26

Doa Keluar Masjid

Doa Keluar Masjid- Masjid merupakan tempat kita beribadah kepada Allah SWT, tempat kita berdoa, tempat kita memohon. Maka dari itu ada aturan-aturan yang harus kita taati saat berada di masjid, dan ada juga amalan-amalan yang bisa menghasilkan pahala bagi kita.

Salah satu contoh amalannya adalah Doa Keluar Masjid yang akan kita bahas kali ini. Kenapa kok saat kita keluar dari masjid pun harus berdoa? Itu semua agar kita selalu diberi perlindungan oleh Allah SWT.

Mungkin untuk lebih jelasnya bisa cek dipenjelasan di bawah ini, dan support terus ya artikel-artikel dari kakibu. Insyaallah akan menjadi ilmu yang barokah kok๐Ÿ˜‡

Baca Juga: Doa Setelah Adzan

Doa Keluar Masjid Beserta Latin Dan Artinya

doa keluar masjid, doa sehari-hari, keluar masjid, adab saat beradan dalam masjib, adab keluar masjid

Ada banyak amalan yang bisa kita amalkan saat kita berada di rumah Allah ini (Masjid). bahkan saat kita hendak meninggalkan masjid masih ada lho amalan yang bisa kita kerjakan, amalan itu adalah doa keluar masjid.

Jika nggk hafal gimana kak? Nah untuk itu lah kita akan membahasnya secara bersama-sama tentang niat saat hendak meninggalkan masjid ini.

Berikut ini adalah niatnya, latin dan beserta artinya:

Tulisan Arab

ุงูŽู„ู„ู‘ูฐู‡ูู…ูŽู‘ ุงูู†ูู‘ู‰ ุงูŽุณู’ุฃูŽู„ููƒูŽ ู…ูู†ู’ ููŽุถู’ู„ููƒูŽ

Latin

Allahumma innii asaluka min fadlik

Artinya

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu

Kalau dari segi pendapat saya, doa ini sangatlah mudah untuk dihafal dan diajarkan kepada anak-anak kita supaya mereka selalu mendapat perlindungan Allah saat hendak keluar dari masjid, dan tentunya akan menjadi amal jariyah kita untuk kedepannya.

Doa di atas juga berasal dari (H.R Muslim 713) yang berbunyi:

ุฅูุฐูŽุง ุฏูŽุฎูŽู„ูŽ ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุฌูุฏูŽ ููŽู„ู’ูŠูŽู‚ูู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุงูู’ุชูŽุญู’ ู„ูู‰ ุฃูŽุจู’ูˆูŽุงุจูŽ ุฑูŽุญู’ู…ูŽุชููƒูŽ. ูˆูŽุฅูุฐูŽุง ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ููŽู„ู’ูŠูŽู‚ูู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ู‘ูู‰ ุฃูŽุณู’ุฃูŽู„ููƒูŽ ู…ูู†ู’ ููŽุถู’ู„ููƒูŽ

Artinya yaitu:

Jika salah seorang di antara kalian memasuki masjid, maka ucapkanlah, ‘Allahummaf-tahlii abwaaba rahmatik’ (Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu). Jika keluar dari masjid, ucapkanlah: ‘Allahumma inni as-aluka min fadhlik’ (Ya Allah, aku memohon pada-Mu di antara karunia-Mu) (HR. Muslim 713)

Jika kita memasuki masjid menggunakan kaki kanan, maka saat kita hendak keluar dari masjid kita dianjurkan untuk menggunakan kaki kiri terlebih dahulu.

Baca Juga: Doa Masuk rumah

Adab Saat Hendak Keluar Dari Masjid

doa keluar masjid, doa sehari-hari, keluar masjid, adab saat beradan dalam masjib, adab keluar masjid

Ada juga adab-adab yang harus kita perhatikan saat keluar dari masjid, karena ini juga sebagai bentuk menghormati rumah Allah, tempat kita beribadah dan berdoa. Insyallah jika kita melakukan amalan ini maka kita akan senantiasa dilindungi oleh Allah SWT.

Berikut ini adalah adab yang perlu diperkatikan saat keluar dari masjid:

  1. Keluar dengan mendahulukan kaki kiri.
  2. Berdzikir kepada Allah dan bershalawat serta salam kepada Nabi.
    Rasulullah SAW bersabda: “Jika salah seorang di antara kalian masuk ke dalam masjid, hendaklah ia mengucapkan salam atas Nabi dan mengatakan; “Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu bagiku. Apabila ia hendak keluar, maka ucapkanlah salam atas Nabi dan mengatakan: “Ya Allah, lindungilah aku dari gangguan setan.” (HR. Ibnu Majah).
  3. Berniat untuk kembali ke masjid untuk melakukan sholat sesudahnya. Hal ini termasuk adab untuk mengaitkan hati dengan masjid. Sehingga ketika panggilan sholat berkumandang, Anda akan datang kembali ke masjid.

Baca Juga: Doa Keluar Rumah

Penutup

Baca Juga: Doa Masuk Masjid

Semoga bisa bermanfaat penjelasan dari kakibu mengenai niat keluar masjid ini, dan semoga ilmu yang kita pelajari bersama ini akan menjadi ilmu yang barokah dan di Ridhoi oleh Allah SWT. Amin amin ya robbal alamin.

Mungkin sekian dulu dari kakibu, jika saya selaku penulis memiliki salah kata ataupun pengucapan, saya mohon maaf sebesar-besarnya, karena sesungguhnya kebenaran datangnya dari Allah dan kesalahan datangnya dari syaiton.

Wasalamualaikum Wr. Wb

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply