1
25845

√Kumpulan Kata-Kata Bijak Madura

Hallo sahabat kakibu, apa kabarnya nih? Semoga sehat-sehat aja ya. Nah seperti yang kalian lihat di atas, kali ini kakibu akan membahas masalah kata-kata bijak bahasa sunda yang unik dan menarik ini.

Seperti halnya kata-kata bijak bahasa sunda, kata-kata bijak bahasa madura ini juga banyak dijadikan pedoman untuk orang madura. Karena di dalam kata-kata bijaknya ini terkandung makna yang mendalam yang dapat dijadikan pedoman hidup.

Bagi saya sendiri Madura itu unik, kenapa tidak hanya bahasanya yang khas, melainkan adat istiadatnya juga sangat khas dan sudah banyak dikenal orang banyak.

Jadi apakah anda tertarik mengenai kata-kata bahasa sunda ini? Jika anda tertarik, anda bisa menyimak kumpulan kata-kata bijak bahasa madura itu di bawah ini.

Kata-Kata Bijak Bahasa Madura

Mun be’en tak bisa ajellasagi settong hal scara sederhana, artenah be’en gik tak cokop paham

Artinya: Jika kamu tidak dapat menjelaskan suatu hal dengan sederhana, itu artinya kamu belum cukup paham

 

Lebbi begus gagal ben Bengal nyobak ebendingagi tak tao gagal polanah tak perna nyobak.

Artinya: Lebih baik gagal tapi berani mencoba dari pada tidak pernah gagal dan tidak pernah mencoba

 

Hamper kabbi oreng pernah nanggung kamalangan, tape mun be’en terro deddieh karakter sasaoreng, maka berrik oreng jie kekoasaan

Artinya: Hampir seluruh orang mampu menanggung kemalangan, akan tetapi jika anda ingin merasakan karakter seseorang, maka serahkan kekuasaan itu pada orang tersebut

 

Sengkok kodhu andik arteh gebhei engkok kadek sebeluna engkok deddi oreng se andik reggeh ka orang laen

Artinya: Kita harus berarti untuk diri kita sendiri dulu sebelum kita menjadi orang yang berharga bagi orang lain.

 

Oreng se koat atenah, benni oreng se tak perna nangis. Tapeh oreng se paggun koat walau bennyak oreng se nyake’en

Artinya: Orang yang kuat hatinya, Bukan mereka yang tak pernah menangis, Melainkan ia yang tetap tegar ketika banyak orang menyakitinya.

 

Engak apa’ah beih rajenah masalah se be’en adebbih satiyah, namung parcajeh bahwa kabbi jiyeh tak kerah ngelebbi’ih bêtes kamampo’nah be’en

Artinya: Seberat apapun beban masalah yang kamu hadapi saat ini, Percayalah bahwa semua itu tak pernah melebihi batas kemampuanmu.

 

Reggheih oreng se bejik ka be’en. Karna saongghuna oreng jiyeh oreng senneng ka be’en se la matade’ bektonah coman untuk nyare salanah be’en.

Artinya: Hargai orang yang membecimu, Karena ia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk mencari setiap kesalahanmu.

 

Engkok jed oreng se alangkah lambat, tape ngkok tak kerah ajelen mundur kabudih

Artinya: Saya memang sesorang yang melangkahnya lambat, tetapi saya tidak akan pernah berjalan mundur ke belakang

 

Engkok lebbi begus gagal delem settong tojjuen se akhirra bekas hasel, ebending pas hasel delem settong tojjuen se akhirra gagal

Artinya: Saya lebih baik gagal dalam suatu tujuan namun pada akhirnya akan berhasil, dari pada berhasil dalam suatu tujuan yang ujung-ujungnya gagal

 

Be’en tak kerah bisa abangun sebuah karakter bik kabengalan oreng kalaben arampas inisiatif bik kabebasannah

Artinya: Anda tidak akan bisa membangun suatu karakter dan keberanian seseorang dengan merampas inisiatif dan kebebasannya

 

Kata-Kata Bijak Bahasa Sunda Singkat

Focus beih klaben hasil se bekal e kaolle, rassa sakek satiyah benni pa apah

Artinya: Jika fokus dengan hasil yang akan didapat, maka sakit yang sekarang bukan lawan

 

Bedeh cara sopajeh nglakonin se lebih begus, maka patemmoh

Artinya: Pasti ada suatu cara untuk melakukan lebih baik lagi, maka temukanlah

 

Apa beih se ben lakonih, mun jieh begus maka terrosagih, tak osa ngedingagih bentanah oreng

Artinya: Apapun yang kamu lakukan, jika menurutmu baik maka teruskan. Jangan dengarkan omongan orang

 

Deddieh be’en oreng buduh se terros ajereh

Artinya: Jadilah orang bodoh yang haus akan belajar

 

Engkok tak senneng ngolangen kesuksesan se la bedeh, ngkok lebi seneng nyareh hal se laen

Artinya: Aku tidak suka dengan mengulangi kesuksesan yang telah tercapai, aku lebih suka mencari hal lain

 

Pengalaman roah somber pengetahuan se otamah

Artinya: Pengalaman adalah sumber pengetahuan utama

 

Bedeh cara sopajeh nglakonin se lebih begus, maka patemmoh

Artiny: Ada sebuah cara untuk melakukan lebih baik lagi, maka temukanlah.

 

Jek gempang kenyang ben poas klaben hasil se satiyah

Artinya: Jangan pernah kenyang maupun puas dengan hasil yang sekarang.

 

Terrosagih ide pemikkeran se bede e cetakkah be’en jieh kaloar, deddi okeran se begus ben bisa e lakonin.

Artinya: Biarkan ide yang ada dikepalmu itu keluar dan menjadi ukiran yang indah yang mampu untuk dituangkan.

 

Jek brusaha deddi manossah se sukses, tape deddieh be’en manussa se andik nilai

Artinya: Jangan berusaha menjadi manusia yang sukses, tetapi jadilah manusia yang mempunyai nilai.

 

Kata-Kata Bijak Bahasa Madura Untuk Status Sosmed

Tong settongah oreng bias penter ye ajer

Artinya: Satu satunya cara orang bisa pinter ya belajar lah bro

 

Raddin tak koduh pote, se penting binik

Artinya: Cantik gak harus putih kok, yang penting perempuan

 

Jegeh lagguh beih sarah, apapole abangun rumah tangga?

Artinya: Bangun pagi saja susah, bagaimana dengan bangun rumah tangga?

 

Tak parapah gemberreh jubek, se penting deggik hasillah begus

Artinya: Nggak masalah gambarnya jelek, yang penting itu hasil akhirnya

 

Oreng jomblo satiyah terlalu benyak se esareh, padahal oreng jieh perak settong se esareh: nyare se endek, jieh beih la sarah

Artinya: Orang jomblo sekarang terlalu banyak yang dicari, padahal mereka cuma 1 yang dicari: cari yang mau. Begitu saja susah!

 

Jek sampek cewekna be’en ngocak terserah, polanah artenah be’en kodu mekker apa artenah terserah.

Artinya: Jangan sampai cewek kamu bilang terserah, karena hal tersebut kamu harus berfikir apa maksud dari terserah itu

 

Akhirrah, benni taon taon salanjengah odi’en be’en se amakna. Tape odik’en be’en salanjengah taon jieh.

Artinya: Pada akhirnya bukanlah tahun-tahun sepanjang hidupmu yang bermakna, namun hidupmu sepanjang tahun-tahun itu.”

 

Untuk nojjuh dek ka kasuksesan pajed tak gempang, tape benni artenah tak mungkin.

Artinya: Untuk menuju kesuksesan itu memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak mungkin.

 

Jujur, saonggunah hubungan se pecah roah bisa abeli poleh, engak gelles se gegger tak belle, polanah gellessah deri plastik

Artinya: Jujur, sebenarnya hubungan yang retak itu bisa kembali seperti semula, seperti gelas yang jatuh dan tidak pecah. Karena gelasnya dari plastik

 

Jek sampek mile oreng sopajeh deddi se paling otama kangguy be’en, saat oreng oreng jieh perak madeddi be’en deddi cadangan.
Jangan pernah memilih seseorang menjadi prioritasmu ketika bagi mereka kamu hanyalah pilihan cadangan.

Kata-Kata Bijak Romantis Bahasa Madura

Coklat ruah rassanah manis, tape bede se lebbi manis deri jieh, perkata’nah be’nah.

Artinya: Coklat itu rasanya manis, tapi ada yang lebih manis lagi dari itu. yaitu katamu

 

Kembeng artinah lambangngah kasih sayang, mongken jieh bender

Artinya: Bunga adalah lambang dari kasih sayang, mungkin itu benar.

 

Ta arapah mun ateh riah ancur, mata ariah netes aing matah, ben beden ria ngitek, asalkan oreng se ekasennengih bisa senyum bahagia ben senneng.

Artinya: Tak mengapa jika hati ini hancur, mata ini berlinang air mata dan tubuh ini gemetaran, asalkan orang yang disayang dapat tersenyum bahagia dan senang.

 

Jek loppa senyum areh satiyah, jek loppah bahagia, koduh optimis klaben apa se ben terro ben se bekal be’en olle, kaangguy kabunga’an e dunyah akherat.

Artinya: Jangan lupa senyum hari ini, jangan lupa bahagia, selalu optimis dengan apa yang kau inginkan dan akan kau raih untuk kebahagiaan dunia akhirat.

 

Engkok niser ka be’na, benni perak polanah sapa be’nah, Tapeh polanah deddih apa sengkok mun bik be’nah.
Artinya: Aku mencintaimu, bukan hanya karena siapa kamu. Tapi juga karena menjadi apa diriku saat bersamamu
Neser (cinta) ariah saat kebungaanah oreng laen lebih otamah (penting) ebendhing kebunga’anah be’en dibik.
Cinta adalah ketika kebahagiaan orang lain lebih penting dari kebahagiaanmu.
“Mun be’en jed onggu neser ka oreng jieh, maka be’en meste bisa aberrik maaf. Mun oreng jieh gik neser ka be’en. Maka oreng jieh bekal aobe deddi oreng se lebbi begus ka be’en.”
Artinya: Jika kamu mencintainya, kamu akan selalu sanggup memaafkannya. Jika ia mencintaimu, ia akan berubah menjadi lebih baik untukmu.

Kata-Kata Bijak Galau Bahasa Madura

Tak osa putus asa, saat gagal nabeng cinta, karna kadengkalanah, cinta (rassa neser) se bekal deteng dibik, tanpa ngira-ngira

Artinya: Tak perlu berputus asa ketika gagal mengejar cinta. Terkadang, cinta akan datang dengan sendirinya, tanpa bisa diduga.

 

Saat arelaagih seoreng kaangguy oreng laen, saonggunah ateh sedang abohong.

Artinya: Ketika merelakan seseorang untuk orang lain, sebetulnya hati sedang berbohong.

 

Ateh se esake’eh tak bisa beres poleh engak bilen, engak gelles se la belle tak bisa nyatu pole

Artinya: Hati yang tersakiti tidak akan bisa pulih kembali seperti dulu lagi. Bagaikan gelas pecah dan tak dapat kembali

 

Engkok bekal slalu arassa bahagia klaben ngabes be’en bahagia, walaupun se agebei be’en bahagia benni engkok

Artinya: Aku akan selalu merasa bahagia dengan melihatmu bahagia, walaupun yang membahagianmu bukan aku

 

Kabede’en se paling nako’en slain ekaloppa aruah maksaagi abek dibik sopajeh maloppaaghi

Artinya: Keadaan yang paling menakutkan selain terlupakan adalah memaksa diri untuk melupakan.

 

Seddih rassanah mun mencintai, tape oreng jieh tak perna taoh mun bede oreng se mencintai kiah.

Artinya: Sedih rasanya jika mencintai, tapi dia tidak pernah tau jika ada seseorang yang mencintainya

 

Bennyak oreng se cinta tros ambu deri cintanah, benni polanah pa apah, tapeh saat perhatiannah tak e reggeih.

Artinya: Banyak pejuang cinta menyerah saat memperjuangkan cintanya bukan karean hal apa-apa, namun ketika perhatiannya sudah lagi tidak dihargai.

 

Sakabbinah hal se e rassaagi kadibik terkadeng arassah nyake’en, padeh beih bik mun mencintai, settong oreng nabeng klaben onggu-onggu tape e cuekkeh.

Artinya: Segala sesuatu yang dirasakan sendirian memang terkadang menyakitkan, sama seperti kita mencintai. Seseorang memperjuangkan mati-matian tapi diabaikan

 

Ta arapah mun ateh riah ancur, mata ariah netes aing matah, ben beden ria ngitek, asalkan oreng se ekasennengih bisa senyum bahagia ben senneng

Artinya: Tidak masalah jika hati ini hancur, mata ini mengalir air mata dan tubuh bergemetaran, asalkan orang yang disayang terus tersenyum bahagia dan senang

 

Galau uwak saat chat ben adentek be’en males, akhirrah engkok buru macah kelaggu’nah polanah tatedung

Artinya: Ketika menunggu kamu membalas chat, terus kamu balas dan akhirnya aku baru read besok karena ketiduran

Kata-Kata Bijak Bahasa Madura Lucu

Jegeh lagguh beih sarah, apapole abangun rumah tangga?

Artinya: Bangun pagi aja susah, bagaimana bangun rumah tangga?

 

Raddin tak koduh pote, se penting binik

Artinya: Cantik gak harus putih, yang penting perempuan.

 

Tak parapah gemberreh jubek, se penting deggik hasillah begus

Artinya: nggak papa gambarnya jelek, yang penting nanti hasilnya bagus

 

Jek sampek cewekna be’en ngocak terserah, polanah artenah be’en kodu mekker apa artenah terserah.

Artinya: Jangan sampai cewek lo bilang terserah,
karena itu berarti lu harus mikir apa maksud terserah itu.

 

Oreng jomblo satiyah terlalu benyak se esareh, padahal oreng jieh perak settong se esareh: nyare se endek, jieh beih la sarah.

Artinya: Jomblo sekarang terlalu banyak yang dicari,
padahal mereka cuma 1 yang dicari: cari yang mau. Itu aja susah!.

 

klamon kellar sè addhep, klamon bhunten kellar yâ ngènom ghubhi

Artinya: kalau kuat yang hadapi, kalau tidak kuat ya minum kopi

 

kaulâh bânnè tisu sè abi’ abâ’na angghuy terros èbuwâng begitu saja

Artinya: Aku bukan tisu yang habis kamu pakai terus dibuang begitu saja

 

dhâddhih orèng ajjhâ’ kayak seddrikah, èsangghârâ listrik dhiddhi’ aja udah panas

Artinya: Jadi orang jangan kayak setrika, dikasih listrik sedikit aja udah panas

 

odi’ jrowa bânnya’ cobhâh, klamon bânnya’ saweran jrowa nyamahna bânnè odi’ tapèh dangdut

Artinya: Hidup itu banyak cobaan, kalau banyak saweran itu namanya bukan hidup tapi dangdut

 

Sifat jrowa kayak sapèda motor, klamon ca’na ta’ ninja ta’ tarèsnah

Artinya: Sifatmu itu kayak sepeda motor, kalau katanya tidak ninja tidak cinta

Plesetan Kata-Kata Pepatah Bahasa Madura

Berakit-rakit kehulu berenang renang ketepian, mantan marè è pangoloh kaulâh ghi’ kaseppèhan.

Artinya: Berakit-rakit kehulu berenang-renang ke tepian, mantan sudah di penghulu aku masih kesepian.

 

bâdâh pèssè bâdâh bhârâng, ta’ bâdâh pèssè ngerampok bank

Artinya: Ada uang ada barang, tidak ada uang ngerampok bank

 

ghuruh kencing dârukkong, morèd aberka’ ngèntèp

Artinya: Guru kencing jongkok, murid berlari mengintip

 

èdimmah bâdâh kakendâ’an, disitu bâdâh katodusan

Artinya: dimana ada kemauan, disitu ada kemaluan

 

todus berta, messat èjhâlân. bânnya’ berta èkèndhâ’ wartawan

Artinya: malu bertanya, sesat dijalan. banyak bertanya dikira wartawan

 

ajjhâ’ menuntut èlmo, polana ka dhâsarna èlmo ta’ bersalah

Artinya: Janganlah menuntut ilmu, karena pada dasarnya ilmu tidak bersalah

 

setinggi-tinggi cangak abbher, ahèrna dhâddhih kècap juga

Artinya: setinggi-tingginya bangau terbang, akhirnya jadi kecap juga

Nah kalaau kalian ingin baca lebih lanjut tentang kata-kata kalian bisa berkunjung di koinilmu.com

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply