1
256

√Kumpulan Kaligrafi Asmaul Husna Yang Indah dan Kekinian [Lengkap]

Kaligrafi Asmaul Husna– Seperti yang anda lihat dijudul atas, kali ini kakibu akan membahas tentang keindahan dari kaligrafi Asmaul Husna. Tentu saja bagi umat muslim kata asmaul husna sudah sangat familiar ditelinga mereka.

Tapi tidak jarang juga, ada yang belum mengetahui lebih dalam untuk masalah asmaul husna ini. Padahal jika kita bisa mengingat 99 asmaul husna ini, insyaallah Allah akan mempermudah kita dalam semua urusan.

Jadi untuk kali ini, kakibu akan sedikit melenceng dari topik pembahasan, untuk sedikit membahas mengenai pengertian dari asmaul husna ini.

Jadi simak baik-baik ya kawan agar bisa bermanfaat untuk kedepannya.

Pengertian Asmaul Husna

kaligrafi asmaul husna, asmaul husna, dzikir, islami

Nah seperti yang saya katakan di atas, bahwa sebelum kita berjalan lebih jauh untuk mengenal asmaul husna ini, kita harus mengetahui lebih dalam mengenai asmaul husna ini. Untuk itu kalian tenang saja, karena kali ini kakibu akan membahas tuntas mengenai asmaul husna ini.

Nah untuk Asmaul Husna (أسماء الله الحسنى) ini sendiri adalah kumpulan dari nama-nama Allah yang baik dan indah. Al asmaau sendiri memiliki arti nama-nama atau beberapa nama, sedangkan Al husna sendiri memiliki arti baik, dan indah.

Asmaul Husna ini adalah sifat-sifat yang mutlak hanya dimiliki oleh Allah, karena hanya Allah lah maha segala-galanya.

Dalil Mengenai Asmaul Husna

kaligrafi asmaul husna, asmaul husna, dzikir, islami

Nah jika kalian kurang faham akan asmaul husna ini, maka yang pertama-tama pahamilah dalil atau firman Allah yang berkaitan dengan asmaul husna ini.

Berikut Dalil atau firman Allah yang menjelaskan mengenai asmaul husna ini:

Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Dia mempunyai asmaa’ul husna (nama-nama yang baik)” (Q.S. Thaha:8)

 

Katakanlah: “Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaa’ul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam salatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu” (Al-Israa’ 17:110)

Sedangkan untuk hadits tentang jumlah Asmaul Husna ada 99 nama, terdapat di dalam kitab Bulughul Marom yang memiliki status Muttafaqqun Alaih yang sangat sarat akan makna dan faidah di dalamnya.

Seperti yang diriwayatkan oleh sahabat Abu Huroiroh radhiyallahu anhu, Beliau Nabi Muhammad SAW (Shollallahu ‘Alaihi Wa Sallam) pernah berkata:

 أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ « إِنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ اسْمَا مِائَةً إِلاَّ وَاحِدًا مَنْ أَحْصَاهَا دَخَلَ الْجَنَّةَ »

Bahwasanya Rasulullah ` berkata : “Sesungguhnya milik Allah 99 nama, barang siapa yang mengahsho[i] nya maka pasti masuk surga”.[ HR. Bukhory no. 2736, 7392, Muslim no. 6989.]
Maka dari itu mulai sekarang marilah kita memperdalam ilmu kita mengenai Asmaul Husna ini, supaya kita lebih faham akan kekuasaan Allah subhaanahu wa ta’ala.

Keutamaan Menghafal Asmaul Husna

kaligrafi asmaul husna, asmaul husna, dzikir, islami

Sama halnya dengan Bismillah, menyebut Asmaul Husna ini juga termasuk terdalam bentuk dzikir kepada Allah. Dalam islam setiap dzikir atau ucapan yang dianjurkan pasti memiliki keutamaannya tersendiri. Begitu pula dengan Asmaul Husna ini. Jika kita mengetahui 99 Asmaul Husna yang dimiliki Allah, maka kita akan mendapatkan manfaat dan berkah ketika membacanya, serta selalu diberikan perlindungan dan mendapatkan kebaikan.

Jadi mulai sekarang hafalkan atau ingatlah selalu Asmaul Husna ini. Bahkan pada zaman sekarang jangan heran, kalau di sekolah islam pasti diajarkan tentang Asmaul Husna, dan disuruh menghafalkannya. Karena dengan itu kita telah mendidik anak-anak zaman sekarang untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Subhaanahu Wa Ta’ala.

Nah ada pula manfaat-manfaat yang kita dapatkan saat kita mempelajari Asmaul Husna ini, berikut manfaatnya:

  1. Mendorong pribadi untuk selalu berbuat baik kepada orang lain
  2. Hati menjadi lebih tenang
  3. Melatih daya ingat
  4. Memahami sifat-sifat Allah
  5. Memperoleh keberkahaan hidup
  6. Memperoleh keutamaan ilmu pengetahuan
  7. Mendapatkan keberkahan di dunia dan di akhirat
  8. Mendapatkan pahala
  9. Meningkatkan keimanan
  10. Senantiasa mengingat Allah Subhaanahu Wa Ta’ala

Jadi setelah mengetahui manfaat-manfaat Asmaul husna di atas, apakah kalian mulai sekarang mau memperdalam masalah Asmaul Husna ini? Jika iya marilah kita bersama-sama untuk belajar Asmaul Husna ini.

Cara membuat Sketsa Kaligrafi

kaligrafi asmaul husna, asmaul husna, dzikir, islami

Nah sebelum kalian membuat kaligrafi, pastinya kalian harus membuat sketsa dari kaligrafi itu dulukan. Nah untuk itu kalian jangan khawatir, karena dikakibu ini kita akan membahas tuntas masalah sketsa untuk membuat kaligrafi ini juga.

Jelas sekali bahwa seni kaligrafi arab ini adalah salah satu jenis karya seni yang menonjolkan keindahan yang ada pada bentuk -bentuk hurufnya, dan tidak jarang pula hal itu juga sudah dimodifikasi atau digayakan menjadi seni yang memiliki nilai estetika di setiap reliefnya.

Sehingga seni kaligrafi ini terlihat seperti mempunyai keunikan tersendiri dari pada karya seni lainnya.

Untuk itu kita disini akan mempelajari setiap deteil pembuatannya, nah bagi kalian yang sudah tidak sabar lagi untuk membuat kaligrafi, maka langsung saja kita menuju ke pembahasan materi membuat sketsa kaligrafi ini.

Berikut beberapa metode yang bisa kamu gunakan supaya bisa menulis kaligrafi dengan mudah tapi indah:

1. Buat Garis Sketsa dan Penempatan Huruf Secara Umum

Nah jika kalian ingin mudah dalam membuat kaligrafi, maka pertama-tama buatlah garis bayang yang akan menjadi patokan dalam penulisan kaligrafi kalian. Mungkin awalnya hanya sebagai latihan, dan pastinya kalau lama-kelamaan akan menjadi kebiasaan dan secara otomatis garis-garis bayang tadi akan terkonsep kedalam pikiran.

2. Peganglah Alat Tulis Dengan Posisi Yang Paling Nyaman Buat Anda

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, anda juga harus mengetahui posisi yang nyaman untuk tangan anda ketika sedang menulis kaligrafi. Pada saat pertama-tama mungkin masih bingung  dan berganti-ganti posisi saat sedang menulis kaligrafi ini. Tapi pada akhirnya kamu akan menemukan cara menulis yang nyaman buat diri kamu.

3. Membuat Contoh Sketsa Kaligrafi yang Akan Dibuat

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menggambar sketsa, kamu harus mempunyai contoh dari setiap huruf-huruf yang akan kalian tulis. Hal-hal semacam ini akan mengurangi dampak kesalahan dalam penulisan kamu.

Dalam menulis atau menggambar kaligrafi ini, pastikan bahwa anda jangan terlalu lambat dalam mengayunkan kuas, karena hal itu akan membuat banyak tinta yang keluar dan membuat kertas menjadi becek.

Sebelum kamu memeriksa hasil kaligrafi kamu, pastikan bahwa tinta yang kamu pakai untuk membuat kaligrafi itu sudah kering. Dan usahakan agar tumit dari tangan tidak menyentuh kertas karena bisa menyebabkan tulisan menjadi tercoreng dan akan rusak.

4. Gunakan Tekanan Untuk Mengendalikan Lebar Garis

Dalam seni kaligrafi, panjang dan tebal tulisan kaligrafi harus sesuai dengan kaidahnya dan jangan sampai sembarangan dalam membuat kaligrafi.

Lalu bagaimana cara agar kita bisa mengendalikan lebar dan garis kaligrafi dengan menggunakan tekanan? Caranya yaitu dengan mengendalikan sudut alat tulis dengan metode tekanan untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Mata pena yang berbeda akan sangat membantu sekali dalam membuat ketebalan garis yang berbeda.

5. Gunakan Urutan Gerakan Yang Benar

Didalam masalah gerakan ini juga mempunyai kaidah yang harus kalian ikuti, yaitu dalam setiap huruf memiliki gerakan tersendiri dalam penulisannya, dan pada dasarnya hampir semuanya berbeda.

Jika kita membuat kaligrafi itu dengan asal-asalan, maka akan sangat berpengaruh dengan karya seni yang kamu buat nantinya. Dan jika kamu ingin meminimalisir kesalahan dalam pembuatannya, maka lihatlah kembali buku contoh kaligrafi.

6. Sering-Sering Melatih Tulisan

Bagaimana cara agar tulisan kita menjadi bagus? Caranya sangatlah mudah, berlatihlah secara rutin dan teratur. Maka dari kerja keras yang kamu lakukan itulah, kamu akan menghasilkan sebuah maha karya kaligrafi yang sangat mengagumkan.

Dengan cara istiqomah ini juga bisa dijadikan cara belajar efektif supaya mudah dan cepat dalam menguasai penulisan dalam membuat kaligrafi ini.

7. Jiplak Karya Orang Lain

Bila masih pemula, tidak disalahkan juga untuk menjiplak karya orang lain. Karena dengan cara itu juga kamu bisa menguasai dan memperdalam penulisan dalam membuat kaligrafi dengan benar.

Jika sudah ahli, maka siapkanlah karyamu untuk orang-orang yang pernah seperti dirimu.

8. Gunakan Kertas Yang Tebal dan Terbaik Untuk Menampung Maha Karyamu

Untuk menembah nilai kebagusan dalan kaligrafi kamu, maka pakailah kertas yang tebal dan terbaik menurut kamu. Supaya jika kamu selesai membuat kaligrafi itu, maka kaligrafi itu akan menjadi karya kamu yang luar biasa.

Kaligrafi Asmaul Husna Yang Mudah Tapi Indah

 

kaligrafi asmaul husna, asmaul husna, dzikir, islami

Nah setelah semua penjelasan di atas saya kira kalin sudah mengerti betul yang mengenai kaligrafi Asmaul Husna ini. Nah ini nih tahap terakhir dari mempelajari ASmaul Husna ini, yaitu mengetahui huruf atau gambar dari Asmaul Husna ini melalui kaligrafi.

Berikut contoh-contoh kaligrafinya:

Ar – Rahmaan الرحمن (Maha Pemurah)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Ar – Rahiim الرحيم (Maha Penyayang)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Malik الملك (Maharaja) 

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Qudduus القدوس (Maha Suci)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

As – Salaam السلام (Maha Sejahtera, Yang Memberikan Kesejahteraan) 

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Mu’min المؤمن (Maha Mengaruniakan Keamanan) 

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

 Al – Muhaimin المهيمن (Maha Memelihara, Yang Maha Melindungi)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – ‘Aziiz العزيز (Maha Perkasa)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Jabbaar الجبار (Yang Maha Berkuasa, Maha Memaksa)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Mutakabbir المتكبر (Maha Megah, Yang Mempunyai Keagungan dan Kesombongan)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

 Al – Khaaliq الخالق (Maha Pencipta)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

 Al – Baari’ البارئ (Maha Mengadakan, Yang Merencanakan Segala Sesuatu) 

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

 Al – Mushawwir المصور (Maha Pembentuk)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Ghaffaar الغفار (Maha Pengampun)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Qahhaar القهار (Maha Mengalahkan)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Wahhaab الوهاب (Maha Pemberi)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Ar – Razzaaq الرزاق (Maha Pemberi Rezeki)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Fattaah الفتاح (Maha Pembuka, Yang Menghilangkan Kesulitan dan Pemberi Keputusan)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

 Al – ‘Aliim العليم(Maha Mengetahui) 

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Qaabidh القابض (Maha Menyempitkan)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Baasith الباسط (Maha Melapangkan) 

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Khaafidh الخافض (Maha Merendahkan, Yang Menghinakan Seseorang)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Ar – Raafi` الرافع (Maha Meninggikan Derajat Seseorang) 

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Mu`izzu المعز (Maha Memuliakan, Yang Memberikan Kemuliaan)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

 Al – Mudzillu المذل (Maha Menghinakan) – Asmaul Husna

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

 Al – Samii’ السميع (Maha Mendengar)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Bashiir البصير (Maha Melihat, Yang Maha Melihat Segala Sesuatu)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

 Al – Hakam الحكم (Maha Menetapkan Segala Hukum)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – ‘Adl العدل (Maha Adil)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

 Al – Lathiif اللطيف (Maha Halus, Maha Lembut, Maha Mengasihi)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Khabiir الكبير (Maha Mengetahui)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Haliim الحليم (Maha Penyantun)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – ‘Azhiim العظيم (Maha Agung)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

 Al – Ghafuur الغفور (Maha Pengampun, Maha Mengampuni)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Asy – Syakuur الشكور (Maha Mensyukuri)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – ‘Aliiyy العلى (Maha Tinggi) 

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

 Al – Kabiir الكبير (Maha Besar) 

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

 Al – Hafiizh الحفيظ (Maha Pelestari, Maha Memelihara, Maha Melindungi)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Muqiit المقيت (Maha Pemelihara, Maha Memberi Rezeki dan Kekuatan)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

 Al – Hasiib الحسيب (Maha Penghitung)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Jaliil الجليل (Maha Agung, Maha Tinggi dan Mulia) 

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

 Al – Kariim الكريم (Maha Dermawan, Maha Pemurah) 

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Ar – Raqiib الرقيب (Maha Mengawasi, Maha Mengamati) 

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Mujiib المجيب (Maha Mengabulkan)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Waasi` الواسع (Maha Luas) 

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

 Al – Hakiim الحكيم (Maha Bijaksana)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Waduud الودود (Maha Pecinta)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Majiid المجيد (Maha Mulia)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Baa’its الباعث (Maha Membangkitkan)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Asy – Syahiid الشهيد (Maha Menyaksikan

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Haqq الحق (Maha Benar)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Wakiil الوكيل (Maha Memelihara, Maha Mencukupi)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Qawiyy القوى (Maha Kuat) 

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Matiin المتين (Maha Kukuh, Maha Sempurna Kekuatannya) 

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

 Al – Waliyy الولى (Maha Melindungi, Maha Menolong dan Mengendalikan)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Hamiid الحميد (Maha Terpuji)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Muhshiy المحصى (Maha Pencatat, Maha Memperhitungkan Setiap Amalan)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Mubdi’u المبدئ (Maha Memulai Segala Sesuatu) 

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Mu`iid المعيد (Maha Mengulangi Kejadian)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Muhyii المحيى (Maha Memberi Kehidupan)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Mumiit المميت (Maha Mematikan Makhluk-Nya)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Hayy الحي (Maha Hidup)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

 Al – Qayyuum القيوم (Maha Mandiri)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Waajid الواجد (Maha Kaya)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

 Al – Maajid الماجد (Maha Mulia, Maha Agung dan Tinggi)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Waahid الواحد (Maha Esa)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Ahad الاحد (Maha Satu) 

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Ash – Shamad الصمد (Maha Dibutuhkan) 

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Qaadir القادر (Maha Kuasa)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Muqtadir المقتدر (Maha Menentukan)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Muqaddim المقدم(Maha Mendahulukan) 

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Mu’akhkhir المؤخر ( Maha Mengakhirkan)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Awwal الأول (Maha Awal, Yang Tidak Berpermulaan)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Aakhir الأخر (Maha Akhir)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Azh – Zhaahir الظاهر (Maha Nyata)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Baathin الباطن (Maha Tersembunyi)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Waaliy الوالي (Maha Memerintah, Yang Menguasai Segala Urusan)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Muta`aaliy المتعالي (Maha Tinggi)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

 Al – Barr البر (Maha Baik, Maha Kebajikan)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

 At – Tawwaab التواب (Maha Penerima Taubat) 

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Muntaqim المنتقم (Maha Pembalas) 

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – `Afuww العفو (Maha Pemaaf, Maha Mengampuni)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Ar – Ra’uuf الرؤوف (Maha Pengasih) 

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Maalikul – Mulk مالك الملك (Maha Menguasai Kerajaan)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Dzul – Jalaali Wal – Ikraam ذو الجلال و الإكرام (Maha Memiliki Kebesaran dan Kemulian)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Muqsith المقسط (Maha Mengadili)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Jaami` الجامع (Maha Mengumpulkan)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Ghaniiyy الغنى (Maha Kaya)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

 Al – Mughniiy المغنى (Maha Pemberi Kekayaan)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Maani` المانع (Maha Mencegah, Maha Menolak)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Dhaarr الضار (Maha Pemberi Bahaya) 

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

An – Naafi` النافع (Maha Pemberi Manfaat)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

An – Nuur النور ( Maha Bercahaya) 

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Haadii الهادئ (Maha Pemberi Petunjuk) 

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Badii` Baadii (Maha Pencipta Yang Baru)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Baaqiiy الباقي (Maha Kekal)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Al – Waarist الوارث (Maha Mewarisi)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

Ar – Rasyiid الرشيد (Maha Pandai)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

 Ash – Shabuur الصبور (Maha Penyabar)

kaligrafi, kaligrafi samaul husna, asmaul husna, nama Allah

 

Nah mungkin cukup dulu yah pembahasan mengenai Asmaul Husna beserta kaligrafinya ini. Semoga dapat bermanfaat dan dapat dijadikan pelajaran untuk kedepannya.

Ambil yang kalian anggap positif dan buang yang kalian anggap negatif. Enjoy every process in tha life.

 

Salam Berilmu🤗

 

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply