1
5

Perkembangbiakan Hewan Secara Generatif

Perkembangbiakan Hewan Secara Generatif- Seperti yang kalian ketahui, bahwa hewan melakukan perkembangbiakan untuk menjaga keturunan mereka, atau bisa dibilang agar hewan itu tidak punah. Namun sama halnya dengan perkembangbiakan tumbuhan, perkembangbiakan hewan ini juga dibagi menjadi 2 macam, yaitu: Generati (dengan Kawin) atau Vegetatif (tidak kawin).

Namun kali ini kakibu akan membahas mengenai perkembangbiakan hewan yang generatif dulu ya, untuk yang vegetatif kita akan bahas dilaiĀ  waktu.

Nah mungkin tidak usah berlama-lama lagi, yuk kita mulai penjelasan mengenai perkembangbiakan hewan ini.

Pengertian

pengertian perkembangbiakan hewan secara generatif

Perkembangbiakan dengan jenis ini akan membentuk individu baru dengan cara kawin, artinya perkembangbiakan ini terjadi kerana terleburnya sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina. Untuk hewan yang menggunakan perkembangbiakan genratif ini, kebanyakannya adalah hewan mamalia.

Untuk melihat contohnya, kalian bisa melihatnya dikebun binatang. Disana banyak sekali hewan yang melakukan perkembangbiakan generatif untuk menambah keturunannya. Contohnya seperti: Gajah, Harimau, Panda, Ular, dan masih banyak lagi.

Macam-Macam Perkembangbiakan Generatif Beserta Contohnya

Macam-macam perkembangbiakan generatif beserta contohnya

Nah berikut ini adalah macam-macam perkembangbiakan generatif yang harus kalian ketahui. seperti yang kalian ketahui, bahwa perkembangbiakan generati memiki beberapa macam cara perkembangbiakan.

Berikut penjelasan mengenai macam dan contoh perkembangbiakan generatif:

Vivipar (Melahirkan)

Perkembangbiakan Vivipar ini banyak dilakukan oleh hewan mamalia, cara perkembangbiakan ini adalah dengan cara bertemunya sel sperma jantan dengan sel telur yang berada dalam tubuh atau rahim. Setalah terjadi pembuahan, embrio akan berkembang didalam rahim hewan tersebut, perkembangan embrio ini akan terus terjadi sampai berubah menjadi bakal hewan yang dilahirkan didunia.

Contoh hewan yang berkembangbiak menggunakan cara generatif adalah hewan seperti harimau, singa, gajah, jerapa, dan masih banyak lagi.

Ovipar (Bertelur)

Ovipar merupakan hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur. Berbeda dengan vivipar, ovipar ini melatakkan bakal anak mereka didalam sebuah telur dan meletakkannya di luar tubuh mereka, bukan didalam tubuh mereka seperti vivipar.

Hewan yang berkembangbiak dengan cara bertelur ini akan memiliki pertumbuhan dan perkembangan embrio diluar tubuh. Embrio akan dilindungi oleh cangkan telur, didalam telur tersebut juga nantinya akan ada kuning telur yang berfungsi sebagai cadangan makanan si bakal hewan.

Embrio yang tumbuh sempurna akan menetas dan embrio yang tidak sempurna akan mengeluarkan aroma busuk.

Contoh Hewan yang berkembangbiak dengan ovipar adalah unggas, ikan, penyu, kura-kura, dan masih banyak lagi.

Ovovivipar (bertelur dan melahirkan)

Pada hewan ovovivipar ini, telur akan berada di dalam tubuh sang induk dan akan dilahirkan pada saat menetas. Oleh karena itu, hewan yang berkembangbiak dengan cara ini biasa disebeut dengan hewan bertelur juga melahirkan.

Contoh dari perkembangbiakan ovovivipar ini adalah kadal, ikan pari, dan beberapa jenis ikan.

Penutupan

Mungkin sekian dulu penjelasan mengenai kakibu, semoga bisa bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai ilmu dan wawasan kita yang baru.

Bila ada salah kata atau perbuatan, kakibu mohon maaf sebesar-besarnya.

Ikuti terus kakibu untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat lainnya.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply