29

Hadits Arbain ke 4

Hallo semuanya!! Gimana kabarnya? Sehatkan? Mudah-mudahan sehat selalu ya!! Nah kali ini kakibu akan membagikan sedikit ilmu yang mungkin bisa menambah wawasan dan pengetahuan dari sobat kakibu.

Nah untuk ilmu yang saya maksud kali ini adalah penjelasan hadits arbain ke-4, tapi tidak cuma penjelasannya saja ya yang akan kita bahas kali ini. Namun kita akan membahas beserta pesan dan faedah dari hadits arbain ke 4 ini.

Sedikit bocoran yang akan kakibu berikan kepada kalian bahwa hadits yang satu ini membahas tentang proses penciptaan manusia dan takdir dalam lauhul mahfudz.

Mungkin tidak usah berlama-lama lagi, yuk langsung saja kita menuju ke topik utamanya:

Bunyi dan Arti Hadits Arbain ke 4

bunyi dan arti hadist arbain ke 4

عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بنِ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : حَدَّثَنَا رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم وَهُوَ الصَّادِقُ الْمَصْدُوْقُ : إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ خَلْقُهُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِيْنَ يَوْماً نُطْفَةً، ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ   ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يُرْسَلُ إِلَيْهِ الْمَلَكُ فَيَنْفُخُ فِيْهِ الرُّوْحَ، وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ: بِكَتْبِ رِزْقِهِ وَأَجَلِهِ وَعَمَلِهِ وَشَقِيٌّ      أَوْ سَعِيْدٌ.    فَوَ اللهِ الَّذِي لاَ إِلَهَ غَيْرُهُ إِنَّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُهَا، وَإِنَّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا يَكُوْنُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا إِلاَّ ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ      أَهْلِ  الْجَنَّةِ فَيَدْخُلُهَا [رواه البخاري ومسلم]

Dari Abu Abdurrahman Abdullah bin Mas’ud radiallahuanhu beliau berkata : Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam menyampaikan kepada kami dan beliau adalah orang yang benar dan dibenarkan : Sesungguhnya setiap kalian dikumpulkan penciptaannya di perut ibunya sebagai setetes mani selama empat puluh hari, kemudian berubah menjadi setetes darah selama empat puluh hari, kemudian menjadi segumpal daging selama empat puluh hari.

Kemudian diutus kepadanya seorang malaikat lalu ditiupkan padanya ruh dan dia diperintahkan untuk menetapkan empat perkara : menetapkan rizkinya, ajalnya, amalnya dan kecelakaan atau kebahagiaannya.

Demi Allah yang tidak ada Ilah selain-Nya, sesungguhnya di antara kalian ada yang melakukan perbuatan ahli surga hingga jarak antara dirinya dan surga tinggal sehasta akan tetapi telah ditetapkan baginya ketentuan, dia melakukan perbuatan ahli neraka maka masuklah dia ke dalam neraka.

sesungguhnya di antara kalian ada yang melakukan perbuatan ahli neraka hingga jarak antara dirinya dan neraka tinggal sehasta akan tetapi telah ditetapkan baginya ketentuan, dia melakukan perbuatan ahli surga  maka masuklah dia ke dalam surga. (Riwayat Bukhori dan Muslim).

Pesan Yang Bisa kita Ambil

pesan dari hadits arbain ke 4

Berikut ini adalah beberapa pesan yang dapat kita ambil hikmahnya dari hadits arbain ke-4 ini:

  • Kehidupan ada di tangan Allah. Seseorang tidak akan mati kecuali dia telah menyempurnakan umurnya.
  • Allah ta’ala mengetahui tentang keadaan makhluknya bahkan sebelum mereka diciptakan dan apa yang akan terjadi kepada mereka, termasuk masalah kebahagiaan dan kecelakaan.
  • Amal perbuatanmanusia akan dinilai di akhirnya. Maka hendaklah manusia tidak terlalu santai dengan kondisinya saat ini, justru harus senantiasa mohon kepada Allah agar diberi keteguhan dan akhir yang baik (husnul khotimah).
  • Mustahil bagi manusia di dunia ini untuk memutuskan bahwa dirinya akan masuk surga atau neraka, tetapi amal perbutan merekalah yang akan menuntun mereka untuk masuk surga atau neraka.
  • Sebagian ulama dan orang bijak berkata  bahwa dibentuknya pertumbuhan janin manusia dalam kandungan itu secara berangsur-angsur karena sebagai rasa belas kasih terhadap ibu. Karena sesungguhnya Allah mampu menciptakannya sekaligus.
  • Tenang dalam masalah rizki dan qanaah (menerima) dengan mengambil sebab-sebab serta tidak terlalu mengejar-ngejarnya dan mencurahkan hatinya karenanya.
  • Amal perbuatan dinilai di akhirnya. Maka hendaklah manusia tidak terpedaya dengan kondisinya saat ini, justru harus selalu mohon kepada Allah agar diberi keteguhan dan akhir yang baik (husnul khotimah).

Faedah Yang bisa Kita Dapatkan

faedah hadist arbain ke 4

Berikut ini adalah faedah dari hadits arbain ke-4 yang bisa kalian jadikan pelajaran untuk membantu kehidupan didunia ini:

  • Pembentukan manusia dalam rahim mulai dari nuthfah (setetes mani), ‘alaqah (segumpal darah), mudhgah (segumpal daging) masing-masing selama 40 hari.
  • Manusia mengalami tiga tahapan yaitu nuthfah‘alaqah lalu mudghah selama 120 hari (4 bulan). Lalu ruh ditiupkan setelah 120 hari.
  • Allah benar-benar perhatian pada manusia karena ada malaikat yang bertugas mengurus manusia ketika berada dalam janin. Ketika berada di dunia, ada malaikat yang bertugas mengawasi dan mendoakannya. Ketika akan mati, ada malaikat yang bertugas mencabut nyawanya.
  • Rezeki, ajal, amal, bahagia ataukah sengsara dari setiap manusia sudah diketahui, dicatat, dikehendaki dan ditetapkan oleh Allah.
  • Manusia tidak mengetahui takdir yang ditetapkan untuknya. Sehingga manusia tetap harus ada usaha dan amal, tidak boleh ia hanya sekedar pasrah pada takdir.
  • Bahagia ataukah sengsara tergantung dari amalan akhir seseorang itu seperti apa.
  • Apakah kita bahagia ataukah sengsara kelak di akhirat sudah diketahui dalam takdir.
  • Akhir kehidupan manusia antara syaqo’ (sengsara) ataukah sa’adah (berbahagia).

Penutup

Mungkin cukup sekian dulu ilmu yang dapat kakibu bagi untuk kali ini, dan untuk mendapatkan ilmu-ilmu yang bermanfaat lainnya, tetap pantau website kakibu.com ya.

Semoga Ilmu yang kita bagi kali ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua, baik itu bermanfaat didunia maupun saat kita diakhirat nanti.

Sekian dari kakibu Wassalamualaikum. Wr. Wb

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply