60

Teks Iklan: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Ciri-ciri, Kaidah Kebahasaan, Dan Struktur [Terlengkap]

Teks Iklan- Pada saat pelajaran Bahasa Indonesia, kalian pasti pernah mempelajari mengenai teks iklan inikan. Teks iklan ini juga pastinya sering banget kita lihat di pinggiran jalan rayakan. Ya kenapa begitu? Karena bagi seorang pengusaha iklan ini sangatlah penting untuk kemajuan usahanya.

Namun Diantara kalian pastinya ada yang belum mengerti betul mengenai, apa yang dimaksud dengan teks iklan ini? Tapi tenang aja, kali ini kita akan membahas tuntas mengenai apa yang dimaksud dengan teks iklan ini, mulai dari pengertian, fungsi, tujuan, ciri-ciri, kaidah kebahasaan, sampai dengan strukturnya.

Jadi simak baik-baik penjelasan di bawah ini, supaya bisa dijadikan refrensi dan dijadikan wawasan untuk kita mengenai teks iklan ini.

Pengertian Teks Iklan

pengertian iklan

Kakibu.com

Teks iklan adalah suatu wadah atau media promosi yang sangat efektif untuk menyampaikan informasi kepada audience atau oarang-orang dengan tujuan mempengaruhi, mempromosikan, mengingatkan, menginformasikan, melarang, membujuk, dan merayu audience atau tujuan tertentu.

Pengertian lain teks iklan ini, yaitu teks iklan merupakan media promosi yang efektif dalam memasarkan produk kepada konsumen karena memiliki daya jangkau yang luas dan masif. Dengan tujuan memperkenalkan suatu produk, berupa barang maupun jasa kepada masyarakat, supaya mereka tergiur akan produk tersebut.

Iklan ini sendiri bisa dibagikan lewat mana? Nah iklan bisa kita bagikan atau sampaikan lewat media (koran, majalah, dll), ataupun juga bisa melalui elektronik (radio, internet, televisi, dll).

Kalau brosur, baner, dan poster itu iklan juga apa tidak? Ya brosur, baner, dan poster itu juga termasuk iklan juga, dan bagiku itu adalah salah satu iklan yang bisa kita temui dan bisa menarik perhatian masyarakat saat melihatnya.

Ada juga syarat-syarat iklan yang harus kalian ketahui sebelum membuat sebuah iklan, yaitu:

  • Isi teks harus sesuai fakta (jujur) dan objektif.
  • Kalau bisa penulisannya singkat, jelas, padat, dan mudah dipahami.
  • Tidak menyinggung pihak lain.
  • Tpat sasaran atau tujuannya harus jelas.
  • Kata-katanya harus sopan, menarik, dan logis.

 

Baca juga: Teks Prosedur : Pengertian, Kaidah, Macam, Ciri, Dan Contoh

Tujuan Teks Iklan

tujuan teks iklan

Kakibu.com

Nah tujuannya sendiri tidak jauh dari pengertiannya tadi, yaitu memberikan informasi  atau promosi kepada sang audience, agar mereka tergiur akan hal yang kalian informasikan atau promosikan, sehingga merka akan membeli atau mengkonsumsi barang yang kalian jual.

Jadi kalau kita simpulkan iklan ini sangatlah penting untuk kemajuan usaha anda. Karena dari iklan semua orang tau apa yang kita jual dan apa yang bisa kita berikan.

Dari iklan ini juga tau kan, bahwa iklan ini membawa dampak besar bagi usaha anda. Tapi adakah di antara kalian yang masih belum bisa membuat teks iklan? Kalau masih ada, simaklah terus penjelasan-penjelasan di bawah ini.

 

Baca juga: √Teks Narasi: Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri, Jenis-Jenis, dan Stuktur | Lengkap

Fungsi Teks Iklan

fungsi teks iklan

Kakibu.com

Nah teks ini juga mempunyai beberapa fungsi yang harus kalian ketahui, yaitu:

  • Sebagai Persuasi/upaya pendekatan (mengingatkan dan mengarahkan konsumen untuk membeli produk kita).
  • Sebagai media informasi (menyampaikan produk baru)
  • Sebagai pengingat, yakni mengingatkan konsumen tentang suatu produk agar selalu menggunakan produk tersebut.

Nah pastinya sebelum kita masuk ke, bagaimana cara membuat teks iklan? Pastinya kita harus mengetahui dulu dong mengenai fungsi dari teks ini. Nah seperti yang kalian lihat, di atas merupakan fungsi dari teks iklan.

Oke, saya rasa setelah membaca tulisan di atas kalian sudah mengerti mengenai fungsi teks ini.

 

Baca juga: √Teks Pantun: Pengertian, Ciri-ciri, Macam-macam, Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contoh [Lengkap]

Ciri-Ciri Teks Iklan Yang Baik

Ciri-ciri teks iklan

Kakibu.com

Nah di bawah ini merupakan ciri iklan yang baik dan bisa membuat konsumen merasa tertarik dengan iklan anda, berikut ciri-cirinya:

1. Memiliki sasaran yang jelas dengan menentukan target konsumen, selanjutnya menentukan media iklan yang akan kita pakai dan penetapan target konsumen  tergantung pada harga, distribusi, dan kualitas.

2. memiliki fokus tujuan atau hal yang ingin diinformasikan dari produk dan jasa yang diiklankan.

3. iklan harus memiliki daya tarik tertentu sehingga konsumen bisa tergiur atau tertarik dengan iklan anda sehingga si konsumen membeli produk anda.

4. Sajikan iklan dengan sebagus dan semenarik mungkin.

5. Pengirim iklan adalah produsen atau dalam bidang bisnis, periklanan bisa diwakili oleh biro iklan.

6. Isi iklan dalam headline tidak lebih dari 10 kata agar konsumen bisa mendapatkan banyak informasi mengenai barang dan jasa yang anda tawarkan.

  • Media komunikasi tempat iklan disajikan, biasanya sih dimedia sosial, media cetak, dan masih banyak lagi.
  • Penerima iklan atau konsumen yang kita tuju.
  • Plih selogan yang padat tetapi berisi yang merupakan headline dari produk  atau jasa.

 

Baca juga: Teks Tantangan: Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Langkah-langkah, dan Contohnya

Kaidah Kebahasaan

kaidah kebahasaan teks iklan

Kakibu.com

Ya seperti teks-teks lainnya, teks ini juga mempunyai kaidah kebahasaan yang harus kalian ketahui terlebih dahulu agar kalian  bisa membuat audience terpesona hanya dengan menggunakan iklan kalian.

1. Menggunakan slogan

Slogan adalah suatu kalimat yang mudah diingat, menarik, dan mencolok. Slogan ini juga sangat penting bagi kelancaran usaha kalian, kenapa kok saya bilang begitu? Karena apa bila slogan kita unik, itu akan mempermudah audience mengingat perusahaan ataupun barang dan jasa yang berikan.

Misalnya:

  • Cintai Ususmu
  • Say No To Drugs
  • Aku jadi duta sampo lain??

Mungkin anda sudah tau slogan-slogan siapa saja yang di atas itu, iya kan?

2. Kalimat Persuasif

Adakah diantara kalian yang masih belum tau mengenai kaliamt persuatif ini? Kalimat persuatif ini bertujuan untuk meyakinkan serta membujuk pembaca agar pembaca iklan menerima gagasan penulis terhadap sesuatu. Ada beberapa kalimat persuatif di iklan produk tersebut.

3.  Memakai Subjek Orang Pertama

Nah kalau umunya sih, teks iklan akan menggunakan subjek orang pertama atau tunggal/jamak seperti aku, saya, dan kami. Nah untuk mengganti instansi pemasangan iklan, subjek yang dipakai diteks iklan itu ialah subjek orang pertama jamak, yaitu kami.

Contoh Teks Iklan

Contoh teks iklan

Kakibu.com

Nah sekarang saya akan memberikan contoh iklan dalam bentuk gambar agar kamu lebih mudah mengerti, contoh kali ini tentang produk nuvo, bisa anda lihat sendiri di bawah merupakan iklan nuvo yang menawarkan kelebihan-kelebihan yang terkandung didalam sabun ini.

iklan

karyapemuda.com

Nah seperti yang anda lihat, iklan di atas contoh iklan. Nah coba kalian lihat lebih detail lagi, pasti si iklan di atas mengandung struktur, syarat, dan kaidah kebahasaan yang sama seperti yang saya jelaskan diatas.

Mungkin sekian dulu dari saya, apabila ada salah kata atau salah kalimat saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Ambil positifnya dan buang negatif nya, enjoy every process.

Show Comments

No Responses Yet

Leave a Reply