43

Hadist Arbain ke 2

Hallo sobat kakibu, bagaimana nih kabarnya? Baikkan? Nah sekarang kakibu akan membahas soal hadist arbain lagi nih. Tepatnya adalah hadist arbain ke 2.

Sedikit bocoran nih dari hadist arbain kali ini, yaitu hadist ini menyangkut tingkat agama dimana Malaikat Jibril As datang kepada Rosulullah SAW yang sedang duduk di antara para sahabat dan mengajarkan tentang agama islam.

Nah mungkin untuk lebih lanjutnya kalian bisa simak dari penjelasan-penjelasan dibawah ini. Tapi tidak hanya penjelasan dari hadist ini saja lho yang akan kita bahas, melainkan pesan dan faedah yang bisa kita dapat dari hadist arbain ke 2 ini.

Berikut adalah penjelasannya:

Tulisan Arab dan Arti Dari Hadist Arbain ke 2

kakibu.com

Berikut adalah hadist arbain tersebut:

عَنْ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَيْضاً قَالَ: بَيْنَمَا نَحْنُ عِنْدَ رَسُولِ اللهِ ﷺ ذَاتَ يَوْمٍ، إَذْ طَلَعَ عَلَيْناَ رَجُلٌ شَدِيْدُ بَيَاضِ الثِّيَابِ، شَدِيْدُ سَوَادِ الشَّعْرِ، لاَ يُرَى عَلَيهِ أَثَرُ السَّفَرِ، وَلاَ يَعْرِفُهُ مِنَّا أَحَدٌ حَتَّى جَلَسَ إلَى النَّبِيِّ ﷺ فَأَسْنَدَ رُكْبَتَيْهِ إلَى رُكْبَتَيْهِ وَوَضَعَ كَفَّيْهِ عَلَى فَخِذَيْهِ وَقَالَ: يَا مُحَمَّدُ أَخْبِرْنِي عَنِ الإِسْلاَمِ!
فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: «الإِسْلاَمُ أَنْ تَشْهَدَ أَنْ لاَ إلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُولُ اللهِ، وَتُقِيْمَ الصَّلاَةَ، وَتُؤْتِيَ الزَّكَاةَ، وَتَصُوْمَ رَمَضَانَ، وَتَحُجَّ البَيْتَ إِنِ اسْتَطَعْتَ إِلَيْهِ سَبِيْلاً»
قَالَ: صَدَقْتَ. فَعجِبْنَا لَهُ يَسْأَلُهُ وَيُصَدِّقُهُ، قَالَ: فَأَخْبِرِنِي عَنِ الإِيْمَانِ! قَالَ: «أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ، وَمَلاِئِكَتِهِ، وَكُتُبِهِ، وَرُسُلِهِ، وَالْيَومِ الآخِرِ، وَتُؤْمِنَ بِالقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ»
قَالَ: صَدَقْتَ، قَالَ فَأَخْبِرْنِي عَنِ الإِحْسَانِ! قَالَ: «أَنْ تَعْبُدَ اللهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ» قَالَ: فَأَخْبِرْنِي عَنِ السَّاعَةِ! قَالَ: «مَا الْمَسْؤُوْلُ عَنْهَا بِأَعْلَمَ مِنَ السَّائِلِ» قَالَ: فَأخْبِرْنِي عَنْ أَمَارَاتِها! قَالَ: «أَنْ تَلِدَ الأَمَةُ رَبَّتَهَا، وَأَنْ تَرَى الحُفَاةَ العُرَاةَ العَالَةَ رِعَاءَ الشَّاءِ يَتَطَاوَلُوْنَ فِي البُنْيَانِ» ثُمَّ انْطَلَقَ فَلَبِثْتُ مَلِيًّا، ثُمَّ قَالَ: «يَا عُمَرُ! أَتَدْرِي مَنِ السَّائِلُ؟» قُلْتُ: اللهُ وَرَسُوْلُهُ أَعْلَمُ، قَالَ: «فَإِنَّهُ جِبْرِيْلُ أَتَاكُمْ يُعَلِّمُكُمْ دِيْنَكُمْ» رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Artinya: Dari ‘Umar Radhiyallahu ‘Anhu juga, ia berkata: pada suatu hari kami berada di sisi Rasulullah SAW, tiba-tiba datang kepada kami seseorang yang sangat putih pakaiannya, sangat hitam rambutnya, tidak nampak kalau sedang bepergian, dan tidak ada seorang pun dari kami yang mengenalnya.

Kemudian dia duduk menghadap Nabi SAW, lalu menyandarkan lututnya kepada lutut beliau, dan meletakkan kedua telapak tangannya di atas paha beliau.

Dia bertanya, “Ya Muhammad! Kabarkan kepadaku tentang Islam.” Maka, Rasulullah SAW bersabda, “Islam adalah Anda bersyahadat lâ ilâha illâllâh dan Muhammadur Rasûlûllâh, menegakkan shalat, menunaikan zakat, berpuasa Ramadhan, dan berhaji ke Baitullah jika Anda mampu menempuh jalannya.”

Lelaki itu berkata, “Engkau benar.” Kami heran terhadapnya, dia yang bertanya sekaligus membenarkannya. Lelaki itu bekata lagi, “Kabarkanlah kepadaku tentang iman!”

Beliau (Nabi SAW) menjawab, “Anda beriman kepada Allah, para Malaikat-Nya, Kitab-Kitab-Nya, para Rasul-Nya, hari akhir, dan Anda beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk.”

Lelaki itu menjawab, “Engkau benar.” Dia bekata lagi, “Kabarkan kepadaku tentang ihsan!”

Beliau (Nabi SAW) menjawab, “Anda menyembah Allah seolah-olah melihatnya. Jika Anda tidak bisa melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia melihat Anda.”

Dia berkata lagi, “Kabarkan kepadaku tentang hari Kiamat!” Beliau menjawab, “Tidaklah yang ditanya lebih tahu daripada yang bertanya.” Dia berkata lagi, “Kabarkan kepadaku tentang tanda-tandanya.”

Beliau (Nabi SAW) menjawab, “Jika seorang budak wanita melahirkan majikannya, dan jika Anda melihat orang yang tidak beralas kaki, tidak berpakaian, miskin, dan penggembala kambing saling bermegah-megahan meninggikan bangunan.”

Kemudian lelaki itu pergi. Aku diam sejenak lalu beliau bersabda, “Hai ‘Umar! Tahukah kamu siapa yang bertanya itu?” Aku menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih tahu.”

Beliau bersabda, “Sesungguhnya dia Jibril yang datang kepada kalian untuk mengajarkan agama kalian.” (HR Muslim no 8)

Penjesalan

kakibu.com

Dalam Syarah AnNawawi, Imam Ibnu Daqiq mengatakan bahwa hadis agung ini mencakup semua kewajiban perilaku lahir dan batin. Hadits ini menyampaikan ilmu syariat darinya karena mengandung ilmu hadis atau matrik hadits.

Syekh bnu Utsaimin menyebutkan banyak manfaat yang bisa dipetik dari hadits ini. Yang paling penting adalah bahwa Islam memiliki lima rukun dan iman memiliki enam rukun.

Jadi kesimpulan yang bisa kita ambil dari penjelasan hadist arbain kali ini yaitu:

Islam adalah sebagai amalan-amalan anggota badan dan iman sebagai amalan-amalan hati. Sedangkan ihsan memiliki arti manusia yang beribadah kepada Tuhannya dengan mengharapkan dan menginginkan (Wajah Allah), seolah-olah ia melihatnya, sehingga ia ingin sampai kepada-Nya.

Dalam hadist ini juga menjelaskan bahwa hari kiamat merupakan ilmu yang tidak ada siapapun yang mengetahuinya kecuali Allah SWT. Hari Kiamat hanya memiliki tanda-tanda, pertama yang sudah berlalu, kedua muncul dalam bentuk baru, dan ketiga tidak datang persis menjelang Hari Kiamat.

Diantara tanda-tanda besarnya adalah seperti turunnya Isa putra Maryam, Dajjal, Ya’juj dan Ma’juj, dan terbitnya matahari di tempat terbenamnya.

Pesan Yang Bisa Kita Ambil

kakibu.com

  1. Ihsan itu berarti berbuat baik, dalam artian berbuat baik dalam menunaikan kewajiban kepada Allah SWT, yang kesimpulannya adalah ibadah harus dilakukan dengan rasa ikhlas karena-Nya dan ittiba’ (sesuai tu.ntunan) Rasulullah SAW.
  2. Beribadalah kepada Allah atas dasar takut kepada-Nya.
  3. Sebagaimana yang dikatakan oleh Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah’, dearjat ihsan dibagi menjadi 2 yaitu: Derajat thalab dan derajat harb.
  4. Ilmu tentang hari kiamat, bahwa tidak ada seorangpun yang tau kecuali Allah SWT.
  5. Kiamat akan terjadi, tapi ada tanda-tandanya terlebih dahulu.
  6. Malaikat bisa berjalan dan merubah bentuk menjadi manusia, seperti bunyi hadist di atas “Beliau bersabda, “Sesungguhnya dia Jibril yang datang kepada kalian untuk mengajarkan agama kalian.”
  7. Manusia asalnya tidak bisa melihat Malaikat.
  8. Seorang alim boleh memberikan pertanyaan pada murid-muridnya tentang berbagai hal yang belum dimengerti.
  9. Seorang muslim hendaklah memperlajari ilmu agamanya, tidak cuma mengaku sebagai muslim saja lantas tidak tau ilmu dalam ajaran Islam itu apa saja.

Faedah Yang Bisa kita Dapatkan

kakibu.com

Banyak sekali faedah yang bisa kita ambil dari hadist arbain ke 2 ini, berikut ini adalah faedah yang terkandung dari hadist ini:

  1. Rendah hati.
  2. Malaikat berwujud manusia.
  3. Adab duduk di depan guru.
  4. Tingginya kedudukan Islam.
  5. Lima rukun islam.
  6. Enam rukum iman.
  7. Antara Islam dan iman.
  8. Takdir baik dan takdir buruk.
  9. Pengetahuan mengenai kiamat.
  10. Diberitahukan tanda-tanda kiamat.
  11. Menanyakan ciri bila tidak mengetahui sesuatu.
  12. Jawaban “Allahu wa Rasuluhu A’lam”

Penutup

Semoga bisa bermanfaat penjelasan dari kakibu mengenai hadist arbainke-2, dan semoga ilmu yang kita pelajari bersama ini akan menjadi ilmu yang barokah dan di ridhoi oleh Allah SWT. Amin amin ya robbal alamin.

Mungkin sekian dulu dari kakibu, jika saya selaku penulis memiliki salah kata ataupun pengucapan, saya mohon maaf sebesar-besarnya, karena sesungguhnya kebenaran datangnya dari Allah dan kesalahan datangnya dari syaiton.

Sampai jumpa di Artikel Selanjutnya.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply