1
258

√Kumpulan Kaligrafi Ayat Kursi Yang Indah dan Menawan [Terlengkap]

Kaligrafi Ayat Kursi– Bagi umat muslim, kalimat ayat kursi ini pastinya sudah sangat familiar ditelinga mereka. Maka dari itu kali ini kakibu akan membahas mengenai kaligrafi dari ayat kursi ini.

Nah sebelum kita memasuki topik utama kita, apakah kalian sudah mengerti secara garis besarnya pengertian ayat kursi ini? Jika belum mungkin kita akan sedikit membahas mengenai ayat kursi ini dulu ya. Agar saat kita membahas masalah kaligrafinya, kita bisa menikmati keindahan dari kaligrafi itu.

Jadi mungkin untuk kali ini kita agak melenceng dari topik kita, untuk sedikit membahas mengenai pengertian dari asmaul husna ini.

Skuy kita bahas mengenai pengertian dan kaligrafi ayat kursi ini.

Pengertian Ayat Kursi

Nah apakah kalian tau apasih arti ayat kursi itu? Ayat Kursi adalah ayat ke-225 dari surah Al-baqarah, yang isinya menjelaskan tentang keesaan Allah serta kekuasaan Allah yang mutlak atas segala sesuatu dan menyatakan bahwa Allah tidak mengalami kesulitan apapun dalam memeliharanya.

Ada sebuah kisah yang diriwayatkan oleh Ubay bin Ka’b radhiallahu ‘anhu, bahwa ada sebuah jin yang mengatakan:

مَنْ قَالَهَا حِينَ يُمْسِي أُجِيرَ مِنَّا حَتَّى يُصْبِحَ ، وَمَنْ قَالَهَا حِينَ يُصْبِحُ أُجِيرَ مِنَّا حَتَّى يُمْسِيَ

“Barangsiapa membacanya ketika sore, ia akan dilindungi dari kami sampai pagi. Barangsiapa membacanya ketika pagi, ia akan dilindungi sampai          sore.” (HR. ath-Thabrani no. 541, dan al-Albani mengatakan bahwa sanadnya bagus)

Dan dalam hadits lain, Nabi shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ

“Barangsiapa membaca ayat kursi setelah setiap shalat wajib, tidak ada yang menghalanginya dari masuk surga selain kematian.” (HR. ath-Thabrani no. 7532, dihukumi shahih oleh al-Albani)

Sejarah Ayat Kursi

Pada saat ayat kursi mau diturunkan oleh Allah ke bumi, dengan perantara malaikat jibril yang disertai oleh 70 ribu malaikat yang akan diberikan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam.

Langit dan bumibeserta seluruh alam semesta dan seisinya menyambutnya dengan penuh kehormatan. Ada pula riwayat peristiwa ketika ayat kursi diturunkan keadaan bumi menjadi gempar dan terjadilah gempa diseluruh dunia.

Terjadi kegemparan dan kegaduhan dimana-mana. Bukan hanya manusia yang mengalami kegemparan itu, bahkan syaiton juga ikut merasakan kegemparan itu dan kocar-kacir berlarian, sampai-sampai mendatangi iblis laknatullah yang juga sedang ketakutan.

Pada akhirnya raja iblis memerintahkan para syaiton untuk mencari sumber datangnya gempa bumi atau gemuruh itu.

Saat sampai di lokasi tempat turunnya ayat kursi yang ternyata diberikan langsung oleh malaikat jibril dengan disertai 70 ribu malaikat lainnya kepada Nabi Muhammad, hal itu membuat para syaiton gentar ketakutan.

Dengan turunnya ayat kursi ini, akan membuat kaum muslim mendapatkan manfaat dan perlindungan yang kuat dari Allah. Hal semacam ini juga akan menghalangi niat para syaiton-syaiton untuk menggoda atau mengajak manusia kedalam hidup yang sesat dan penuh dengan kegelapan.

Karena itu juga, dari dulu sampai sekarang ayat kursi dipercaya sebagai penangkal dan pengusir syaiton. Ayat kursi juga bisa menjadi penolong umat islam yang mau membaca dan mengamalkannya.

Keutamaan Ayat Kursi

Ada juga keutamaan ayat kursi yang harus kamu ketahui dan kamu pahami, agar bisa lebih mengetahui lebih dalam masalah ayat kursi ini.

Berikut Keutamaan dari Ayat kursi tersebut:

1. Ayat kursi sebagai ayat yang paling agung di dalam Al-quran

Seperti dalam riwayat rasulullah SAW yang bertanya kepada Ubay bin Ka’b radhiallah ‘anhu tentang ayat yang paling utama dalam Al-quran.

Rasulullah bertanya kepada Ubay bin Ka’b “Ayat apa yang paling utama di dalam Al-quran?”

Ubay bin Ka’b menjawab,”Ayat yang paling utama dalam kitabullah adalah ayat kursi.”

Dan Rasulullah SAW menepuk dada Ubay dengan pelan sambil berkata, “Wahai Abu Mundzir semoga engkau selalu bahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” ( HR Muslim).

Dalam ayat kursi ini sendiri terdapat nama Allah yang paling agung yaitu pada bait Al Hayyu dan Al Qayyum. Sehingga menjadikan ayat kursi ini sebagai ayat yang paling agung di dalam Al-quran.

2. Ayat kursi memiliki keagungan yang melebihi langit dan bumi

Rasulullah Shalallallahu ‘alaihi Wa Sallam pernah bersabda:

“ Tidakkah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya ayat kursi, (karena di dalam ayat kursi tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah).”

Dan Sufyan Ats-sauri berkata bahwa ayat kursi ini adalah salah satu kalamullah atau ucapan dari Allah. Tapi kalamullah yang satu ini lebih agung dari pada ciptaan Allah lainnya.

3. Ayat kursi merupakan salah satu bacaan dzikir sebelum tidur

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam pernah bersabda:

“Jika engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), maka bacalah ayat kursi. Niscaya Allah akan selalu menjagamu dan setan pun tidak akan mengganggu tidurmu hingga pagi tiba.” (HR Al-Bukhari).

Dari sabda Rasulullah di atas, menerangkan bahwa dengan membaca ayat kursi sebelum tidur kita akan dijaga dan dilindungi dari gangguan syaiton selama kita tidur. Karena itu bacalah ayat kursi sebagai dzikir yang rutin ketika kamu akan tidur.

4. Ayat kursi adalah perantara masuk surga

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam pernah bersabda:

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ

“Barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah selesai shalat, maka tidak akan ada yang menghalanginya masuk ke surga kecuali kematian.” (HR An-Nasai dinilai shahih oleh Syaikh Al-Abani).

Dari sabda rasulullah di atas, bahwa ayat kursi ini merupakan perantara yang bisa membawa kita masuk ke surganya Allah. Maka dari itu selama kita masih hidup dan masih diberikan Allah kesehatan, perbanyaklah membaca ayat  kursi setelah shalat, maka pada saat itu kamu akan selalu mendapatkan kemuliaan untuk masuk kedalam surganya Allah.

Manfaat Ayat Kursi

Nah manfaat ayat kursi ini juga tidak terlalu berbeda dengan manfaat menghafal Asmaul Husna, ayat kursi juga mempunyai manfaat yang berguna untuk kehidupan kita selama di dunia maupun di akhirat.

Berikut Manfaat ayat kursi tersebut:

  1. Membuat otak lebih mudah paham
  2. Dilindungi dari godaan syaiton
  3. Dilindungi oleh Allah
  4. Diperbanyak rezekinya
  5. Dijauhkan dari segala kejahatan
  6. Mendapat kasih sayang dari Allah

Maka dari itu marilah kita mengamalkan ayat kursi di dalam kehidupan sehari-hari agar kita mendapar berkah dan manfaatnya saat di dunia maupun di akhirat.

Bacaan Ayat Kursi

Nah bagi kalian yang belum tau mengenai bacaan dari ayat kursi itu gimana, berikut ini adalah bacaan dari ayat kursi, baik arab maupun latin:

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Dalam latinnya:

“Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.”

Nah setelah mengetahui bacaan dari ayat kursi ini, apakah kalian sudah mau mengamalkan ayat kursi ini di dalam kehidupan kalian? Saya berharap sudah siap ya, karena seperti yang kalian lihat di atas bahwa keutamaan dan manfaat ayat kursi ini sangat berguna untuk kehidupan di dunia maupun akhirat.

Kaligrafi Ayat Kursi

Nah setelah semua pembahasan-pembahasan di atas, saya kira sekarang anda sudah mulai mengerti mengenai pengertian dan keutamaan kaligrafi ini ya. Untuk tahap akhir pembelajaran kita kali ini, saya akan memberikan beberapa contoh kaligrafi ayat kursi. Untuk lebih memperdalam kita dalam mempelajari ayat kursi ini.

Berikut contoh-contoh kaligrafinya:

Kaligrafi Ayat Kursi Minimalis

Untuk yang pertama adalah kaligrafi minimalis, bagi kalian yang suka akan keindahan kaligrafi minimalis ini kalian bisa menikmati keindahannya di sini.

Berikut contoh kaligrafinya:

kaligrafi, kaligrafi ayat kursi minimalis, minimalis, kaligrafi ayat kursi

m.blanja.com

 

kaligrafi, kaligrafi ayat kursi minimalis, minimalis, kaligrafi ayat kursi

nagafurniturejepara.com

 

kaligrafi, kaligrafi ayat kursi minimalis, minimalis, kaligrafi ayat kursi

ceramahterbaru.net

 

kaligrafi, kaligrafi ayat kursi minimalis, minimalis, kaligrafi ayat kursi

m.blanja.com

 

kaligrafi, kaligrafi ayat kursi minimalis, minimalis, kaligrafi ayat kursi

cariharga.gaptekupdate.info

Kaligrafi Ayat Kursi HD

Untuk yang ke-dua adalah kaligrafi dengan grafik HD yang bisa memanjakan mata kamu saat melihatnya. Jadi jika kalian keppo kalian bisa melihat contoh-contoh kaligarfi ayat kursi HD di bawah ini.

Berikut contoh kaligrafinya:

kaligrafi, kaligrafi ayat kursi minimalis, minimalis, kaligrafi ayat kursi

id.pinterest.com

 

kaligrafi, kaligrafi ayat kursi minimalis, minimalis, kaligrafi ayat kursi

ceramahterbaru.net

 

kaligrafi, kaligrafi ayat kursi minimalis, minimalis, kaligrafi ayat kursi

id.pinterest.com

 

kaligrafi, kaligrafi ayat kursi minimalis, minimalis, kaligrafi ayat kursi

ceramahterbaru.net

 

kaligrafi, kaligrafi ayat kursi minimalis, minimalis, kaligrafi ayat kursi

ceramahterbaru.net

Kaligrafi Ayat Kursi Hitam Putih

Untuk yang ke-tiga adalah kaligrafi hitam putih yang elegan dan sangat memiliki nilai estetika yang tinggi. untuk itu kalian bisa menikmati ke eleganannya di bawah ini.

Berikut contoh kaligrafinya:

kaligrafi, kaligrafi ayat kursi minimalis, minimalis, kaligrafi ayat kursi

ceramahterbaru.net

 

kaligrafi, kaligrafi ayat kursi minimalis, minimalis, kaligrafi ayat kursi

ceramahterbaru.net

 

kaligrafi, kaligrafi ayat kursi minimalis, minimalis, kaligrafi ayat kursi

kakibu.com

 

kaligrafi, kaligrafi ayat kursi minimalis, minimalis, kaligrafi ayat kursi

ceramahterbaru.net

 

kaligrafi, kaligrafi ayat kursi minimalis, minimalis, kaligrafi ayat kursi

ceramahterbaru.net

 

Nah mungkin sekian dulu ya pembahasan kali ini, semoga bisa dimanfaatkan dengan baik untuk kedepannya. Dan mudah-mudahan semua yang sudah dibahas di atas bisa diamalkan dikehidupan sehari-hari.

Ambil yang kalian anggap positif dan buang yang kalian anggap negatif. Enjoy every process in this life.

 

 

Salam Berilmu🤗

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply