1
7

Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif

Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif- Nah kalian akan mendapatkan ilmu ini saat masuk ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) ataupun Sekolah Menengah keatas. Tapi tidak dipungkiri juga bila kalian masih belum mengerti mengenai ilmu yang satu ini.

Jadi kali ini kakibu akan menjelaskan mengenai perkembangbiakan tumbuhan secara generatif ini.

Untuk itu ikuti terus penjelasan-penjelasan kakibu di bawah ini, untuk bisa mendapatkan ilmu dan wawasan yang bermanfaat lainnya.

Pengertian Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif

perkembangbiakan tumbuhan secara generatif, pengertian perkembangbiakan tumbuhan secara generatif

Perkembangbiakan secara generatif ini dilakukan melalui proses penyerbukan dan pembuahan. Jadi bisa disimpulkan bahwa perkembangbiakan yang satu ini adalah perkembangbiakan yang terjadi karena penyerbukan dan pembuahan pada tumbuhan tersebut.

Penyerbukan dapat terjadi karena bantuan dari luar, seperti angin, hewan, air, dan manusia. Bagaimana cara angin, hewan, air dan manusia ini membantu tumbuhan untuk melakukan perkembangbiakan? Begini penjelasannya:

  • Angin (Anemogami)- Serbuk sarinya kering dan ringan dan mahkota bunganya kecil. Contohnya: Penyerbukan pada jagung dan rumput-rumputan.
  • Hewan (Zoidiogami)- Serangga, burung, dan kelalawar. Hewan tersebut adalah hewan yang membantu perkembangbiakan tumbuhan, karena mereka juga diuntungkan oleh bunga yang memiliki bahan makanan bagi mereka.
  • Air (Hidrogami)- Hewan yang berhabitan dalam air dapat menggunakan air untuk membantu perkembangbiakannya, seperti elodia dan hydrilla
  • Manusia- Manusia juga bisa membantu perkembangbiakan tumbuhan. Seperti tumbuhan Vanili, salak, dll.

Macam-Macam Cara Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif

Berikut ini adalah macam-macam cara tumbuhan untuk berkembangbiak, jadi ikuti terus penjelasan-penjelasan dibawah ini:

  • Penyerbukan Sendiri (Autogami)- Dinamakan penyerbukan sendiri karena serbuk sari nantinya akan jatuh ke kepala putik bunga itu sendiri.
  • Penyerbukan Tetangga (Geitonogami)- Serbuk sari akan jatuh ke kepala putik bunga lain, tapi bunga itu ,masih dalam satu tumbuhan.
  • Penyerbukan Silang (Alogami)- Serbuk sari akan jatuh ke kepala putik bunga lain tapi bunga itu masih dalam satu jenis.
  • Penyerbukan Bastar (Hybrid)- Serbuk sari akan jatuh ke kepala putik bunga lain yang berbeda varietas/ jenisnya.

Proses Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif

proses perkembangbiakan tumbuhan secara generatif, perkembangbiakan tumbuhan secara

Sebelum kita memasuki proses dari perkembangbiakan tumbuhan ini, coba lihatlah gambar bagian bunga di bawah ini terlebih dahulu supaya lebih mudah mencerna ilmu dari perkembangbiakan tumbuhan secara generatif ini.

bagian-bagian bunga, perkembangbiakan tumbuahan secara generatif

Perkembangbiakan Generatif pada tumbuhan diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatkan atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Nah setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang akan menuju ke ruang bakal biji.

Kemudian sel kelamin jantan atau spermatozoid masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari. Di ruang bakal biji ini nantinya akan terjadi pembuahan, yaitu peleburan spermatozoid dengan sel kelamin betina atau sel telur.

Hasil dari pembuahannya adalah zigot, zigot ini akan berkembang menjadi lembaga, bakal biji akan berkembang menjadi biji, dan bakal buah berkembang menjadi daging buah. Lembaga yang berada di dalam biji inilah yang akan menjadi tanaman baru.

Penutupan

Mungkin sekian dulu dari kakibu, semoga ilmu yang satu ini bisa bermanfaat untuk masa yang sekarang dan masa yang akan mendatang.

Apabila ada salah kata atau pengucapan, kakibu mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Ikuti terus kakibu ya, untuk mendapatkan ilmu dan wawasan yang bermanfaat lainnya.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply