1
43

Hadist Arbain Ke-1

Siapa sih yang tidak tau hadist arbain ini? Mungkin bagi orang-orang lulusan pondok pesantren pastinya tau akan kitab hadist arbain ini. Mungkin saya akan sedikit menjelaskan mengenai Hadist arbain ini, kitab ini adalah karya Imam Nawawi yang berisi 42 hadist tentang nasihat singkat dan sarat makna. Nah untuk sementara ini kita akan cuba untuk mengambil kesimpulan dari hadist arbain ke 1.

Sedikit bocoran dari saya, bahwa pembahasan atau isi hadist arbain yang pertama adalah niat, yaitu setiap amalan tergantung pada niat.

Mungkin tidak usah berlama-lama lagi, yuk kita langsung kepada topik utama pembahasan artikel ini.

Tulisan Arab dan Arti dari Hadist Arbain ke-1

kakibu.com

عن أمير المؤمنين أبي حفص عمر بن الخطاب رضي الله عنه قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول ” إنما الأعمال بالنيات , وإنما لكل امرئ ما نوى فمن كانت هجرته إلى الله ورسوله فهجرته إلى الله ورسوله , ومن كانت هجرته إلى دنيا يصيبها و امرأة ينكحها فهجرته إلى ما هاجر إليه ” متفق عليه

 

Dari Amirul Mukminin Abu Hafsh, Umar bin Al-Khathab radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Segala amal itu tergantung niatnya, dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu kepada Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa yang hijrahnya itu Karena kesenangan dunia atau karena seorang wanita yang akan dikawininya, maka hijrahnya itu kepada apa yang ditujunya”.

[Dikisahkan oleh dua anggota Hadith, Abu Abdullah Muhammad bin . Bukhari no. 1 dan muslim no. 1907]

Penjelasan

kakibu.com

Berikut ini adalah penjelasan/rangkuman singkat yang bisa kami bagikan dari hadist arbain ke 1 ini:

“Amalan itu tergantung pada niatnya. Sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang diniatkan” Ungkapan Nabi Shallallahu Alaihi wasallam ini menunjukkan bahwa seorang mukmin yang sadar ketika melakukan ibadah tertentu pasti berasal dari niat.

Atas dasar ini, niat tidak harus dilafazkan, tapi cukup dengan menghadirkan dan menegaskan dalam hati bahwa ibadah yang dilakukan betul-betul demi Allah swt.

Contoh: Ketika kalian lupa saat hendak puasa sunnah senin dan kamis, tapi dari malam dan sahur kalian sudah niatkan dihati untuk puasa, maka itu sudah dianggap puasa.

Hadits ini menjelaskan bahwa semua amalan benar-benar bergantung pada niat. Dan semua orang akan menerima jawaban dari apa yang ia niatkan. Balasan yang akan didapatkan sangat mulia ketika seseorang berniat ikhlas karena Allah, berbeda dengan seseorang yang berniat hanya karena mengejar dunia seperti karena mengejar harta.

Nah bahkan sebuah aktifitas yang tidak berkategori ibadah tapi hanya merupakan kebiasaan sehai-hari, seperti mandi, makan, tidur, dll jika dilakukan dengan niat karna Allah maka Ia pun berhak mendapatkan pahala dari sisi Allah swt. Karena memang tujuan seorang Muslim di dunia ini adalah untuk beribadah.

Pesan Yang Bisa Kita Ambil

kakibu.com

Ada banyak kesimpulan yang bisa kita ambil dari Hadist Arbain yang ke-1 ini, diantara lainnya adalah:

  1. Pentingnya Niat
  2. Kewajiban Hijrah
  3. Bersikap Ikhlas
  4. Berharap Ridha Allah

Nah diatas aadalah 4 poin penting yang bisa simpulkan dalam hadist ini.

Faedah Yang Bisa Kita Dapatkan

kakibu.com

`Berikut ini adalah beberpa faedah dari hadist arbain ke 1 yang bisa kita dapatkan, yaitu:

  1. Dalam Jami’ Al-‘Ulum wa Al-Hikam (1:61) Hadits ini dikatakan oleh Imam Ahmad sebagai salah satu hadits pokok dalam agama kita (disebut ushul al-islam)
  2. Tidak mungkin suatu amalan itu ada kecuali sudah didahului niat.
  3. Setiap orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan”, maksud hadits ini adalah setiap orang akan memperoleh pahala yang ia niatkan.
  4. Niat itu berarti bermaksud dan berkehendak. Letak niat adalah di dalam hati.
  5. Niat ada dua macam yaitu: Niat pada siapakah ditujukan amalan tersebut (al-ma’mul lahu) dan niat amalan.
  6. Hijrah itu berarti meninggalkan. Secara istilah, hijrah adalah berpindah dari negeri kafir ke negeri Islam. Hijrah itu hukumnya wajib bagi muslim ketika ia tidak mampu menampakkan lagi syiar agamanya di negeri kafir. Hijrah juga bisa berarti berpindah dari maksiat kepada ketaatan.
  7. Dalam beramal butuh niat ikhlas. Karena dalam hadits disebutkan amalan hijrah yang ikhlas dan amalan hijrah yang tujuannya untuk mengejar dunia. Hijrah pertama terpuji, hijrah kedua tercela.

Penutup

Semoga bisa bermanfaat penjelasan dari kakibu mengenai hadist arbainke-1, dan semoga ilmu yang kita pelajari bersama ini akan menjadi ilmu yang barokah dan di ridhoi oleh Allah SWT. Amin amin ya robbal alamin.

Mungkin sekian dulu dari kakibu, jika saya selaku penulis memiliki salah kata ataupun pengucapan, saya mohon maaf /sebesar-besarnya, karena sesungguhnya kebenaran datangnya dari Allah dan kesalahan datangnya dari syaiton.

Sampai jumpa di Artikel Selanjutnya.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply