6

Doa Dan Dzikir Selepas Adzan

Doa Setelah Adzan- Adzan adalah pemberitahuan bahwa waktu sholat telah tiba, atau penggilan untuk kita para muslim untuk segera menuju ke masjid dan menunaikan ibadah. Seperti lafadz adzan yang berbunyi حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ yang berarti mari kita menunaikan sholat.

Ada banyak amalan yang bisa kita amalkan saat kita mendengar suara adzan, dan bahkan setelah adzan berkumandang ada lho doa dan dzikir yang bisa kita baca dan pastinya untuk memanen pahalakan.

Jadi untuk itu kakibu akan membagikan sedikit ilmu mengenai bagaimana sih doa yang harus kita ucapkan saat adzan telah selesai dikumandangkan? Dzikir apa yang harus kita baca setelah adzan itu? Itu semua akan kita jelaskan secara detail cuma disini, di Kakibu.com.

Berikut ini adalah ilmu mengenai doa dan dzikir setelah berkumandangnya adzan:

Doa Setelah Adzan

doa setelah adzan, doa adzan, doa setelah adzan berkumandang, keutamaan adzan, fadhilah adzan

Sebenarnya doa setelah adzan ini sangat sering kita dengar di televisi, cuma mungkin untuk memurojaah hafalan kita tentang doanya. Maka disini kita akan sedikit menjelasankan mengenai doa yang kita baca saat adzan, entah itu adzan subuh, dhuhur, ashar, magrib ataupun isya’.

Berikut ini adalah penjelasannya:

Doa Setelah Adzan Arab

اللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ سَيِّدَنَـامُحَمـَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَالدَّرَجَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا المَحْمُودًا الَّذِيْ وَعَدْتَهُ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Latinnya

Allâhumma Rabba hâdzihid-da‘wati at-tâmmati, wash-shalâtil-qâimati, âti sayyidanâ Muhammad al-washilah wal fadlîlah, wad-darajatar rafî’ah wab’atshu maqâman mahmûdan alladzî wa’adtah, innaka lâ tukhliful-mî‘âd.

Artinya

Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan shalat yang tetap didirikan, kurniailah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkau janjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wahai Dzat Yang Paling Penyayang.

Insyallah jika membacanya secara terus menerus itu akan mempermudah kita untuk mengehafalnya (bagi yang belum hafal). Jika kita sudah hafal, maka penjelasan di atas insyaallah bisa membantu kita untuk mempererat hafalan kita.

Keutamaan Adzan

doa setelah adzan, doa adzan, doa setelah adzan berkumandang, keutamaan adzan, fadhilah adzan

Adzan memiliki banyak keutamaannya, dan dari salah satunya itu akan menyelamatkan kita di hari akhir nanti. Rugi bagi kita jika tidak mengetahui keutamaan dari adzan ini, seperti hadist yang berbunyi:

Seandainya orang-orang mengetahui pahala yang terkandung pada azan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak mungkin mendapatkannya kecuali dengan cara mengadakan undian atasnya, niscaya mereka akan melakukan undian. (HR Bukhari dan Muslim).

Sungguh besar pahala dan fadhilah yang kita dapatkan jika kita mengetaui pahala apa yang terkandung pada adzan dan duduk di shaf pertama.

Untuk lebih detailnya, mungkin kalian bisa lihat detail penjelasannya di bawah ini:

1. Suara adzan akan membuat setan lari terbirit – birit

Sebagaimana riwayat dari Abu Hurairah r.a, beliau menceritakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

Apabila diserukan adzan untuk sholat, syaitan pergi berlalu dalam keadaan ia kentut hingga tidak mendengar adzan. Bila muadzin selesai mengumandangkan adzan, ia datang hingga ketika diserukan iqamat ia berlalu lagi (HR. Bukhari dan Muslim)

Adzan juga bisa mempererat tali rantai dajjal, jika kalian tahu bahwa dajjal selalu menggerogoti rantai yang mengekangnya, dan satu-satunya cara untuk mempereratnya kembali adalah dengan adzan. Jika adzan tetap dan selalu berkumadang diseluruh dunia ini, maka rantai dajjal tidak akan bisa terbuka.

2. Muadzin akan memperoleh pahala yang besar

Abu Hurairah r.a, juga pernah menceritakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

Seandainya orang-orang mengetahui besarnya pahala yang didapatkan dalam adzan dan shaf pertama kemudian mereka tidak dapat memperolehnya kecuali dengan undian niscaya mereka rela berundi untuk mendapatkannya (HR. Bukhari dan Muslim)

Sepatutnya kita sebagai anak muda ini sangatlah berbangga diri karena memiliki tenaga lebih untuk mengumandangkan adzan, dan bersyukurlah kita yang masih bisa mengumandangkan adzan.

Coba lihat orang-orang diluar sana yang memiliki keterbatasan untuk mengumandangkan adzan. Bahkan sebenarnya mereka sangatlah ingin mengumandangkan adzan, dan kenapa kita yang memiliki kondisi sehat walafiat seperti ini tidak mengumandangkan adzan?.

Maka dari itu marilah kita kumandangkan adzan untuk membahagiakan atau mewakili orang-orang yang sebenarnya ingin mengumandangkan adzan, tetapi mereka memiliki keterbatasan untuk mengumandangkan adzan.

3. Seorang muadzin akan di panjangkan lehernya pada hari kiamat

Muawiyah r.a, beliau pernah berkata bahwa, Aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda:

Para muadzin adalah orang yang paling panjang lehernya pada hari kiamat.”(HR. Muslim)

Menurut Imam Suyuthi dalam kitab Syarah Muslim, hadist di atas memiliki artian bahwa para muadzin akan menjadi seorang pemimpin atau orang yang paling mulia pada hari ahkir nanti.

4.Mendengarkan suara adzan akan menjadi saksi di hari kiamat

Sebagaimana riwayat dari Abu Sa’id Al-Khudri r.a , bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

Tidaklah jin dan manusia serta tidak ada sesuatu pun yang mendengar suara lantunan adzan dari seorang muadzin melainkan akan menjadi saksi kebaikan bagi si muadzin pada hari kiamat.”(HR. Bukhari no. 609)

Ada juga hadits yang sama diriwayatkan pula oleh Ibnu Khuzaimah:

لَا يَسْمَعُ صَوْتَهُ شَجَرٌ وَلَا مَدَرٌ وَلَا حَجَرٌ وَلا جِنٌّ وَلا إِنْسٌ إِلا شَهِدَ لَهُ

Tidaklah suara adzan didengar oleh pohon, lumpur, batu, jin dan manusia, kecuali mereka akan bersaksi untuknya.

Jadi pada hari kiamat kelak, muadzin akan mendapatkan kesaksian dari semua makhluk dan benda yang mendengar adzannya. Kesaksian yang dimaksud disini tentunya adalah kesaksian akan hal baik karena dirinya telah mengumandangkan adzan, memberitahu kepada umat manusia untuk segera menunaikan shalat.

5. Muadzin akan diampuni dosanya sejauh jarak suara adzannya

Keutamaan ini sudah pernah jelaskan oleh Barra’ bin Azib RA, Rasulullah SAW bersabda:

إن الله وملائكته يصلون على الصف المقدم والمؤذن يغفر له مد صوته ويصدقه من سمعه من رطب ويابس وله مثل أجر من صلى معه

Artinya:

Sesungguhnya Allah dan para Malaikat-Nya bershalawat atas barisan terdepan, dan Muadzin diberi ampunan sejauh suaranya serta dibenarkan oleh orang yang mendengarkannya, baik yang masih basah maupun yang sudah kering. Dan baginya pahala seperti pahala orang yang mengerjakan shalat dengannya. (Hadits Shohih Riwayat Nasa’I dan Ahmad).

Masyaallah, sungguh nikmat Allah berlimpah-limpah kepada kita ini. Bahkan saat kita mengumandangkan adzan untuk memberitahu saudara-saudara muslim kita akan waktu sholat, masih diberi ampunan oleh Allah SWT.

Penutup

Semoga bisa bermanfaat penjelasan dari kakibu mengenai Doa dan Dzikir setelah adzan ini, dan semoga ilmu yang kita pelajari bersama ini akan menjadi ilmu yang barokah dan di ridhoi oleh Allah SWT. Amin amin ya robbal alamin.

Mungkin sekian dulu dari kakibu, jika saya selaku penulis memiliki salah kata ataupun pengucapan, saya mohon maaf sebesar-besarnya, karena sesungguhnya kebenaran datangnya dari Allah dan kesalahan datangnya dari syaiton.

Wasalamualaikum Wr. Wb

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply