1
51

Pengalaman Pertama Kali Nyantri

Hallo guys, gimana kabarnya nih? Kali ini kita akan membahas soal pondok pesantren nih guys. Siapa sih yang tidak tau pondok pesantren? Sebagian besar orang menganggap pondok pesantren adalah neraka mungkin. Karena kebanyakan anak muda zaman sekarang lebih suka hidup free.

Saya pernah mau minta di pondokin waktu mau SMP tapi ibu saya tidak ngebolehin mungkin karna ngeliat sikap saya yang masih seperti kecil mungkin ya. Kenyataannya ternyata beda saya malah mondok dan itu memang keinginan saya sendiri karena kerasnya dunia pergaulan.

Baiklah saya akan mulai cerita saya pengalaman pertama kali masuk pondok pesantren.

Pertama Masuk Pesantren

Seorang Santri

suka-suka.web.id

Bagi yang belum terbiasa hidup tanpa orang tua hari pertama dipesantren itu susah. Saya pun waktu pertma masuk pesantren terus ditinggal orang tua tuh agak gimana gitu, tapi karna saya sering tinggal di rumah tante saya jadi agak biasa tanpa adanya orang tua.

Saat udah ada temen baru perasaan itu sudah hilang kenapa karena seperti yang saya tuliskan diartikel saya yang lain,  bahwa saya senang mendapatkan temen baru karena prinsip saya temen baru berarti juga ilmu baru. Jadi bagi kalian yang tidak suka bergaul, itu adalah kesalahan besar.

Jadi bila kalian mau mondok tuh jangan kuwatir, saya jamin kalian akan betah karna dipondok pasti ada seseorang yang sifatnya seperti kalian dan akan jadi temen baik kalian.

Gangguan Jin

Gangguan Jin

islamidia.com

Nah ini mungkin satu-satu nya cerita horor yang pernah saya alamin dalam kehidupan saya. Waktu dulu cuma ditampakin dari jauh tapi kali ini beda, karena gangguan ini langsung seperti keseret waktu tidur, didatengin lewat mimpi, tapi saya tuh tipe-tipe orang yang tidak takut pada hantu.

Setelah kejadian itu saya tidak merasa takut sedikit pun tuh. Temen saya ada juga yang diganggu, mengecewakannya dia malah tidak kuat dan memilih keluar dari pesantren.

Rajin Membaca Al-Quran

Gambar Al-Quran

kiblat.net

Jujur nih dulu saya tuh jarang banget ngaji, mungkin 1 minggu cuma 3 sampai 4 kali. Biasalah zaman-zaman nakal, walau nakal akhirat tidak lupa dong mamank.

Keluargaku khususnya saya dan adek tuh dari kecil tuh udah diajarin ngaji dari kecil, tapi ya tau sendirilah setelah tumbuh besar sayanya males ngaji. Alhamdulillahnya setelah saya masuk pesantren kebiasaan buruk itu hilang dan saya mulai suka membaca Al-Quran.

Saya banyak belajar di pesantren, khusunya pada teman-teman saya yang hafalannya alhamdulillah udah banyak. Banyak yang sudah saya pelajari, dari gimana baca Al-Quran dengan nada yang enak dan tajwid yang benar.

Ilmu Yang Barokah

Ilmu, buku

tasidola.com

Pesantren bagi saya, adalah tempat yang paling sempurna untuk menambah ilmu ke agamaan. Ilmu yang dikasih ustadz insyaallah barokah dan insyaallah mampu membimbing kita untuk menjalani hidup.

Bisa saya simpulkan, bahwa saya sangat bersyukur bisa masuk ke pondok pesantren yang saya inginkan. Puji dan syukur untuk Allah SWT karna telah memberi saya hidayah dengan cara masuk kedalam pesantren.

Terbentuk Kerjasama Yang Baik

Kerjasama, Kekompakan

blog.eikontechnology.com

Pesantren juga bisa mengajarkan kita tentang yang namanya kerjasama. Jujur, kalau kalian tidak ada kerjasama kalian tidak akan bisa hidup di persantren. Kerjasama atau Kekompakan ini sangat lah diperlukan Karna apa? Pesantren itu besar boy, kita tuh hidup berjamaah bukan hidup sendirian.

1 hal yang terpenting adalah harus saling menjaga aib. Kenapa kok saya bilang harus menjaga aib? Karena pondok itu keras, satu ngadu 1 asrama bertindak. Ingat ini ya guys bila kalian mau ada keinginan untuk masuk pesantren.

Kepribadian Yang Mulai Berubah Semenjak Masuk Pesantren

santri mengaji, santri kecil, santi ganteng

islami.co

Kepribadian yang berubah, mungkin ini kata yang tepat untuk mendeskripsikan kepribadianku saat ini. Dulu tau sendirilah anak SMP tuh gimana nakalnya hehehe. Tapi insyaallah kepribadianku udah sedikit berubah jadi baik, dibanding diriku yang waktu di SMP.

Jadi inilah salah satu manfaat masuk pensantren, yaitu berubahnya kepribadian. Tidak jarang juga udah masuk pesantren kepribadiannya tidak berubah juga ada. Berubah atau tidaknya sebuah kepribadian juga tergantung pada dirinya sendiri.

Bertambahnya Teman Yang Tak Terduga

Teman sejati, sahabat sejati, bersama selamanya

thejokowicenter.or.id

Jangan kaget nanti kalau masuk pesantren banyak teman-teman luar dari luar daerah. Pesantren saya juga begitu banyak teman yang dari luar daerah, seperti ada yang dari Medan, Pekanbaru, Lampung, dan dari Bali pun ada. Saya sangat bersyukur karna bisa memiliki teman-teman dari luar daerah. Kenapa kok bersyukur? Karena seperti prinsip saya banyak teman banyak ilmu.

Gimana nih menurut kalian nih guys, setuju tidak dengan prinsipku yang tadi? Karena dari kecil tuh aku udah dikasih tau sama ayahku.

Carilah Teman Sebanyak Mungkin, Jangan Beda-Bedain Orang Dalam Berteman. Ingatlah Teman Itu Termasuk Kebutuhan Hidup.

Aku tahu maksudnya ayah tuh gimana. Maksudnya sebuah pertemanan tuh penting bagi kehidupan, bila semakin banyak teman maka semakin banyak pengalaman dan ilmu juga.

Mungkin sekian dari saya, ambil baiknya dan buang buruknya ya. Kalau ada salah kata saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply