1
120

Rumah Adat Jawa Timur: Beserta Gambar Dan Penjelasannya | Terlengkap Dan Terbaru

Rumah Adat– Siapa sih yang tidak tau akan rumah adat?? Setiap daerah pastinya mempunyai rumah adat kan. Nah kali ini kita akan membahas masalah rumah adat yang terdapat di dalam provinsi jawa timur. Jadi bila kalian ingin tahu lebih lanjut mengenai rumah adat jawa timur, kalian bisa membaca dan mempelajarinya di bawah ini.

Ya seperti yang kalian ketahui bahwa rumah adat jawa timur adalah joglo. Rumah adat ini sangat identik akan atap yang tinggi dan lebar.

Nah coba nih kalian ke Jawa Timur terus cari rumah joglo disana, pasti kalian akan merasakan nuansa rumah yang berbeda dari rumah-rumah modern sekarang.

Jadi jika kalian keppo akan rumah adat Jawa Timur ini, silahkan kalian simak penjelasan-penjelasan di bawah ini.

Rumah Adat Joglo

rumah adat jawa timur, rumah adat joglo, joglo

99.co

Pada umumnya rumah adat joglo ini memiliki bentuk limasan atau dara gepak, dan bahan baku dari rumah ini sendiri biasanya dalah kayu jati, karena masyarakat jawa sangat mempercayai bahwa kayu jati tuh kuat dan bisa bertahan bertahun-tahun.

Nah nama dari rumah adat joglo ini sendiri berasal dari perlambangan atapnya yang sangat mirip akan bentuk gunung.

Dalam masyarakat jawa gunung merupakan suatu tempat yang sangat sakral dan memiliki kedudukan tinggi. Ya bagi orang jawa gunung diyakini sebagai tempat tinggal para dewa, sehingga bentuk gunung dituangkan kedalam arsitektur bangunan yang berupa atap rumah yang diberi nama tajug.

Tapi tidak hanya itu saja, arsitektur rumah joglo juga erat akan pesan kehidupan manusia yang membutuhkan papan, dan menurut orang jawa rumah bukan hanya sebagai tempat untuk kita tinggal saja, melainkan juga perwujudan dari diri manusia yang berbaur dengan alam sekitar.

Struktur Rumah Joglo

Nah jika kalian kepo akan strukutr dari rumah adat joglo ini kalian bisa melihatnya dibawah ini, berikut struktur rumah joglo,

  • Pendopo
  • Pringgitan
  • Omah Njero
  • Sentong
  • Gandhok

Rumah Adat Suku Tengger

rumah adat jawa timur, rumah adat suku tengger, rumah adat tengger

budayajawa.id

Seperti namanya rumah adat suku tengger adalah salah satu dari peningalan suku tengger yang berada di sekitar lereng Gunung Bromo, Ranupane, Lumajang, Jawa Timur. Seperti rumah adat lainnya, rumah adat ini juga mempunyai ciri khs tersendiri, yaitu rumah ini bukan termasuk rumah panggung dan tidak bertingkat.

Dalam membuat rumah adat ini juga suku tengger tidak sembarangan, orang tengger sangat memperhatikan lahan/ tempat/ lokasi dari rumah yang akan dibuat. Untuk sebisa mungkin mereka mencari lahan yang dekat akan air dan tidak berkontur alias tanah datar. Dalam konsep pemilihan lokasi, suku tengger memprioritaskan untuk lokasi rumah jauh dari gangguan angin.

Struktur Rumah Adat Tengger

Nah berikut ini adalah penjelasan mengenai struktur dari rumah adat tengger ini,

Ada juga ciri lainnya yang menonjol dari rumah adat tengger ini, yaitu dari atap nya yang sanget tinggi sampai-sampai terkesan terjal jika dilihat orang. Jumlah jendelanya pun berbeda dari rumah-rumah biasa, ya jumlah jendela dari rumah suku tengger cuma 1 atau 2 saja. Tidak hanya itu, untuk di depan rumahnya ada bale-bale untuk tempat duduk yang bisa dibilang bentuknya menyerupai dipan.

Rumah Adat Using

rumah adat jawa timur, rumah adat using

travel.detik.com

Rumah adat using, rumah adat yang berasal dari banyuwangi ini memilki daya tarik tersendiri, ya seperti yang kalian lihat di gambar atas, bahwa rumah adat using ini masih sangat kenal akan nuansa belanda dan tradisionalnya.

Ada 3 jenis rumah adat using yang perlu kalian ketahui, yaitu Tikel Balung, Baresan, dan Crocogan. Nah bagaimana nih membedakannya? Kalian bisa membedakannya dari jumlah bidang atapnya atau biasanya disebut dengan rap-nya. Pada rumah adat tikel balung, bidang penutup atapnya ada 4, pada rumah adat baresan sendiri memiliki 3 bidang penutup, dan rumah adat crocogan sendiri memiliki 2 bidang penutup saja.

Struktur Rumah Adat Using

Nah berikut ini adalah struktur dari rumah adat using, untuk itu simak terus penjelasan di bawah ini,

Rumah adat using ini sendiri memiliki 4 bagian ruangan yang meliputi: Ampet, Hek atau Bale, Jerumah, dan Pawon. Ampet ini sendiri adalah Bagian teras untuk menerima tamu, Hek atau Baleh adalah ruangan privasi atau bisa dibilang ruangan yang hanya boleh dimasuki oleh sang pemilik rumah, Jerumah adalah ruangan tengah rumah, dan Pawon adalah dapur.

Rumah Adat Dhurung

Rumah adat jawa timur, rumah adat dhurung

kebudayan.kemdikbud.go.id

Rumah adat dhurung ini sangat unik banget kalau kalian tahu, kenapa kok saya bilang unik, karena rumah adat ini berbentuk seperti gubuk dan tidak memiliki dinding sama sekali, jadi tidak ada kayu ataupun bambu sekalipun disamping-samping rumah adat ini.

Atap rumah adat dhurung ini sendiri terbuat dari rumbaian daun pohan, nah dalam bahasa bawean daun pohan ini biasanya disebut dengan dheun.

Rumah adat dhurung ini biasanya digunakan sebagai tempat peristirahatan dikala pulang bekerja di sawah ataupun ladang. Rumah dhurung ini juga digunakan sebagai tempat bersosialisasi dengan masyarakat untuk mempererat tali persaudaraan.

TIdak jarang juga di rumah adat dhurung ini kalian bisa mendapatkan jodoh. Rumah adat dhurung ini sendiri biasanya terletak disamping ataupun depan rumah, dengan ukuran yang kadang besar dan kadang kecil. Biasanya kalau ukuran dhurung itu besar, rumah dhurung itu juga digunakan untuk menampung padi atau bisa dibilang dijadikan lubung padi.

Struktur Rumah Adat Dhurung

Atap dari rumah adat ini sangat lebar sehingga bisa menghasilan nuansa sejuk saat kita sedang didalam rumah adat ini. Ditambah lagi rumah ini tidak memiliki dinding di samping-samping rumahnya sehingga menambah nuansa sejuknya.

Nah mungkin sekian dulu ya dari kakibu, semoga bisa bermanfaat untuk masa yang sekarang dan masa yanf akan mendatang. Nah jika kalian ingin tau lebih lagi masalah budaya indonesia, kalian bisa baca di guratgarut untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat lainnya.

Sekian dari saya bila ada salah kata atau ada kata yang menyinggung saya mohon maaf sebesar-besarnya. Enjoy process in life.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply