1
62

Teks Prosedur : Pengertian, Kaidah, Macam, Ciri, Dan Contoh

Pada saat belajar bahasa indonesia pasti kalian pernah memelajari materi tentang teks prosedur. Teks ini mungkin sudah menjadi salah satu teks yang sering kita dengar dan baca.

Namun diantara kalian pasti ada yang belum terlalu paham tentang apa yang dimaksud dengan teks prosedur? Nah tenang aja, dikesempatan yang berbahagia ini kita akan membahas lengkap dan detail mulai dari pengertian, kaidah kabahasaan, ciri-ciri, dan macam-macam berserta contohnya.

Jadi kuy langsung simak penjelasan dibawah ini dengan seksama agar mudah memahaminya.

Pengertian Teks Prosedur

teks prosedur, prosedur, teks

kakibu.com

Teks prosedur  adalah teks yang berisi cara atau langkah-langkah dengan tujuan membuat sesuatu, dengan membuat langkah demi langkah secara berurutan.

Dalam teks ini juga terdapat kata imperatif atau kata perintah yang ditujukan kepada sang pembaca, agar sang pembaca melakukan atau membuat sesuatu yang tertulis diteks tersebut.

Misalnya kamu ingin mencari cara memasak kue melalui media internet, nah pada teks tulisan tersebut akan ada cara-cara atau langkah-langkah bagaimana cara memasak kue, sehingga kamu dapat menghasilkan kue yang enak dan sesuai keinginan kamu. Cara yang disajikan juga langkah demi langkah dan berurutan.

 

Baca juga: √Teks Narasi: Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri, Jenis-Jenis, dan Stuktur | Lengkap

Tujuan Membuat Teks Prosedur

Tujuan teks prosedur

Kakibu.com

Teks prosedur juga mimiliki tujuan yang harus tercapai. Tujuan utamanya adalah membantu pembacanya atau pendengarnya untuk memahami tentang bagaimana cara membuat atau melakukan sesuatu secara tepat.

Bisa dikatakan juga teks ini adalah penuntun kita, dengan cara menunjukan langkah-langkah pembuatan sesuatu atau melakukan sesuatu. Bisa dikatakan lagi tujuan teks ini adalah membuat kita paham akan cara atau melakukan sesuatu, dengan cara membuat langkah-langkahnya secara berurutan.

 

Baca juga: Teks Iklan: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Ciri-ciri, Kaidah Kebahasaan, Dan Struktur [Terlengkap]

Ciri-ciri Teks Prosedur

Teks Prosedur. Ciri-ciri teks prosedur

Kakibu.com

  • Terdapat tujuan, langkah-langkah, dan penutup.
  • Menggunakan kalimat imperatif atau kalimat perintah sehingga sang pembaca bisa mengikuti apa yang telah ditulis diteks prosedur tersebut.
  • Menggunakan kalimat penghubung sehingga dari awal sampai akhir teks saling terkait.
  • Menggunakan kalimat langsung atau tidak langsung.
  • Menggunakan kalimat saran dan larangan.
  • Menggunakan kriteria atau bisa disebut dengan batasan tertentu.
  • Menggunakan kata keterangan.
  • Berisi pemberian informasi.
  • Berisi langkah-langkah yang terperinci dan berurutan.
  • Menggunakan akhiran -i dan -kan, contohnya, jangan lupa tabur-kan bawang goreng diatasnya, jangan lupa siram-i pohon-pohon itu setiap hari.

Nah diatas adalah ciri-ciri teks prosedur, jika disoal kalian ada yang sama ciri-cirinya seperti yang diatas, berati itu teks yang kalian cari.

 

Baca juga: √Teks Pantun: Pengertian, Ciri-ciri, Macam-macam, Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contoh [Lengkap]

Struktur Teks Prosedur

Struktur, teks prosedur

strukturvt.com

Seperti teks-teks yang lain, teks prosedur juga punya struktur. Apa aja sih strukturnya? Teks ini mempunyai tiga langkah bagian, yaitu tujuan, materi, dan langkah-langkah.

Tujuan

Pada bagian ini sang penulis mengemukakan latar belakang materi yang berhubungan dengan langkah-langkah pelaksanaan. Misalnya menulis tujuan dan manfaat untuk apa tulisan tersebut dibuat.

Materi

Pada bagian ini terdapat materi berupa persyaratan atau bahan-bahan apa saja yang diperlukan untuk mencapai tujuan atau hasil akhirnya, Seperti jika teks prosedurnya tentang pembuatan kue maka dalam materi akan ditulis bahan-bahan untuk melengkapi pembuatan kue

langkah-langkah

Pada bagian ini berupa inti teks, langkah-langkah harus ditulis secara berurutan untuk sang pembaca dapat mengerti apa tujuan kita yang telah dibahas sebelumnya. Pelaksaan ini dilakukan hingga mencapai hasil akhir yang dapat memuaskan sang pembaca.

 

Baca juga: Teks Tantangan: Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Langkah-langkah, dan Contohnya

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

kaidah kebahasaan, teks prosedur

Kakibu.com

Teks prosedur mempunyai 7 kaidah kebahasaan, diantaranya, konjungsi temporal, kata imperatif, verba material dan tingkah laku, partisipan manusia, bilangan pendanda, kalimat introgatif dan kalimat deklaratif.

Konjungsi Temporal

Konjungsi temporal adalah kata penghubung yang berhubungan secara kronologis dengan waktu dan kejadian dari kedua peristiwa yang memiliki keterkaitan.ontohnya: setelah ini, kemudian, lalu, sesudah itu, selanjutnya, sebelum itu, dan masih banyak lagi.

Kata Imperatif

Kata imperatif atau kata perintah  adalah kata yang mengandung perintah atau larangan dalam langkah-langkah pelaksanaan yang dibahas. Contohnya: diamkan, jangan, tunggu, biarkan , ulangi.

Verba Material Dan Tingkah Laku

Verba material adalah perbuatan yang mengacu pada tindakan. Contoh: potonglah ubi itu, masukanlah air secukupnya. Sedangkan Verba tingkah laku adalah perbuatan yang mengacu pada tindakan berdasarkan ungkapan. Contoh: tunggu sampai matang, DLL

Partisipan Manusia

Partisipan manusia adalah mempartisipasikan atau mengikutsertakan manusia dalam tulisan tersebut untuk membantu langkah-langkahnya. Contohnya dengan menambahkan gambar manusia yang sedang memasak.

Bilangan Penanda

Bilangan penanda adalah bilangan yang mengurutkan  langkah-langkah pada tulisannya. Contohnya memberi urutan nomor.

Kalimat Introgatif

Kalimat introgatif adalah kalimat yang berisi pertanyaan. Fungsinya untuk menanyakan kepada pembaca yang mengikuti langkah-langkah dalam tulisan. Contohnya: sudah belum?, apakah sudah dimasukan?, apakah sudah mengerti?, sudah paham?, sudah membacanya?.

Kalimat deklaratif

Kalimat deklaratif adalah kalimat yang berisi pernyataan yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang suatu hal yang harus diketahui didalam langkah-langkah pelaksanaan. Contohnya memberikan informasi bahan atau persyaratan sebelum memulai langkah.

Jenis/macam-macam teks prosedur beserta contohnya

macam, macam teks prosedur, teks prosedur, teks, prosedur

Teks ini memiliki 3 macam jenis diantaranya, teks prosedur sederhana, kompleks dan protokol.

Teks prosedur sederhana

Jenis teks yang pertama adalah teks prosedur sederhana yakni teks yang cuma menyajikan prosedur dan cuma ditempuh dengan 2 atau hanya 3 langkah saja.

Contoh:

Cara menggunakan setrika listrik, kemudian cara mematikan televisi, maupun cara mengirim pesan lewat HP.

Dalam teks ini tersebut terdapat langkah awal sebagai syarat langkah berikutnya. Sehingga 2-3 langkah sederhana itu tidak dapat berubah urutan.

Teks Prosedur Protokol

Jenis teks prosedur yang kedua adalah teks protokol. Yaitu jenis teks dengan langkah kerjanya tak terlalu ketat ataupun langkah kerjanya bisa dirubah. Sehingga langkah-langkahnya tak harus dilakukan secara urut sebab tak saling ber kaitan. Walaupun urutanya dirubah, tujuannya harus tetap terpenuhi dengan baik.

Contohnya:

Cara membuat teh: Pertama, didihkan air terlebih dahulu, lalu masukan gula dan teh kedalam gelas, setelah air mendidih ruangkanlah kedalam gelas yang sudah ada gula dan tehnya itu tadi, kemudian aduk dan hidangkan selagi hangat.

Teks Prosedur Kompleks

Terakhir ada teks prosedur kompleks. Yaitu yang didalamnya terdapat banyak sekali langkah-langkahnya dan berjenjang dengan ada pula sublangkah disetiap langkah. Berikut ini contoh teks prosedur kompleks.

Contoh:

Cara Membuat Teh Manis Hangat

Teh manis adalah minuman paling hangat dalam segala aktivitas. Teh manis hangat dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan pikiran lebih fresh. Berikut langkah-langkah membuat teh manis hangat.

Bahan:

  • 1 buah teh celup
  • Gula pasir secukupnya
  • Air hangat
  • Lemon

Alat:

  • Gelas
  • Sendok
  • Pisau

Langkah kerja:

  • Pertama, siapkan gelas.
  • Masukan air hangat dalam gelas tersebut.
  • Masukan teh celup dalam gelas dan celup-celupkan hingga warnanya tercampur rata.
  • Tambahkan gula pasir secukupnya sesuai dengan selera anda.
  • Sebagai toping atau hiasanya, potong lemon dengan pisau.
  • Letakkan lemon disamping, gelas tersebut.
  • Teh manis hangat siap dinikmati.

Nah sekian dari saya semoga bermanfaat buat anda, bila ada salah kata saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Ambil yang kalian anggap positif dan buang yang kalian anggap negatif. Enjoy every process in life.

 

 

Salam Berilmu🤗

Leave a Reply