1
18

Makanan Khas Rumah

Hallo guys welcome back to my story, nah kali ini saya akan menceritakan apa aja sih masakan-masakan rumah. Khususnya yang sering saya makan aja ya, ini kan pengalaman saya.

Siapa sih yang tidak suka masakan rumah, apa lagi yang masak ibu kita. Kalau yang masak ibu kita mungkin tidak diragukan lagi ya kan. Auto sedap dan nikmat hehehe. Bagi yang perantau atau yang mondok pasti rindu masakan-masakan rumah.

Memang sih masakan ibu tuh tidak ada yang ngalahin kelezatannya, walaupun itu masakan dari jepang atau dari mana pun masakan ibu lah yang paling enak.

Thank you bu telah memberikan makanan-makanan enak dari dulu. Udah lah lets back to topic.

Semur Daging

semour daging, makanan khas rumah

selerasa.com

Semur daging adalah salah satu yang saya suka. Kenapa kok saya bisa suka? Karena tuh ibu dulu suka banget buat semur daging, dan kalian tau sendirilah makanan buatan ibu tuh enaknya gimana.

Makanan ini lah yang paling saya suka dari kecil sampai sekarang, tapi sayangnya sekarang tuh udah jarang sekali makan semur daging, sekali lagi tau sendirilah daging mahal.

Nih yang mau buat yang mau memasak semur daging, mungkin resep ini bisa bermanfaat.

Bahan-bahan :

  • 1/4 kg  Daging sapi
  • 1 kotak Tahu
  • 7 siung Bawang merah
  • 4 siung Bawang putih
  • 3 butir Kemiri
  • 1/2  cm Jahe
  • Secukupnya Pala
  • Secukupnya Garam
  • 2 cm Kayu manis
  • 2 butir Cengkeh
  • 5 buah Cabe rawit
  • 1 buah Tomat
  • 750 ml Air
  • Bawang goreng ( tidak juga tidak apa-apa/tapi kalau ada lebih baik)
  • Sesuai selera Kecap manis
  • 1/2 sdt (sendok teh) Merica

Langkah-langkah :

  1. Tahu dipotong agak tipis dan digoreng 1/2 kering.
  2. Daging direbus sampai empuk, diiris tipis / sesuai selera.
  3. Haluskan bawang putih, bawang merah, merica, kemiri, jahe, pala, dan garam.
  4. Tumis bumbu halus, lalu masukan daging dan tahu yang sudah digoreng, masukan air (kaldu daging), cengkeh, kayu manis, tambahkan kecap manis sesuai selera.
  5. Terakhir bagi kalian yang suka pedes, bisa memasukan cabe kedalam masakannya, koreksi rasa, dan finishing  hidangkan lah.

Ayam Panggang

ayam panggang , makanan khas desa, makanan lezat

resepkoki.id

Ayam panggang ini adalah makanan 2 yang saya sukai, dan kalau masalah bikin ayam panggang yang paling enak menurutku adalah nenek ku. Masakan ayam panggang nenek the best lah.

Ayam panggang nenek tuh pas banget takarannya, pedesnya pas, gurihnya pas, rempah-rempahnya juga banyak dan enak. Pokoknya ntapss lah buat nenek.

Bahan-bahan

  • 1 ekor ayam
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
  • 1 1/2 sendok makan kecap manis
  • 400 ml air
  • 2 batang serei, dimemarkan
  • 2 buah cabai merah besar
  • 2 cm jahe
  • 8 butir kemiri, disangrai
  • 12 butir bawang merah
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 8 siung bawang putih
  • 1 sendok teh gula merah
  • 1 buah tomat
  • 1 sendok t eh garam

Langkah-langkah :

  1.  bau amis yang menempel di ayam, maka bersihkan ayam dengan perasan jeruk nipis dan juga sedikit tamburan garam. Aduk-aduk dan remas-remas sedikit sampai bumbu ini meresap kedalamnya dengan sempurna.
  2. Setelah ayam dilumuri dengan air jeruk dan garam, tusuklah ayam itu dengan kayu kecil yang emang buat ayam panggang dan tunggulah selama 30 menit atau diamkan lah ayam itu selama 30 menit.
  3. Rebuslah ayam itu ke dalam panci hingga mendidih dan ayam itupun sudah berubah warnanya, dan teksturnya pun menjadi empuk,.
  4. Tambahkanlah kecap manis kedalam rebusaan ayam dan masak hingga bumbu kecap meresap kedalam ayam secara merata.
  5. Angkat ayam yang sudah direbus tadi, lalu masukan kedalam oven atau dipanggang selama kurang lebih 30 menit dalam suhu 180 derajat celcius sambil diolesi dengan bumbu hingga matang sempurna.

Setelah matang, keluarkan ayam dari oven dan sajikan dalam piring untuk kemudian siap dinikmati entah bersama keluarga, teman atau sendiri.

Soto

Soto lamongan, makanan khas rumah, soto

doyanresep.com

SIapa sih disini yang tidak suka makanan yang satu ini? Pastinya sih suka semua iya kan. Makanan ini juga termasuk makanan kesukaan saya, dan jangan ditanyakan lagi bagaimana saya suka dengan makanan ini.

Saya suka dengan makanan ini karena ibu saya yang memasaknya, seperti biasalah makanan ibu selalu dihati dan paling enak sedunia.

Kalo ditanya suka soto apa? Saya suka semuanya dari soto daging, soto ayam, dan soto lamongan. Pokok semua buatan ibu paling the best lah.

Nah ini ada sedikit ilmu mengenai resep soto ayam kuning,

Bahan-bahan:

-1/2 kilo gram ayam
– 1,5 liter air bersih
– Lembar daun salam
– 2 Batang serai
– 1 Ruas lengkaus
– Minyak goreng secukupnya saja
– Garam secukupnya saja
– Gula secukupnya saja
– Penyedap rasa secukupnya
– 8 siung bawang merah
– 6 siung bawang putih
– 1 ruas kunyit
– 1 ruas jahe
– 3 buah kemiri
– Merica secukupnya
– 2 ikat so’un (rendam dengan air panas dan tiriskan)
– 1/2 buah kubis (iris tipis-tipis)
– 1 bungkus taoge (siram dengan air panas dan tiriskan)
– 1 batang daun daun bawang
– Kerupuk merah secukupnya
– Sambal kacang/cabai uleg
– Kecap secukupnya
– 2 lembar daun salam
– 1 ruas lengkuas yang digeprek

Langkah-langkah

  • Rebuslah ayam bersama dengan serai, daun salam, dan lengkuas. Tunggu samapi rebusan tadi mendidih.
  • Sambil menunggu ayam yang direbus, haluskan bumbu halus lalu tumis dengan menggunakan minyak hingga aromanya tercium harum.
  • jika rebusan ayam tadi sudah mendidih, masukanlah bumbu yang telah ditumis tadi, lalu aduk sampai merata.
  • Selanjutnya masukan garam, gula, dan penyedap rasa ( secukupnya saja ). Kemudian coba kalian tes rasanya sudah pas apa belum.
  • Lihat lah apakah ayamnya sudah matang, jika sudah sedera angakat dan gorenglah.
  • Nah apa bila sudah digoreng, suwir-suwirlah ayam dan masukan kedalam mangkuk bersama dengan bahan pelengkap seperti kerupuk, atau taoge lalu siramlah dengan kuah soto di atasnya.
  • Tambahkan kecap dan sambal (bila yang suka pedas) secukupnya, dan akhirnya sotonya siap dihidangkan.

Nah berikut adalah resep soto ayam kuning, semoga bermanfaat ya guys.

Fried Chicken

Fried chicken, makanan khas rumah, makanan mahal

epicorious.com

Siapa sih yang tidak tau fried chicken? Mungkin sih tau semua tapi menyebutnya bukan fried chiken tapi kentuky. Harap dimaklumi lah negara +62 kan emang bar-bar.

Yang saya suka dari makanan ini adalah rasa gurihnya, asinnya, dan rasanya pastinya. Seperti biasa saya suka dengan makanan ini karena ibu yang membuatnya.

Ini nih mungkin bermanfaat bagi kalian, resep membuat fried chicken.

Bahan-bahan:

Bahan ayam:

500 gr sayap ayam

5 siung bawang putih

1 sendok teh merica bubuk

garam, kaldu jamur

1 butir telur

Bahan tepung:

5 sendok makan terigu

1 sendok makan maizena

1 butir telur

Garam, merica bubuk

Langkah-langkah:

  • Cuci bersih ayam yang akan dimasak, haluskanlah bawang putih, merica, garam, dan kaldu. Masukan bumbu dan telur kedalam ayam yang sudah dicuci. Aduk sampai rata, kemudian diamkan lah dikulkas semalaman agar bumbu meresap.
  • Campur tepung terigu dan maizena, beri sedikit garam dan merica. Aduk lah sampai merata. Ambillah 1 mangkok lagi dan kocok teur untuk bahan pencelup.
  • Taruh dan gulingkan ayam ke dalam tepung sampai rata, kemudian celupkan ayam ke dalam telur kocok, lalu gulingkan sekali lagi ke tepung. Yang terakhir gorenglah ayam itu hingga kuning kecoklatan.

Sebenarnya masih banyak lagi sih masakan rumah yang saya sukai, tapi makanan di atas adalah makanan-makanan yang paling saya sukai.

Sekian dari saya bila ada salah kata mohon maaf sebesar-besarnya. Ambil positif nya dan buang negatif nya.

Sekian SAMLEKOM MAMANK.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply