1
78

Proses Pembuatan Tali

Proses Pembuatan Tali- Untuk mendapatkan tali dengan kualitas yang bagus, jangan cuma pentingkan bahannya saja, tapi pentingkan juga proses dalam pembuatan tali itu. Supaya kita tidak menemukan kecacatan saat tali sudah jadi.

Nah kali ini kakibu akan membagikan sedikit ilmu yang kakibu punya mengani proses dalam pembuatan tali dengan baik dan benar supaya bisa menghasilkan tali yang berkualitas.

Proses Pembuatan Tali

proses pembuatan tali, jual tali rafia, pembuatan tali,jual tali rafia jombang, tali rafia jombang

Tali memiliki berbagai macam jenis, mulai dari. tali tambang, tali sutera, tali wol, tali rafia, dst. Tapi kali ini kita akan mencoba membahas mengenai proses pembuatan tali dengan metode kepangan, dan pembuatan tali rafia.

Tidak usah berlama-lama lagi, yuk simak bersama-sama mengenai materi ini:

Step-Step Pembuatan Tali Dengan Memakai Metode Kepangan

Pertama-tama yang terpenting dalam proses pembuatan tali ini adalah dari bahan yang hendak kita gunakan. Tetapi tali biasanya terbuat dari serat yang panjang dan berserabut, berarti mengarah ke bahan yang berasal dari hewan, anggap saja kita membuat tali dari bahan bulu domba ataupun serat dari kepompong sutera.

Kedua, untuk metode pembuatan tali ini kita akan coba mempelajari tentang Metode Kepangan. Kepangan ini sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  1. Kepangan ke arah kanan, maksudnya adalah saat kita membuat/memintal tali, pusaran saat membuat tali ini berputar ke arah kanan, dan jika dilihat dari belakang tali akan lurus kedepan. Metode ini juga di namakan putaran Z.
  2. Kepangan ke arah kiri, maksudnya adalah saat kita membuat/memintal tali, pusaran saat membuat tali ini berputar ke arah kiri, dan jika dilihat dari arah belakang pusaran tali akan menjadi seperti berlawan dengan arah jarum jam. Metode ini juga dinamakan putarasan S.

Berikut ini adalah contohnya:

proses membuat tali, kepangan tali, jenis kepangan tali, membuat tali

seoasmarines.com

Nah di atas ada contoh jenis kepangan yang bisa teman-teman buat, jika kalian mengepangnya ke arah kanan maka arah putarnya akan seperti lurus ke depan dan dinamakan sebagai putaran Z ( Z-Twist ). Begitu juga sebaliknya, jika putarannya ke kiri maka akan membentus seperti huruf S sehingga dinamakan putaran S ( S Twist).

Step-Step Pembuatan Tali Rafia

Untuk sekarang ini saya rasa industri rafia semakin ketat persaingannya, dan salah satu cara untuk terus bersaing dengan kompetitor lain adalah dengan meningkatkan kualitas produk (tali rafia) yang dihasilkan.

Proses produksi tali rafia ini memiliki 6 step penting yang wajib kita ketahui, yaitu:

  1. inspeksi awal bahan baku
  2. pemotongan dan pencucian di mesin cruiser
  3. penjemuran
  4. pembuatan biji plastik di mesin pembuat biji plastik
  5. pengovenan
  6. pemeletan di mesin pelet

Jika sudah selasai dari semua step yang kakibu tunjukan diatas, usahakan untuk melakukan analisis untuk dapat mengetahui kesalahan kita terletak diproses yang mana sih? Apakah di proses pemotongan dan pencucian, atau di pengovenan. Itu semua harus kita analisis agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika teman-teman sudah mengikuti step di atas dan tetap saja sama, coba periksa para pekerja teman-teman, apakah ada yang lalai dalam bekerja atau malas-malasan dalam bekerja, jika ada, berikan terguran atau peringatan kepada pekerja teman-teman agar lebih disiplin dalam bekerja.

Penutup

Mungkin sekian dulu ilmu yang bisa kakibu bagikan kepada teman-teman, semoga ilmu kali ini bisa berguna untuk mendukung masa depan kita menuju jalan yang cerah.

Jika kakibu ada salah kata atau pengucapan, kakibu mohon maaf sebesar”nya kepada teman-teman.

Jika teman-teman ingin membeli tali rafia dengan kualitas yang terjamin, teman-teman bisa cek dulu di Jual Tali Rafia .

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply