1
2597

21+ Kata-Kata Bahasa Jawa [Terlengkap]

Hallo sahabat berilmu, apa kabarnya nih? semoga baik-baik saja ya. Nah seperti judul di atas, kali ini kita akan membahas masalah kata-kata bahasa jawa yang unik dan menarik.

Bagi orang jawa kata-kata nasihat jawa sering kali dijadikan pedoman oleh mereka. Karena pada setiap kata-kata Bahasa jawa, terdapat makna kehidupan yang mendalam. Oleh karena itulah orang jawa selalu menjadikan pedoman setiap kata-kata Bahasa jawa yang mereka dapatkan.

Bagi saya sendiri Bahasa jawa ini memiliki karakter bahasa yang unik dan menarik. Nah kenapa kok saya bilang menarik? Itu semua karena dalam Bahasa jawa ada aturan yang membedakan cara bicara pada saat kita dengan teman sebaya ataupun dengan orang yang lebih tua

Apakah kalian tertarik akan bahasa jawa ini? Jika kalian tertarik, simak penjelasan di bawah ini agar kalian bisa mengetahui lebih dalam masalah peribahasa Bahasa jawa dan kata-kata nya.

Skuy langsung saja yukk kita membahas masalah kata-kata Bahasa jawa ini.

Kata-Kata Bijak Bahasa Jawa Kuno

Nah berikut merupakan contoh-contoh dari kata-kata bijak berbahasa jawa yang bisa kamu jadikan pedoman untuk kehidupanmu


Ojo dadi kacang kang lali karo uripe

Artinya: Janganlah menjadi orang yang lupa akan jasa orang lain

Jika kamu membunyai hutang budi kepada orang lain, maka janganlah sekali-kali kamu melupakan jasa orang itu yang telah membantu kamu. Karena kamu tidak akan tau bagaimana cara dia membantumu disaat itu.

 

Ojo gumunan, ojo getunan, ojo kagetan, lan ojo aleman

Artinya: Jangan mudah terheran-heran, jangan mudah menyesal, jangan mudah terkejut, dan jangan menjadi manja

Kalau jadi orang tuh jangan mudah untuk menjadi terheran-heran, mudah menyesal, mudah terkejut, dan jangan menyusahkan orang lain.

 

Alon-alon waton kelakon

Artinya: Pelan-pelan asalkan terlaksana

Jadi kalau melakukan sesuatu tuh suntuy aja, tidak usah terburu-buru. Belum tentu juga kan kalau kita terburu-buru mendapatkan hasil yang bagus juga.

 

Ojo keminter mundak keblinger, lan ojo cidro mundak ciloko

Artinya: Jangan merasa paling pandai agar tidak salah arah, jangan suka berbuat curang agar tidak celaka

Intinya semua itu akan berbalik kepada kita, bila kita sombong maka arah yang salahlah yang kita dapat, apabila berbuat curang maka celakalah yang datang kembali ke kita

 

Dudu sanak, dudu kadang, yen mati melu kelangan

Artinya: Bukan keluarga, bukan saudara, jika ada yang meninggal ikut merasakan kehilangan

Walaupun kita bukan saudara atau keluarganya, tetap saja kita harus berduka cita atas meninggalnya seseorang karena itu juga saudara se-iman kita

 

Sekti tanpo aji-aji, sugih tanpo bondho

Artinya: Berwibawa tanpa mengandalkan kekuasaan, kekuatan, kekayaan ataupun keturunan, Kaya tanpa didasari dengan modal

Jadilah wibawa tanpa mengandalkan kekuasaan, kekuatan ataupun kekayaan, dengan itulah kamu akan merasakan yang namnya kaya tanpa menggunakan modal

 

Ojo dadi wong kang adigang, adigung, adiguna

Artinya: Jangan menjadi orang yang kuat, jangan menjadi orang yang agung, dan jangan menjadi orang yang paling penting

Janganlah pernah kamu menjadi orang yang adigang, adigung, lan adiguna, Kenapa? Karena jika kamu menjadi orang yang adigang, adigung, adiguna, pada saat itulah kamu akan merasakan kesendirian yang mendalam

 

Kata-Kata Nasehat Jawa Bijak

Witing tresna jalaran saka kulina, witing mulya jalaran wani rekasa

Artinya: Cinta itu tumbuh karena kebiasaan, kemakmuran timbul karena berani berusaha dahulu

Jadi gunakan 1D 2T : Dipaksa, Terpaksa, Terbiasa, maka dari situlah akan timbul cinta saat kamu melakukan sesuatu, dan kemakmuran tidak akan datang ke kamu jika kamu sendiri tidak mau berusaha untuk mendapatkannya

Sing wis lungo lalekno, seng durung teko entenono, sing wis ono yo syukurono

Artinya: Yang sudah pergi lupakan, yang belum datang tunggulah, yang sudah ada syukurilah

Kita tuh harus bisa move on dari masa lalu kita, jika kita tidak bisa bagaimana kita bisa maju? Nah jika yang kamu tunggu belum datang, maka bersabarlah, pasti suatu saat nanti akan ada masanya dia datang, dan syukurilah apa yang ada buat kamu, karena itu mungkin titipan dari Allah yang harus kamu jaga.

 

Ngunduh wohing pakarti

Artinya: Mengambil yang telah diperbuat

Semua perbuatan akan kembali kepada baik atau buruknya perbuatan itu, jadi jika anda melakukan hal baik maka akan berbalik baik pula ke anda, dan jika anda berbuat buruk, maka akan kembali buruk juga ke anda.

 

Memayu hayuning bawono, Ambrasto dhur angkoro

Artinya: Manusia hidup di dunia harus mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan, serta memberantas sifat angkara murka, serakah dan tamak

Berantaslah sifat angkara murka/emosian, serakah dan tamak, serta berusahalah untuk senantiasa menjaga kesehatanmu, kebahagiaan dan kesejahteraanmu.

 

Ajining diri saka lathi, ajining raga saka busana

Artinya: Nilai diri terletak dilisan, nilai fisik terletak dibusana

Jadi jagalah ucapanmu karena itu akan berpengaruh dengan nilai dirimu, dan tutupilah auratmu karena itu akan berpengaruh dengan pandangan orang lain kepadamu

 

Wong menang iku wong sing saget ngasorake priyagane dhewe

Artinya: Orang yang menang adalah orang yang bisa mengendalikan dirinya sendiri

Jadi jika kamu sudah bisa mengendalikan dirimu sendi mulai dari nafsu dan emosi, maka kamu sudah menjadi orang yang menang pada saat itu

 

Becik kethitik ala ketara

Artinya: Kebaikan hanya terlihat sedikit, sedangkan keburukannya terlihat sangat banyak

Terkadang banyak sekali orang yang kebaikannya terlihat sedikit tapi keburukannya terlihat banyak, walaupun begitu kita tidak tau apakah kita lebih baik dari pada dia.

 

Kata-Kata Bijak Jawa Krama Inggil

Pusaka ingkang paling sekti sanes tembak, pedang, lan keris, Nanging pusaka ingkang paling sekti inggih punika dumunung ing jati diri

Artinya: Pusaka yang paling sakti bukanlah tembak, pedang, dan keris, pusaka yang paling sakti letaknya ada di jati diri

Jati diri akan bisa membuat kalian menang dalam setiap pertempuran, kenapa? karena jika di jati diri kalian sudah pasti menang, maka menanglah kalian pada saat itu.

 

Ampun mbedaaken marang lintune

Artinya: Jangan membeda-bedakan antara sesama manusia

Kita ini satu saudara, yaitu sesama cucu nabi adam. Lantas kenapa harus saling membedakan?.

 

Mboten enten wong sing mulyo tanpo urip rekoso

Artinya: Tidak orang yang sukses tanpa melewati hidup yang sesngsara terlebih dahulu

Kalian tau tidak kenapa orang jaman dahulu pada sukses-sukses? Itu karena mereka selalu berusaha untuk menjadi sukses, yang mereka mulai dari kesengsaraan terlebih dahulu.

 

Sepi ing pamrih, rame ing gawe

Artinya: Sedikit meminta imbalan, banyak melakukan pekerjaan

Jadi intinya bekerjalah terlebih dahulu dengan giat, kalau untuk masalah imabaln biar tuhan yang mengatur itu semua.

 

Memayu Hayuning Bawono

Artinya: Manusia hidup di dunia harus mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan

Sebagai manusia wajiblah kita mengusahakan keselamatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan kita sendiri untuk bisa hidup layak dimasa depan.

 

Narimo ing pandum

Artinya: Jagalah selalu kelakuanmu, jangan sombong atas kekuatan, kedudukan ataupun latarbelakang siapa dirimu.

Jadi orang tuh humble aja, jangan merasa paling kuat, dan jangan pernah merasa paling penting. Karena sepeti kata pepatah “di atas langit masih ada langit”.

 

Kata-Kata Bijak Jawa Sopan

Sepiro gedhene sengsara yen tinampa among dadi coba

Artinya: Sebesar apapun masalah yang kita hadapi, jika kita terima dengan lapang dada dan ikhlas maka hanya menjadi cobaan yang ringan

Terimalah semua masalahmu dengan lapang dada, sampai-sampai semua masalah itu hanya masalah kecil buatmu.

 

Sak apik-apik e wong yen awehi pitulung, kanthi cara meneng-meneng

Artinya: Sebaik-baik orang adalah orang yang memberi pertolongan secara sembunyi-sembunyi

Itulah mengapa dalam islam mengatakan, kalau mau bersedekah tangan kiri jangan sampai mengetahuinya. Itu berarti kalau mau melakukan hal-hal baik lakukan karena mengharapkan pahala bukan mengharapkan pujian.

 

Gusti Allah mboten tau sare

Artinya: Allah tidak pernah tidur

Janganlah menyerah dalam hidup, entah kamu dihujat, dibully, dan didiskriminasi. Janganpernah menyerah karena Allah tidak pernah tidur.

 

Ala lan becik iku gegandhengan, Kabeh kuwi saka kersaning Pangeran

Artinya: Jelek dan baik itu berdampingan, semua itu datangnya dari Allah

Jelek dan baik itu selalu berdampingan, dan itu semua datangnya dari Allah, maka syukurilah semua itu maka kamu akan menjadi orang yang lebih baik.

 

Tansah ajeg mesu budi lan raga nganggo cara ngurangi mangan lan turu

Artinya: Kurangilah makan dan tidur yang berlebih agar badan kita sehat optimal dalam aktifitas.

Intinya berhematlah, agar kehidupanmu kedepannya menjadi lebih baik.

 

Kata-Kata Bijak Jawa Tentang Tuhan

Adhang-adhang tetese embun, pasrah peparing marang gusti

Artinya: Setelah berusaha dengan maksimal, kita juga harus pasrah pada tuhan

Intinya kamu boleh berusaha dengan keras, tapi kalau tidak dibantuin dengan doa bukannya itu akan sia-sia saja.

 

Yen sampean tresno mergo rupa, banjur kepiye anggonmu tresna marang gusti kang tanpa rupa?

Artinya: Kalau kamu cinta karena penampilan, lalu bagaimana kamu bisa cinta kepada tuhan yang tanpa rupa?

Jangan mencintai seseorang yang hanya dilihat dari rupa saja, tapi pertimbangkan juga bagaimana akhlaqnya, jika kamu cuma memikirkan penampilannya saja, terus bagaimana dengan tuhan yang tanpa rupa?

 

Gusti paring mergi kangge tiang ingkang purun ting merginipun

Artinya: Tuhan aka memberikan jalan bagi orang yang mau mengikuti jalannya

Tuhan kan memudahkan hambanya, jika sang hamba juga mau mengikuti perintah-perintah tuhannya dan menjauhi larangannya.

 

Gusti Mboten tau sare

Artinya: Tuhan tidak pernah tidur

Janganlah menyerah dalam hidup, entah kamu dihujat, dibully, dan didiskriminasi. Janganpernah menyerah karena Allah tidak pernah tidur.

 

Gusti iku cedhak tanpa senggolan, adoh tanpa wangenan

Artinya:  Tuhan itu dekat meski tubuh kita tidak dapat menyentuhnya dan akal kita dapat menjangkaunya.

Tuhan itu akan selalu berada disamping hambanya, ia tidak akan meninggalkan hambanya dalam masalah, walaupun kita sendiri tidak dapat menyentuhnya dan akal kita tidak dapat menjangkaunya. Tapi yang pasti tuhan akan selalu bersama kita.

 

Kata-Kata Bijak Jawa Tentang Ilmu

Adhang-adhang tetese embun, pasrah peparing marang gusti

Artinya: Setelah berusaha dengan maksimal, kita juga harus pasrah pada tuhan

Intinya kamu boleh berusaha dengan keras, tapi kalau tidak dibantuin dengan doa bukannya itu akan sia-sia saja.

 

Rela lan legawa lahir trusing batin, nanging ora ateges gampil kentekan pengarepan

Artinya: Ikhlas dengan lahir batin bukan berarti kita mudah kehilangan harapan.

Bukan berarti ikhlas itu kita kehilangan harapan, tapi dengan ikhlas tuhan akan menggantikan barang yang hilang itu untuk menjadi lebih baik.

 

Sabar kui lire momot kuat nandhang sakening coba lan pandhadharaning urip

Artinya: Sabar itu merupakan sebuah kemampuan untuk menahan segala godaan dan musibah dalam hidup

Tidak semua orang itu bisa sabar, dan jika ada yang bilang sabar itu ada batasnya, berarti itu bukan sabar tapi menahan emosi.

 

Ambeg utomo, andhap asor

Artinya: Selalu menjadi yang utama tapi selalu rendah hati

Walaupun kamu tuh seorang penjabat, tetaplah menjadi seseorang yang rendah hati, kenapa? Karena itu akan menandakan bahwa kamu pantas untuk dihormati.

 

Kata-Kata Bijak Jawa Lucu

Urip kui akeh cobaan, yen akeh saweran kui duduk urip naliko dangdut

Artinya: Hidup itu banyak cobaan, kalau banyak saweran itu namanya bukan hidup tapi dangdut

Dalam hidup pastinya terdapat banyak cobaan yang menanti, tapi tuhan tidak akan memberikan cobaan kepada hambanya melampaui batas kemampuannya. Apabila hidup tidak ada coba an, bukan hidup itu namanya, tapi dangdutan.

 

Kuat yo lakonono, lek ra kuat yo ngopi o

Artinya: kalau kuat yang hadapi, kalau tidak kuat ya minum kopi

Kalau kamu rasa kuat ya hadapilah, tapi kalau kamu udah tidak merasa kuat ya tinggal kan masih ada kopi yang menunggumu.

 

Aku duduk tisu seng bar digawe terus diguwak ngunu ae

Artinya: Aku bukan tisu yang habis kamu pakai terus dibuang begitu saja

Aku tuh orang bukan tisu yang habis dipakek lalu dibuang seenaknya.

 

Dadi wong kui ojo koyok setrika, disetrum titik ae uwis panas

Artinya: Jadi orang jangan kayak setrika, dikasih listrik sedikit aja udah panas

Jadi orang jangan mudah emosian, dikasih hujatan atau ledekan kecil ada langsung emosi.

 

Kata-Kata Bijak Jawa Kocak

Sifatmu kui koyok sepeda motor, yen jarene ora ninja ora cinta

Artinya: Sifatmu itu kayak sepeda motor, kalau katanya tidak ninja tidak cinta

Intinya jangan mendang orang dari kekayaannya, karena kita belum tau itu kekayaan dari hasil dia atau kekayaan dari hasil orang tuanya.

 

Anggepmu aku kui mung sekedar sandal jepit seng iso di idak-idak

Artinya: bagimu aku cuma sekedar sandal jepit yang cuma bisa diinjak-injak

Jangan meremehkan seseorang karena belum tentu juga diri kita itu baik.

 

Aku tresno kowe, tapi kowene tresno wong liyo

Artinya: Aku cinta kamu, tapi kamunya sendiri cinta sama orang lain

Heheheh ini nih yang cocok buat kamu yang habis diselingkuhin.

 

Kata-Kata Bijak Jawa Menghibur

Ngapusi kui hakmu, kewajibanku mek etok-etok ora ngerti yen mok apusi

Artinya: Bohong itu hakmu, kewajibanku cuma pura-pura tidak mengerti kalau aku kamu bohongin

bohong itu hakmu, disini aku cuma bisa berpura-pura tidak tau kalau aku kamu bohongin, tapi maksudku cuma satu, yaitu membuat kamu bahagia.

 

Aku ra onok kowe koyok pari tapi ra ono pestisida, ora iso kembangbiak

Artinya: Aku tanpa kamu seperti padi tidak ada pestisida, yaitu tidak bisa berkembangbiak

Heheheh ini nih kalau sering ditinggal suami keluar kota jadi kayak gini.

 

Kowe mek ngerti wedok, berarti dolanmu kurang adoh le

Artinya: Kamu cuma tau perempuan, berarti mainmu kurang jauh

Maksudnya itu, kamu cuma mentingin perempuan, berarti main bersama teman-temanmu kurang jauh

 

Kata-Kata Bijak Jawa Plesetan

Ajining diri gumantong ono ing ngimpi (Harga diri seseorang dapat dilihat dari cara dia bermimpi)

Peribahasa yang asli: Ajining diri dumunung ana ing lathi (Harga diri seseorang dapat dilihat dari cara dia berbicara

 

Alon-alon waton sedhep (pelan-pelan asal enak)

Peribahasa yang asli: Alon-alon waton kelakon (pelan-pelan asal selesai)

 

Jaman iku owah wong wedhok (jaman itu serba perempuan)

Peribahasa yang asli: Jaman iku owang gingsir (jaman itu serba berubah)

 

Kegeden empyak kurang wedhokan (banyak pengeluaran kurang perempuan)

Peribasa yang asli: Kegeden empyak kurang cagak (banyak pengeluaran kurang penghasilan)

 

Kata-Kata Bijak Jawa Tentang Kehidupan

Memayu hayuning pribadi, memayu hayuning kulawarga, memayu hayuning sesama, memayu hayuning bawana

Artinya:  Bersikap baik untuk diri sendiri, keluarga, dan semua sesama makhluk hidup.

Berikap baiklah kepada semua orang tanpa kecuali, mulai dari keluarga, saudara, orang lain, dan bahkan untuk diri sendiri juga. jadi bersikap baik itu wajib untuk kamu punyai.

 

Sepiro gedhine sengsara yen tinampa among dadi coba

Artinya:  Seberapapun masalah yang besar jika diterima dengan lapang dada dan ikhlas maka hanya menjadi cobaan yang ringan.

Terimalah semua masalahmu dengan lapang dada, sampai-sampai semua masalah itu hanya masalah kecil buatmu.

 

Mohon, mangesthi, mangastuti, marem

Artinya: Selalu meminta petunjuk Tuhan untuk meyelaraskan antara ucapan dan perbuatan agar dapat berguna bagi sesama.

Selalulah meminta petunjuk kepada tuhan, dan selaraskanlah antara perkataan dan perbuatan , agar dapat senantiasa berguna untuk diri kita dan orang lain.

 

Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning Hyang sukmo

Artinya: Lakukan yang kita bisa, setelahnya serahkan kepada tuhan

Lakukanlah yang kita bisa, setelah itu perbanyaknya berdoa, agar yang kau lakukan itu tidak akan terbuang sia-sia

 

Narimo ing pandum

Artinya: Jagalah selalu kelakuanmu, jangan sombong atas kekuatan, kedudukan ataupun latarbelakang siapa dirimu.

Jadi orang tuh humble aja, jangan merasa paling kuat, dan jangan pernah merasa paling penting. Karena sepeti kata pepatah “di atas langit masih ada langit”.

 

mungkin cukup demikian artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat dan dapat dijadikan pedoman setiap kata-katanya.

Ambil yang kalian anggap positif, dan buanglah yang kalian anggap negatif. Enjoy every process in the life

Show Comments

Leave a Reply