat izin tidak masuk sekolah untuk anak andakan, nah diatas adalah sesuatu yang anda inginkan yaitu contoh surat izin tidak masuk sekolah karna liburan bersama keluarga.


7. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Acara Pernikahan Keluarga

Pernikahan keluarga, khas jawa, pernikahan khas jawa

sarungpreneur.com


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Tuban, 3 Oktober 2019
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-IPS-B
SMAN 1 Tuban

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama   :
Siswa    :
Alamat :

Memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Kamis 3 Oktober 2019 dikarenakan ada acara pernikahan keluarga. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-B agar memberikan izin kepada anak saya.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid

Agung

Jika ada keluarga anda yang akan menikah pastinya kalian akan membantukan. Nah di atas merupakan contoh surat tidak masuk sekolah karena ada keluarga yang akan menikah, jadi kalian bisa menirukannya supaya mendapatkan izin dari guru untuk libur beberapa hari.


8. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Menghadiri Acara Tertentu

Seminar

eventbrite.com


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Magetan, 10 Oktober 2019
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-IPA-B
SMAN 1 Magetan

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama   :
Siswa    :
Alamat :

Memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa  pada hari ini, Kamis 10 Oktober 2019 dikarenakan sedang menghadiri acara sholawat dan pengajian yang diadakan oleh Bupati Magetan. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-IPA-B agar memberikan izin kepada anak saya.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid

Sumanto

Di atas merupakan contoh surat izin tidak masuk sekolah karena menghadiri acara tertentu misalnya sholawat, pengajian dan anak kalian mau ikut. Lalu kalian mengizinkannya tapi tidak tau bagaimana cara membuat surat izin.

Nah tenang aja di atas merupakan contoh surat izin tidak masuk sekolah yang kalian inginkan.


9. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Jenguk Anggota Keluarga Yang Sakit

Jenguk orang sakit

rohisstis.wixsite.com


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Malang, 10 Oktober 2019
Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-IPS-C
SMAN 1 Malang

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama   :
Siswa    :
Alamat :

Memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa  pada hari ini, Kamis 10 Oktober 2019 dikarenakan mau menjenguk anggota keluarga yang sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X-IPA-B agar memberikan izin kepada anak saya.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

Hormat kami,
Orang tua/Wali murid

Sumanto

Bila keluarga anda ada yang sakit pastinya kalian jengukkan, nah contoh surat di atas bisa kalian tiru untuk membuat surat izin tidak masuk sekolah.

Ya benar sekali di atas adalah surat izin tidak masuk sekolah karna ada anggota keluarga yang sakit dan kita menjenguknya.


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah

Nah bagi kalian yang kuliah mungkin ini bisa kalian jadikan refrensi, apa bila kalian tidak dapat dapat mengikuti kegiatan perkuliahan di suatu lembaga perguruan tinggi. Nah berikut contoh-contoh surat izin tidak masuk kuliah dengan alasan tertentu:

1. Surat Izin Tidak Bisa Mengikuti Kuliah Karena Sakit

Orang sakit

islampos.com


Surabaya, 12 November 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Dosen Pengajar

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Universitas Negeri Surabaya

 

Dengan hormat,

Saya menandatangani di bawah ini:

Nama               :

NPM:

Fakultas           :

Program Studi :

Memberitahukan kepada Bapak/Ibu Dosen pengajar bahwa pada Hari Selasa, 12 November 2019, saya tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan karena sakit (demam). Untuk itu, saya memohon izin kepada Bapak/Ibu untuk tidak masuk kuliah sampai saya sembuh total.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

 

Hormat Saya,

Mohammad Ferdi Ali

Di atas merupakan surat izin untuk tidak masuk kuliah karena sakit, nah bagi kalian yang sekarang lagi sakit dan tidak bisa masuk kuliah, contoh surat diatas mungkin bisa kalian tiru untuk membuat surat izin.


2. Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Kegiatan Organisasi Kemahasiswaan

Kegiatan kemahasiswaan, mahasiswa

nasional.tempo.com


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Yogyakarta, 30 September 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Dosen Pengajar

Program Studi Pendidikan Sastra Indonesia

Universitas Gadjah mada

 

Dengan hormat,

Saya menandatangani di bawah ini:

Nama               :

NPM:

Fakultas           :

Program Studi :

Memberitahukan kepada Bapak/Ibu Dosen pengajar bahwa pada Hari Senin, 30 September 2019, saya tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan seperti biasanya dikarenakan ada kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diselanggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sastra Indonesia dan saya menjadi panitia penyelenggara. Untuk itu, saya memohon izin kepada Bapak/Ibu untuk tidak masuk kuliah pada jam perkuliahan hari tersebut.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

 

Hormat Saya,

Veralita Safira Putri

Nah di atas merupakan contoh surat izin tidak masuk kuliah karena kegiatan organisasi kemahasiswaan, jadi kalau kalian mau ada acara organisasi kemahasiswaan kalian bisa meniru contoh surat izin diatas.


3. Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Acara Pernikahan Keluarga

Pernikahan, pernikhahan

wolipop.detik.com


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Banyuwangi, 28 September 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Dosen Pengajar

Program Studi Pendidikan Biologi

Universitas Negeri Banyuwangi

 

Dengan hormat,

Saya menandatangani di bawah ini:

Nama               :

NPM:

Fakultas           :

Program Studi :

Memberitahukan kepada Bapak/Ibu Dosen pengajar bahwa pada Hari Sabtu, 28 September 2019, saya tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan dikarenakan ada anggota keluarga yang menikah ( acara pernikahan keluarga). Untuk itu, saya memohon izin kepada Bapak/Ibu untuk tidak masuk kuliah pada jam perkuliahan hari tersebut.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

 

Hormat Saya,

Mohammad Sholehhudin

Nah bagi kalian yang anggota keluarganya ada yang akan menikah, mungkin contoh surat di atas bisa kalian tiru untuk meminta izin libur beberapa hari untuk membantu keluarga yang menikah.

Contoh di atas recommended banget lah buat kalian.


4. Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Acara Liburan Keluarga

Liburan keluarga

bimextour.co.id


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Kediri, 25 September 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Dosen Pengajar

Program Studi Pendidikan Ekonomi

Universitas PGRI Kediri

 

Dengan hormat,

Saya menandatangani di bawah ini:

Nama               :

NPM:

Fakultas           :

Program Studi :

Memberitahukan kepada Bapak/Ibu Dosen pengajar bahwa pada Hari Selasa, 12 November 2019, saya tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan karenakan ada acara liburan bersama keluarga. Untuk itu, saya memohon izin kepada Bapak/Ibu untuk tidak masuk kuliah pada jam perkuliahan pada hari tersebut.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

 

Hormat Saya,

Jefri Novianto

Liburan keluarga adalah satu moment yang pastinya wajib untuk ikutkan. Karena satu-satunya cara agar bisa kumpul bareng, bercanda bareng, dan main bareng hanya dengan liburan keluarga.

nah di atas merupakan contoh surat yang dapat anda tiru untuk membuat surat izin tidak masuk kuliah.


5. Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Mengikuti Perlombaan

perlombaan

inilahfikih.com


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Jakarta, 24 Oktober 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Dosen Pengajar

Program Studi Pendidikan Pertanian

Universitas Indonesia

 

Dengan hormat,

Saya menandatangani di bawah ini:

Nama               :

NPM:

Fakultas           :

Program Studi :

Memberitahukan kepada Bapak/Ibu Dosen pengajar bahwa pada Hari Kamis, 24 Oktober 2019, saya tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan karenakan saya mengikuti Mobile legend Contes Laegue ( MCL ) yang diselenggarakan di Mall Taman Anggrek, Jakarta . Untuk itu, saya memohon izin kepada Bapak/Ibu untuk tidak masuk kuliah pada jam perkuliahan pada hari tersebut.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

 

Hormat Saya,

Andrian Widyo Hardianto

Nah ada pula izin tidak masuk kuliah karena ada perlombaan, kalau sampai tidak masuk kuliah karena perlombaan, pasti perlombaan itu sangat penting bagi kalian.

Tenang aja, seperti yang sudah anda baca, di atas adalah contoh surat izin tidak masuk kuliah karena mengikuti perlombaan.

Jadi bagi kalian yang mau mengikuti perlombaan saat masih kuliah, kalian bisa meniru contoh surat di atas.


6. Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Diklat Organisasi

diklat organisasi

haluankepri.com


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Bandung, 23 mei 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Dosen Pengajar

Program Studi Pendidikan Bisnis dan Administrasi

Universitas ITB

 

Dengan hormat,

Saya menandatangani di bawah ini:

Nama               :

NPM:

Fakultas           :

Program Studi :

Memberitahukan kepada Bapak/Ibu Dosen pengajar bahwa pada Hari Kamis, 23 mei 2019, saya tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan karenakan saya mengikuti kegiatan Diklat Kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa ( BEM ) Periode 2018-2019. Untuk itu, saya memohon izin kepada Bapak/Ibu untuk tidak masuk kuliah pada jam perkuliahan pada hari tersebut.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

 

Hormat Saya,

Susanti

Nah ada juga nih surat izin tidak masuk kuliah karna akan mengikuti kegiatan diklat organisasi, jadi bagi kalian yang akan didiklat organisasi, kalian bisa meniru contoh surat izin di atas.


7. Surat Izin tidak Masuk Kuliah Karena Menjadi Panitia Karang Taruna

karang taruna

moljabar.com


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Malang, 29 Agustus 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Dosen Pengajar

Program Studi Pendidikan Arsitektur, Bangunan dan Perencanaan

Universitas Brawijaya

 

Dengan hormat,

Saya menandatangani di bawah ini:

Nama               :

NPM:

Fakultas           :

Program Studi :

Memberitahukan kepada Bapak/Ibu Dosen pengajar bahwa pada Hari Kamis, 29 Agustus 2019, saya tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan karenakan ada acara di desa dan saya dipilih menjadi panitia karang taruna. Untuk itu, saya memohon izin kepada Bapak/Ibu untuk tidak masuk kuliah pada jam perkuliahan pada hari tersebut.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

 

Hormat Saya,

Mohammad Thoriq

Ada juga nih surat izin tidak masuk kuliah karena ada tugas dari desa untuk menjadi karang taruna. Sehingga tidak memungkinkan untuk kalian mengikuti pelajaran kuliah kalian.

Nah seperti yang anda lihat, di atas merupakan contoh surat izin tidak masuk kuliah  karena menjadi karang taruna, jadi kalian bisa meniru contoh surat di atas untuk izin tidak bisa mengikuti pelajaran kuliah.


8. Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Mengurus SIM

jaga sim, sim

youtube.com


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Semarang, 23 September 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Dosen Pengajar

Program Studi Pendidikan Pertanian

Universitas Diponegoro

 

Dengan hormat,

Saya menandatangani di bawah ini:

Nama               :

NPM:

Fakultas           :

Program Studi :

Memberitahukan kepada Bapak/Ibu Dosen pengajar bahwa pada Hari Senin, 23 September 2019, saya tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan karenakan saya ada keperluan untuk mengurus atau memperpanjang SIM. Untuk itu, saya memohon izin kepada Bapak/Ibu untuk tidak masuk kuliah pada jam perkuliahan pada hari tersebut.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

 

Hormat Saya,

Cavana fathikul

Nah bagi kalian yang akan mengurus SIM, tapi besoknya ada pelajaran kuliah, kalian bisa meniru contoh surat izin diatas untuk meminta izin kepada dosen kalian, agar beliau memberikan izin kepada kalian untuk tidak masuk pada hari dan tanggal tersebut.


9. Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Akan Nikah

pernikahan

kaskus.co.id


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Surakarta, 9 Oktober 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Dosen Pengajar

Program Studi Pendidikan Hukum

Universitas Sebelas Maret

 

Dengan hormat,

Saya menandatangani di bawah ini:

Nama               :

NPM:

Fakultas           :

Program Studi :

Memberitahukan kepada Bapak/Ibu Dosen pengajar bahwa pada Hari Rabu, 9 Oktober 2019, saya tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan karenakan akan melakukan akad nikah. Untuk itu, saya memohon izin kepada Bapak/Ibu pengajar memberikan izin dan toleransi kepada saya. Dan saya meminta doa bapak/ibu dan pihak-pihak lain agar nantinya saya diberikan kehidupan yang sakinah, mawwadah, warrahmah.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

 

Hormat Saya,

Toni Cahyono

Nah bagi kalian juga nih yang mau nikah, diatas merupakan contoh surat izin tidak masuk kuliah karena akan menikah.

Jadi kalian bisa meniru contoh teks di atas saat kalian akan menikah. Dan saya pastikan recommended banget lah.


10. Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Habis Kecelakaan

Kecelakaan maut

radarcirebon.com


Berikut adalah contoh teksnya:

Sumedang, 3 Desember 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Dosen Pengajar

Program Studi Pendidikan Seni dan Desain

Universitas Padjadjaran

 

Dengan hormat,

Saya menandatangani di bawah ini:

Nama               :

NPM:

Fakultas           :

Program Studi :

Memberitahukan kepada Bapak/Ibu Dosen pengajar bahwa pada Hari Selasa, 12 Desember 2019, saya tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan karenakan baru saja saya mengalami kecelakaan. Untuk itu, saya memohon izin kepada Bapak/Ibu untuk tidak masuk kuliah pada jam perkuliahan pada hari tersebut sampai saya sembuh total.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

 

Hormat Saya,

Dandi Adha

Nah kali ini bagi kalian yang mengalami musibah nih, seperti yang kalian lihat, di atas merupakan contoh surat izin karena habis kecelakaan.

Jadi kalian bisa meniru contoh surat izin di atas untuk meminta izin ke dosen, agar memberikan izin libur untuk beberapa hari sampai lukanya sembuh total.


11. Surat Izin Tidak Masuk Kuliah Karena Jenguk Anggota Keluarga Yang Sakit

orang sakit, jenguk orang

hidayatullah.com


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Surabaya, 18 Desember 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Dosen Pengajar

Program Studi Pendidikan Teknik dan Rekayasa Teknologi

Universitas Surabaya

 

Dengan hormat,

Saya menandatangani di bawah ini:

Nama               :

NPM:

Fakultas           :

Program Studi :

Memberitahukan kepada Bapak/Ibu Dosen pengajar bahwa pada Hari Rabu, 12 November 2019, saya tidak dapat mengikuti kegiatan perkuliahan karenakan ada anggota keluarga yang sakit dan saya mau menjenguknya. Untuk itu, saya memohon izin kepada Bapak/Ibu untuk tidak masuk kuliah pada jam perkuliahan pada hari tersebut.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

 

Hormat Saya,

Khoirul suta wijaya

Jika ada keluarga anda yang akan sakit pastinya kalian akan menjenguknyakan. Nah di atas merupakan contoh surat tidak masuk kuliah karena ada keluarga yang akan sakit, jadi kalian bisa menirukannya supaya mendapatkan izin dari dosen untuk libur pada hari itu dan pada tanggal itu untuk menjenguk keluarga kalian.


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Bekerja

Bagi kalian nih yang sudah kerja, tapi belum bisa bikin surat izin tidak masuk kerja, mungkin ini bisa membantu kalian dan jadikan refrensi buat kalian, agar saat kalian tidak bisa masuk kerja bisa membuat surat izin sendiri.

Apa sih surat izin masuk kerja itu? Surat izin ini ialah surat isin yang menyatakan bahwa karyawan/pekerja tidak dapat mengikuti jam kerja di suatu perusahaan/lembaga usaha.

Nah berikut macam-macam contoh surat izin yang dapat kalian tiru :

1. Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit

Orang Sakit

bangka.tribunnews.com


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Jombang, 30 September 2019

Kepada Yth.

Bapak Direktur PT Cheil Jedang Indonesia 

Jalan Raya Brantas KM 3.5, Jatigedong, Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61453

 

Dengan hormat,

Saya menandatangani di bawah ini:

Nama               :

NIP:

Judul:

Alamat            :

Dengan ini saya memohon izin kepada Bapak Direktur untuk tidak masuk kerja pada hari senin, 30 September 2019 karena tidak enak badan. Untuk itu, saya mohon izin untuk tidak masuk kerja sampai keadaan saya kembali pulih.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

 

Hormat Saya,

Mohammad Nabil

Nah contoh di atas merupakan contoh surat izin tidak masuk kerja karena sakit, jadi bagi kalian yang sekarang sakit dan tidak bisa masuk kerja, kalian bisa meniru contoh surat di atas untuk meminta izin kapada bos kalian supaya diberi izin libur sampai keadaan kalian membaik.


2. Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Ada Keperluan Mendesak

Laptop, tugas, keprluan penting

infotembalang.com


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Jombang, 15 Oktober 2019

Kepada Yth.

Direktur PT CJ Feed J Wave 

Raya Mojoagung, Desa Gambiran, Jombang, Jawa Timur 61482

 

Dengan hormat,

Saya menandatangani di bawah ini:

Nama               :

NIP:

Judul:

Alamat            :

Dengan ini saya memohon izin kepada Bapak Direktur untuk tidak masuk kerja pada hari Selasa, 22 September 2019 karena ada keperluan mendesak yang tidak dapat saya tinggalkanya. Untuk itu saya mohon izin tidak masuk kerja, saya memohon izin sebesar-besarnya karena ini sangat penting dan tidak bisa saya tinggalkan.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

 

Hormat Saya,

Ilham Saputra

Nah Kali ini adalah contoh surat izin tidak masuk kerja karena keperluan mendesak. Jadi kalian bisa meniru contoh surat di atas untuk mendapatkan izin dari bos kalian.

Contoh surat izin diatas recommended banget lah buat kalian yang tiba-tiba ada keperluan mendesak sampai tidak bisa masuk kerja.


3. Surat izin Tidak Masuk Kerja Karena Ada Urusan Keluarga

Rapat keluarga

prfmnews.com


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Jombang, 24 September 2019

Kepada Yth.

Bapak Direktur PT Karya Jati Sejati

Jl. Tirta Buana No 12, Penginapan, Peterongan, Kabupaten Jungkup, Jawa Timur 61481

 

Dengan hormat,

Saya menandatangani di bawah ini:

Nama               :

NIP:

Judul:

Alamat            :

Dengan ini saya memohon izin kepada Bapak Direktur untuk tidak masuk kerja pada hari Selasa, 24 September 2019 karena ada keperluan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan. Untuk itu saya mohon izin tidak masuk kerja pada hari dan tanggal tersebut.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

 

Hormat Saya,

Bambang

Nah bagi kalian yang ada urusan keluarga mendadak dan harus sampai meninggalkan pekerjaan kalian, mungkin contoh surat di atas bisa kalian tiru agar bisa mendapatkan izin dari bos kalian, untuk libur pada hari dan tanggal tersebut.

4. Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Mengikuti Perlombaan

Perlombaan

winnielevista.blogspot.com


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Jombang, 27 September 2019

Kepada Yth.

Bapak Direktur PT Mentari International

Jl. Yos Sudarso No.118, Tunggorono, Kec. J Wave, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61419

 

Dengan hormat,

Saya menandatangani di bawah ini:

Nama               :

NIP:

Judul:

Alamat            :

Dengan ini saya memohon izin kepada Bapak Direktur untuk tidak masuk kerja pada hari Jumat, 27 September 2019 karena mengikuti sebuah perlombaan yang mewakili kabupaten. Untuk itu saya memohon izin tidak masuk kerja pada hari dan tanggal tersebut.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

 

Hormat Saya,

Yahya Ayyas

Nah di atas merupakan contoh surat tidak masuk karena akan mengikuti perlombaan, jadi bagi kalian yang akan mengikuti perlombaan dan harus meninggalkan pekerjaan kalian sementara waktu.

Mungkin kalian bisa meniru contoh surat di atas untuk meminta izin kepada bos kalian.

Semoga beruntung ya.


5. Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Wisuda Kuliah

Wisuda Kuliah, lulus kuliah, bebas kuliah

kumparan.com


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Jombang, 10 Oktober 2019

Kepada Yth.

Bapak Direktur PT Samudera Gemilang Platindo

Jl.Raya Balongbesuk Dsn. Pool, District. Diwek Kab. 61471 gelombang

 

Dengan hormat,

Saya menandatangani di bawah ini:

Nama               :

NIP:

Judul:

Alamat            :

Dengan ini saya memohon izin kepada Bapak Direktur untuk tidak masuk kerja pada hari Kamis, 10 Oktober 2019 karena akan melaksanakan wisuda kuliah. Untuk itu saya mohon izin tidak masuk kerja pada hari dan tanggal tersebut.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

 

Hormat Saya,

Febrianti Ningsih

Bagi anda yang mau wisuda, bisa meniru surat ini untuk meminta izin kepada bos, untuk libur pada saat anda melaksanakan wisuda.

Bagi anda yang mau wisuda selamat ya, semoga ilmunya bisa berguna untuk bangsa dan negara.


6. Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Mengikuti CPNS

Tes CPNS

asumsi.co


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Jombang, 16 Oktober 2019

Kepada Yth.

Bapak Direktur PT Sejahtera Usaha Bersama

Jalan Raya Kwaron, Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61471

 

Dengan hormat,

Saya menandatangani di bawah ini:

Nama               :

NIP:

Judul:

Alamat            :

Dengan ini saya memohon izin kepada Bapak Direktur untuk tidak masuk kerja pada hari Rabu, 16 Oktober 2019 karena saya akan mengikuti seleksi CPNS. Untuk itu saya mohon izin tidak masuk kerja pada hari dan tanggal tersebut.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

 

Hormat Saya,

Andrian Widyo Hardianto

Bagi anda nih yang mau melakukan tes CPNS, mungkin contoh surat diatas bisa anda jadikan refrensi untuk menulis surat.

Untuk anda yang sekarang akan melakukan tes CPNS semangat ya semoga berhasil.


7. Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Mengikuti Pelatihan

Pelatihan, seminar

edukatama.com


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Jombang, 25 September 2019

Kepada Yth.

Bapak Direktur PT Shoei Surabaya- Sepatu

Jl. Sumber Boto, Grobogan, Mojowarno, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61482

 

Dengan hormat,

Saya menandatangani di bawah ini:

Nama               :

NIP:

Judul:

Alamat            :

Dengan ini saya memohon izin kepada Bapak Direktur untuk tidak masuk kerja pada hari Rabu, 25 September 2019 karena ada keperluan yaitu mengikuti pelatihan kewirausahaan di Jakarta. Untuk itu saya mohon izin tidak masuk kerja pada hari dan tanggal tersebut.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

 

Hormat Saya,

Vernandes Valentino

Bagi anda yang mau melakukan seminar atau pelatihan, anda bisa meniru surat diatas, agar mendapat izin dari bos kalian.

Kalian juga bisa menambahkan sendiri mau libur beberapa hari pada surat diatas tinggal menambahkan “tidak masuk kerja pada hari Rabu, 25 September 2019 sampai …….”


8. Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Habis Kecelakan

kecalakaan

motorplus-online.com


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Jombang, 16 September 2019

Kepada Yth.

Bapak Direktur PT Mentari International

Jl. Yos Sudarso No.118, Tunggorono, Kec. J Wave, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61419

 

Dengan hormat,

Saya menandatangani di bawah ini:

Nama               :

NIP:

Judul:

Alamat            :

Dengan ini saya memohon izin kepada Bapak Direktur untuk tidak masuk kerja pada hari Senin, 16 September 2019 karena kemarin habis mengalami kecelakaan. Untuk itu saya mohon izin tidak masuk kerja pada hari dan tanggal tersebut, sampai luka saya sembuh total.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

 

Hormat Saya,

Yudha siva

Bagi anda yang habis mengalami kecelakaan, mungkin surat diatas bisa membantu anda. Agar anda bisa meminta izin ke bos untuk istirahat dan menyembuhkan luka sehabis kecelakaan.

Nah jadi bagi yang lihat artikel ini dan habis kecelakaan semoga cepat sembuh yah.


9. Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Akan Menikah

pernikhaan

integrasi.science


Berikut ini adalah conto teksnya:

Jombang, 17 September 2019

Kepada Yth.

Bapak Direktur PT Sejahtera Usaha Bersama- Plywood

Jalan Raya Kwaron, Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61471

 

Dengan hormat,

Saya menandatangani di bawah ini:

Nama               :

NIP:

Judul:

Alamat            :

Dengan ini saya memohon izin kepada Bapak Direktur untuk tidak masuk kerja pada hari Selasa, 17 September 2019 karena saya akan menjalani akad nikah. Untuk itu saya mohon izin tidak masuk kerja pada hari dan tanggal tersebut.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

 

Hormat Saya,

Toni Cahyono

Bagi anda yang mau nikah, contoh surat izin diatas bisa anda jadikan refrensi. Apabila anda mau minta izin kepada bos untuk cuti beberapa hari mempersiapkan pernikahan.

Jadi bisa menggunakan surat ini 1 minggu sebelum anda menikah, dan anda bisa mempersiapkan pernikahan tanpa ada pikiran dipekerjaan.

Untuk yang lihat artikel ini dan mau menikah semoga SAMAWA ya.


10. Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Akan Melahirkan

Melahirkan

inspiradata.com


Berikut ini adalah contoh teksnya:

Jombang, 18 September 2019

Kepada Yth.

Bapak Direktur PT Sekar Ayu Sentosa – Kosmetik

Jl. Raya Ploso Babat, km 3 No 9, Kedungdowo, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61453

 

Dengan hormat,

Saya menandatangani di bawah ini:

Nama               :

NIP:

Judul:

Alamat            :

Dengan ini saya memohon izin kepada Bapak Direktur untuk tidak masuk kerja pada hari Rabu, 18 September 2019 karena sebentar lagi mau melahirkan. Untuk itu saya mohon izin tidak masuk kerja pada hari dan tanggal tersebut, serta mohon izin untuk tidak masuk kerja selama beberapa hari.

Dengan Segala Perhatiannya, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

 

Hormat Saya,

Manarul Haninda

Bagi kalian yang akan menjadi ibu dan kelahirannya tinggal menghitung hari, surat diatas bisa kalian tiru untuk meminta izin kepada bos kalian.

Bagi kalian yang melahirkannya masih lama, kalian juga bisa memakai surat ini. Siapa tau kalian khawatir pada dedek bayi kalian, dan meminta cuti sampai dedek bayinya lahir.


Nah sekian macam-macam contoh surat yang dapat anda jadikan refrensi dan ilmu yang bermanfaat.

Ambillah dengan baik, buanglah. Jika saya salah, saya paling minta maaf.

Begitulah cara saya melihat Anda waktu .

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply