35

Doa Naik Kendaraan: Beserta Lafadz Arab, Latin, dan Artinya [Terlengkap]

Doa Naik Kendaraan– Semua orang pasti pernah merasakan yang namanya berpergiankan. Tapi apakah kalian tau, apa aja sunah-sunah yang harus kita lakukan saat sedang dalam perjalanan atau pun saat akan memulai perjalanan perjalanan itu.

Nah tapi mungkin untuk itu kalian bisa mengambil nafas lega, kenapa? Karena kali ini kakibu akan membahas masalah Doa Naik Kendaraan lengkap beserta lafadz arab, latin beserta arti dari doa itu.

Untuk lebih lengkapnya, mari kita baca dan pelajari penjelasan-penjelasan di bawah ini.

Doa Naik Kendaraan

doa naik kendaraan, doa sehari-hari, doa

Nah untuk pembahasan kali ini, kakibu akan membahas secara lengkap mengenai doa naik kendaraan yang telah dipraktekkan secara langsung oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam.

Allah berfirman dalam Al-Quran surah Az-Zukhruf ayat 13:

لِتَسۡتَوٗا عَلٰی ظُہُوۡرِہٖ ثُمَّ تَذۡکُرُوۡا نِعۡمَۃَ رَبِّکُمۡ اِذَا اسۡتَوَیۡتُمۡ عَلَیۡہِ وَ تَقُوۡلُوۡا سُبۡحٰنَ الَّذِیۡ سَخَّرَ لَنَا ہٰذَا وَ مَا کُنَّا لَہٗ مُقۡرِنِیۡنَ. وَ اِنَّاۤ اِلٰی رَبِّنَا لَمُنۡقَلِبُوۡنَ

Artinya:

“Supaya kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya dan upaya kamu mengucapkan, “Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.” (QS. Az-Zukhruf ayat 13-14).

Lafadz Arab Doa Naik Kendaraan

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Lafadz Latin Doa Naik Kendaraan

Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.

Arti Dari Doa Naik Kendaraan

“Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali. “

Sunah-Sunah Saat Akan Naik Kendaraan

doa naik kendaraan, doa sehari-hari, doa

Seperti yang diriwayatkan oleh salah satu sahabat, yaitu: Ali Radhiallahu ‘anhu. Bahwa saat Rasulullah menaiki untanya beliau membaca doa sebagai berikut,

1. Membaca Bismillah

Saat Rasulullah Rasulullah meletakkan kakinya di atas tunggangannya, beliau membaca Bismillah (بِسْمِ اللهِ) untuk mengawali perjalanannya.

2. Membaca Alhamdulillah

Pada saat Rasulullah sudah duduk tegak di atas untanya, beliau mengucapkan Alhamdulillah (الْحَمْدُ لِلَّ)  untuk rasa syukurnya.

3. Membaca Doa Naik Kendaraan

Setelah itu, beliau membaca doa naik kendaraan, ketika beliau akan memulai perjalanannya dan sudah naik di atas untanya. Untuk doa nya sendiri, seperti yang sudah kita bahas di atas.

4. Membaca Alhamdulillah dan Takbir Sebanyak 3x

Nah setelah membaca doa naik kendaraan, Rasulullah kemudian membaca Alhamdulillah dan takbir, masing-masing dibaca 3x.

Berikut lafadz Alhamdulillah dan Takbir yang dibaca Rasulullah:

Alhamdulillah ( الْحَمْدُ لِلَّ )

Lafadz Alhamdulillah ini, Rasulullah membacanya sebanyak 3x

Allahuakbar ( اللهُ أَكْبَرُ )

Sama halnya dengan lafadz Alhamdulillah, Rasulullah juga membaca kalimat Takbir sebanyak 3x

5. Membaca Istighfar

Ya seperti dijudul atas, bahwa lafadz yang terakhir yang dibaca Rasulullah ketika hendak melakukan perjalanan dan akan naik kendaraannya, yaitu beliau mebaca Istighfar,

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ إِنِّيْ ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْ لِيْ، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya:

“Maha Suci Egkau Sungguh, aku telah menganiayanya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya, tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.” (HR.Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’I, Ahmad, dan lainnya).

Nah mungkin sekian dulu dari saya, apabila ada salah kata mohon dimaafkan seikhlas-ikhlasnya.

Ambil yang kalian anggap positif dan buang yang kalian anggap negatif, semoga ilmu kita kali ini bisa bermanfaat untuk masa sekarang dan masa yang akan mendatang.

Enjoy Every Process in life

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply